Mobil Berteknologi Bisa Baca Emosi Pengemudi Kian Dikembangkan.


ktm indonesia

Zaman milenium seperti saat ini apa saja yang kelihatannya mustahil ternyata dapat dibuat. Sebagai contoh adalah teknologi robot, dulu robot ya hanya bisa jalan tapi sekarang banyak robot yang diciptakan dengan berbagai macam profesi dan hebatnya lagi robot jaman sekarang bisa tersenyum, menyapa dan diajak ngobrol. Begitu juga dengan teknologi pada mobil.

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang bisa digunakan kemana pun kita pergi dan tidak kenal cuaca dan medan. Mau hujan, salju, jalan rusak mobil masih bisa melewatinya. Dengan semakin sibuknya manusia dengan aktifitasnya, sekarang banyak diciptakan mobil tanpa pengemudi yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dan menjadi teknologi yang sangat mutakhir. Tapi ada yang lebih gregret dari mobil tanpa pengemudi alias mobil otonom ini.

Mobil masa depan yang sedang dikembangkan sebuah perusahaan startup Affectiva mungkin menjadi mobil dengan teknologi yang luar biasa canggih. Gimana tidak, lha wong mobil ciptaannya ini bisa membaca ekspresi dan emosi si pengemudinya je. Jika si pengemudi dalam keadaan strees maka mobil akan berkoordinasi dengan perangkat lunak dan berusaha menenangkan si pengemudi. Demikian halnya jika si pengemudi terlalu asik mendengarkan musik sehingga tak fokus saat mengemudi maka mobil pintar ini pun akan memperingatkan.

Affectiva juga melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan otomotif dari Jepang maupun Eropa untuk menyelesaikan proyek besarnya ini. Peranti lunak nan pintar ini dibekali dengan pengetahuan tentang 33 titik wajah, 5 juta mimik muka dan 7 macam emosi manusia seperti marah, terkejut, gembira, sedih, dll.

Prototipe mobil ini diperkirakan bisa dilihat khalayak umum di tahun depan 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply