Arti Nama YZF dalam Yamaha R Series ?


ktm indonesia

RiderTua Motor – Arti nama YZF dalam Yamaha R Series. Dalam beberapa minggu ini pabrikan Yamaha sedang gencar-gencarnya memperkenalkan produk barunya di kelas sport. Yang menarik adalah beberapa varian yang menggunakan nama “keluarga” tertentu. Mereka menyebutnya R series, dimana R sendiri bisa bermakna Race ( Karena RR = Race Replica).. Memang jika diamati YZF mengacu pada motor sport fairing Yamaha.

Arti Nama YZF dalam Yamaha R Series

Y=Yamaha
Z=Zinger= racing series adalah kode buat motor balap Yamaha /sport .
F=Four Stroke = mesin empat Tak
R=Race

Jadi jika kita membaca YZF-R125 = Yamaha Zinger -4 Stroke- Varian Racing – 125 cc. Begitu seterusnya untuk YZF R15, YZF R25, YZF R6, YZF R1. Namun pada umumnya penyebutan varian sport fairing Yamaha ini di lapangan atau dalam pembicaraan sering disingkat dengan R125, R15, R25 dan seterusnya… Tidak salah karena mereka adalah R series…

Jadi penamaan YZF ini memang khusus untuk motor sport ( fairing) 4-tak, sehingga tidak ada motor 2-tak Yamaha yang pakai kode YZF… Pesaingnya yaitu Honda juga punya “keluarga” yaitu CBR series, sedangkan Suzuki ada dengan GSX-R series..

Dan untuk pabrikan Jepang yang lain yaitu Kawasaki kita kenal dengan Ninja Series nya untuk menamai keluarga sport fairingnya. Demikian sedikit informasi tentang varian “Sport Fairing” tiap pabrikan.

1 Comment

Leave a Reply