Klub Premier League Mana yang Lolos ke Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

Klub Premier League Mana yang Lolos Kualifikasi Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

RiderTua.com – Bola – Leicester, Chelsea, Manchester United, Wolves, Sheffield United, Arsenal, Tottenham dan Burnley mereka bersaing untuk bisa tampil di kompetisi sepak bola Eropa musim depan. Klub Premier League mana yang lolos ke Liga Champions dan Liga Eropa musim depan?

Baca juga: Chelsea Amankan Tiket Liga Champions Berkat Tandukan Olivier Giroud

Klub Premier League Mana yang Lolos Kualifikasi Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

Dilansir dari Sky Sports, dua tim dari Liga Premier telah terkonfirmasi lolos ke Liga Champions musim depan. Mereka adalah sang juara Premier League, Liverpool dan Manchester City yang menjadi runner-upnya. Man City akhirnya bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan, setelah banding mereka terhadap hukuman UEFA dikabulkan Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Klub Premier League Mana yang Lolos Kualifikasi Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

Kualifikasi Liga Eropa

Ada 3 cara untuk bisa maju ke Liga Eropa. Pertama, tim yang finish di peringkat 5 klasemen Liga Premier. Kedua, tim yang berhasil memenangkan Piala FA. Dan yang ketiga, tim yang berhasil meraih Carabao Cup.

Jika pemenang Piala FA dan Piala Carabao finis ke-5 atau lebih tinggi di klasemen Liga Premier, tiket Liga Europa akan diberikan ke tim peringkat tertinggi berikutnya.

Misalnya, musim lalu Manchester City memenangkan kedua piala itu dan Liga Premier. Otomatis tempat mereka di babak penyisihan grup dari kemenangan Piala FA diberikan kepada Manchester United yang finis di urutan keenam. Sementara Wolves yang berada di urutan ketujuh maju ke babak kualifikasi kedua.

Man City telah memenangkan Carabao Cup di musim ini, mereka juga akan finis sebagai runner-up Liga Premier. Maka tempat mereka di babak kualifikasi kedua Liga Europa akan diberikan ke tim dengan posisi tertinggi berikutnya, dalam hal ini di posisi ke-6.

Jika City atau tim di enam besar Liga Premier juga memenangkan Piala FA, maka tiket kualifikasi putaran kedua Liga Europa akan jatuh ke tim yang berada di urutan ke-7.

Klub Premier League Mana yang Lolos Kualifikasi Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

Liga Champions

Apakah Liga Eropa mempengaruhi kualifikasi Liga Champions? Jika klub Liga Premier memenangkan Liga Eropa, mereka akan secara otomatis lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions musim depan, terlepas dari posisi akhir liga mereka.

Maksimal ada 5 tim Liga Premier yang memenuhi syarat untuk maju ke kualifikasi Liga Champions. Sehingga Chelsea, Wolves, dan Manchester United berpeluang untuk mencapai kompetisi klub elit Eropa itu terlepas mereka bisa finish keberapa musim ini.

Jika klub Liga Premier memenangkan Liga Champions dan yang lain memenangkan Liga Europa. Tetapi tidak satu pun dari klub ini yang berada di empat besar Liga Premier, maka klub yang berada di urutan keempat dalam klasemen akan turun ke babak penyisihan grup Liga Eropa.

Sebagai contoh, jika Chelsea memenangkan Liga Champions sementara Manchester United atau Wolves memenangkan Liga Eropa. Namun ketiganya tidak finish di empat besar Liga Premier, maka hanya tiga tim teratas di Liga Premier yang memenuhi syarat untuk maju ke Liga Champions. Tetapi akan memiliki lima peserta dari papan atas dalam kompetisi secara keseluruhan.

Ada skenario lebih lanjut. Peraturan UEFA menyarankan Inggris dapat memiliki 8 tim di Eropa. Jika Chelsea memenangkan Liga Champions dan Manchester United atau Wolves memenangkan Liga Eropa. Meski salah satunya tidak finis di peringkat 6 atau 7 teratas di liga. Chelsea dijamin finis tujuh besar, meskipun Wolves dan Manchester United belum bisa menembusnya.

Be the first to comment

Leave a Reply