Quartararo Ikuti Jejak Rossi, Menjadi Tim Satelit yang Mampu Juara Dunia?

Jadi semua bisa dikatakan menggunakan motor spek pabrikan, dengan cara yang sama semua pembalap di grid MotoGP saat ini juga menggunakan motor spek pabrikan. Jadi kesempatan Quartararo merebut gelar dunia adalah mungkin..

Fabio Quartararo - Valentino Rossi

RiderTua.com – Satu-satunya pembalap satelit yang memenangkan gelar dunia 500cc atau kelas utama adalah Valentino Rossi tahun 2001. Pembalap MotoGP tim satelit terakhir yang memenangkan perlombaan sebelum Quartararo adalah Cal Crutchlow di seri Argentina tahun 2018. Apakah Fabio Quartararo ikuti jejak Rossi, menjadi tim satelit yang mampu juara dunia 2020 ini? Never Say Never.

Quartararo Ikuti Jejak Rossi, Menjadi Tim Satelit yang Mampu Juara Dunia

cal crutchlow

Valentino Rossi adalah satu-satunya pembalap satelit yang mendapatkan gelar dunia di kelas premier. Selain itu Rossi bekerja sama dengan Colin Edwards dalam balapan ketahanan 8 Jam Suzuka dan menjadi pembalap Italia pertama yang memenangkannya, meskipun dia tidak memiliki banyak pengalaman dengan motor superbike. Rossi memenangkan gelar 500cc pertama dengan 325 poin tahun 2001 di tim Honda.

Kenapa semua itu mungkin?.. Beberapa kata kuncinya adalah spek resmi, dukungan pabrikan, dan kepintaran mekanik serta tentunya kemampuan pembalapnya… Tanpa itu semua kemenangan tak akan terwujud. Dari sudut pandang teknis tim Valentino tahun 2001 apakah tim pabrikan secara de facto, bukan de jure?… Jika mengacu pada spek motornya bisa jadi kasusnya akan sama dengan kondisi saat ini. Banyak tim satelit yang di support mesin spek resmi dari pabrikan. Dengan alasan semakin ketatnya tingkat persaingan, tim butuh data lebih banyak..

Les Graham AJS 1949

Berapa banyak tim yang di support mesin pabrikan?.. Sebut saja Yamaha (Fabio), Ducati (All), KTM (All) dan Honda(Crutchlow).. Di masa lalu ada juga tim yang mendapat dukungan pabrikan, termasuk Les Graham (tim AJS= A. J. Stevens & Co. Ltd, 1974 – 1987). Jadi semua bisa dikatakan menggunakan motor spek pabrikan, dengan cara yang sama semua pembalap di grid MotoGP saat ini juga menggunakan motor spek pabrikan. Jadi kesempatan Quartararo merebut gelar dunia adalah mungkin..

Kenapa mungkin? gaya balap Quartararo justru berjodoh dengan Yamaha M1.. Kenapa Cal Crutchlow sulit juara dunia? .. Motor Honda hanya berjodoh dengan gaya balap Marc Marquez atau sengaja dijodohkan?.. Sekian dan terima gaji…

Be the first to comment

Leave a Reply