Ini Penyebab Masih Ada Pengendara Motor Masuk Tol


ktm indonesia

(Foto Youtube)

RiderTua Motor – Jalan tol memang dikhususkan bagi kendaraan roda 4 atau lebih. Jadi otomatis kendaraan roda dua atau tiga tidak diperbolehkan masuk. Namun beberapa kejadian ditemukan sepeda motor nekat masuk tol. Kenapa masih ada pengendara motor yang bandel sampai masuk jalan tol? Ini Penyebab Masih Ada Pengendara Motor Masuk Tol.

Baca juga: Lagi, Dua Pemotor Ini Malah Nyantai Lewat Jalan Tol

 

(Foto: Detik)

Beragam Alasan

Kejadian pemotor yang masuk jalan tol sudah sering terjadi. Kejadian yang paling sering terlihat di tol daerah sekitar Jakarta atau Bandung. Entah itu disengaja atau tidak, ada beberapa kemungkinan mengapa pemotor nekat masuk jalan tol.

Yang pertama karena memang tidak sadar/sengaja. Entah karena tidak membaca rambu lalin atau karena tidak fokus saat berkendara. Salah satu pemotor yang nyasar di jalan tol bercerita, setelah ia mengantar temannya dan hendak pulang, ia tidak sadar kalau dirinya sudah masuk ke jalan tol Bandara Soekarno-Hatta. Dari kejadian ini, kurangnya konsentrasi bisa menjadi penyebabnya, karena seharusnya pemotor bisa melihat rambu sepeda motor dilarang masuk sebelum masuk jalan tol.

(Foto: DetikOto.com)

Lalu ada yang masuk jalan tol karena memang sengaja. Pemotor yang melakukan ini artinya membandel karena walau sudah tahu ada rambu motor dilarang masuk, tetapi masih tetap saja nekat melanggar. Biasanya pemotor yang melakukan ini berdalih hanya ingin hindari macet di ruas jalan utama. Tapi seharusnya lewat ‘jalan tikus’ saja kan bisa, jangan sampai lewat jalan tol yang lebih membahayakan.

Di Indonesia, hanya ada dua jalan tol yang boleh dilewati pemotor, yaitu tol Jembatan Suramadu dan tol Bali Mandara. Tetapi terkadang pemotor dilarang masuk ketika keadaan di jalan tol tidak memungkinkan, seperti terjadi angin kencang.

Be the first to comment

Leave a Reply