Ada pertanyaan dari komentator walau bercanda namun menarik juga… “Pak RT klo dari sohc ke dohc naik kelas atau pindah kelas?..” 😀 …….memang secara waktu DOHC digunakan pada kendaraan jenis terbaru..namun bukan berarti yang baru pasti lebih bagus… pasti ada plus minusnya…….Seiring munculnya dua varian beda sistim ini yang lagi hot saat ini, pasti ada yang bertanya apa sih keuntungan dari kedua jenis teknologi tadi…
SOHC
- Torsi bagus
- Simple
- Murah
Namun walau SOHC Vixion bukan sembarang SOHC,karena sudah punya 4 Valve …
DOHC
- Suara lebih halus
- power bagus
- efisien
Kalau DOHCnya CB150R memang sudah harusnya 4 Valve karena tujuan dibikin Twin Cam ya untuk menambah Valve……..
Jadi SOHC memiliki torsi putaran bawah yang lebih baik, sementara DOHC Power puncak maksimal……… namun 4 klep per silinder masih lebih baik dari 2 klep baik sistim SOHC atau DOHC… bedanya di karakter mesin yang seperti diulas kemarin-kemarin……… jadi menurut bro sekelas atau beda kelas…atau naik kelas..???
Charlotte Church
1
Kelas tercipta dengan sendirinya..hehe..
http://kommotor.com/cara-membeli-komputer-secara-online/
kalau menurut saya , sebenarnya ga masalah mau “DOHC” atau “SOHC 4 valve”.
karena semua di racang untuk memperbanyak gas isap dan buang saat mesin bekerja,sehingga menghasilkan tenaga yg maksimal…..
sekarang motor2 babaj juga menggunakan mesin tipe “SOHC 4 valve” tapi unggul di pengapian 3 busi sehingga pembakaran sempurna. tapi ga ada yg protes soal SOHC …
mungkin yg membedakan karakter mesin itu sendiri karena besar kecilnya piston serta langkah piston sehingga menguntungkan power atau torsi mesin itu sendiri.
opini pribadi CMIWW ………
maaf dobel post ama yg di bawah soalnya tadi ga munculcul posstingan nya sehingga tak copas dan posting ulang …
SOHC + DOHC = TOHC
he he komentar saya dibuat artikel sipp 😀 .. sohc mantap dohc yahud
Oh iya..lupa sebutkan nick name…takut gk terima aja ntar…bayar royalty lagi 🙂
Bonusnya ga nguati tenan
Bonus iso dikirim ke alamat ga pak RT?
http://otodesain.net/komparasi-lengkap-kelebihan-dan-kekurangan-yamaha-new-vixion-honda-cb150r-fire-street-bagian-i/
bonuse sohc ato dohc mbah…
inget ku sih sekelas pak RT ……. sama2 kelas 3 nya *eh
😀
Ilmu pengetahuan buat saya,,makasih mbah.
Sama2..
sekelas tp beda karakter IMHO pak RT..
dari yng saya tau dan rasakan kelebihan dan kekurangan
*SOHC 2valve =
– tenaga putaran bawah bagus
– tenaga putaran tengah cukup ngisi
– tenaga putaran atas lemot/loyo/boyot msih di bawah SOHC4valve dan DOHC
– irit bahan bakar, lebih efisien/murah (karna2 part2 mekanika nya sedikit dan simpel)
*SOHC 4valve=
-tenaga putaran bawah, bagus
-tengaga putaran tengah, masih ngisi
-tenaga putaran atas, lumayan bisa diandalkan
-lumayan irit bahan bakar, lumayan murah (karna part2 mekaniknya lebih banyak dari 2valve)
catatan = apa bila ukuran bore dan stroknya SOHC2valve/4valve sama, yaitu sama2 over bore, sama over strok, sama2 square!
DOHC =
-tenaga putaran bawah, loyo/boyot/lemot (karna mesin bermain di putaran menengah dan atas)
-tenaga diputaran tengah,cukup bagus (sudah mulai ngisi/naik)
-tenaga diputaran atas, bagus (tenaga baru keluar semuanya)
-paling boros bahan bakar di banding SOHC2valve/4valve (karna mesin harus meraung di RPM lebih tinggi untuk mengail tenaganya)
-lebih mahal/kurang efisien(karna banyak part2 mekanik yng bergerak dan ukuran ruang headslinder yng lbih besar)
catatan=mesin DOHC tidak ada yng overstrok dan square! semuanya overbore!
IMHO/CMIIW….
wahh..ilmu pengetahuan tuh…”
wess keliatan banget penjelasannya mengarah ke SOHC 4 valve yang terbaik 😀 …yang lain semua punya kejelekan tapi SOHC 4 valve bagus semua bahkan putaran atas di bilang oke juga wekekek :mrgreen:….. ngomong2 motor sport yamaha R6,R1 or sport moge touringnya pake SOHC 4 valve yah 😆
diandaikan, SOHC 4velv dgn overbore yg baik, tp kayanya tetep beda kalo dibandingkan overbore nya DOHC… tenaga puncaknya….
kalo SportBike n SuperBike golongannya DOHC ndan, R6 n R1…
moge golongan Touring baru biasanya SOHC, VFR1200, Goldwing…
nyinyir mulu.. malu ama pele*
itu yng saya maksud di atas, apa bila motor mesin DOHC kapasitas 150cc smpai 200cc! karna cc sebesar itu masih naggung, torsi yng di hasilkan masih kurang untuk mengerek motor dari keadaan diam smpai motor jalan stabil…kecuali perbadingan gir spoketnya di bikin lebih enteng sperti KTM duke, yaitu jumlah mata gir balakanya di buat banya sampai minimal 45mata, baru putaran bawahnya akan bagus, tapi putaran atasnya jadi dikorbankan alias top speednya jadi berkurang derastis(bisa berkurang 10km/j)! itulah knapa saya bilang nanggung!!!
apakah ciri2 SOHC 2valve yang anda buat berlaku di honda CS1 bro??
ane rasa kagak, karena CS1 putaran bawahnya agak lemot di banding bebek 125cc lainnya..
yang mempengaruhi tenaga di putaran bawah atau atas itu ya “BORE x STROKE”
Banyak mesin DOHC yg overstroke…kasusnya banyak terjadi pada mobil zaman sekarang, DOHC tapi overstroke alias ukuran langkah lebih besar dari diameter piston…tujuannya tentu saja memperbaiki kelemahan tenaga di RPM bawah dengan torsi yg lebih baik dan dan tetap mampu bertenaga di RPM atas…sehingga pada saat kondisi stop n go putaran mesin ga perlu terlalu tinggi tetapi sudah mampu menggerakkan kendaraan, sehingga tercapai efisiensi yg akhirnya hemat BBM.
Gambar sohc engine mobil apa itu pak RT? Kok nggak ada rocker armnya?
Kalau DOHCnya CB150R memang sudah harusnya 4 Valve karena tujuan dibikin Twin Cam ya untuk menambah Valve….
—————————————————————————————————————
tapi ada juga loh pak RT, SOHC cam/noken as nya ada 2 buah, tapi jumlah Valve/klep nya memang cuma 2 namanya Twin Cam SHOC(biasanya ada pada mesin mobil)..tujuannya disini untuk meletakan/memindahkan busi agar berada di tengah atas headslinder, supaya pembakarannya lebih terpusat dan pembakarannya mnjadi lbih smpurna otomatis tenaga akan mnjadi lebih besar!
*jadi untuk mengenali mesin DOHC itu di sini =
-Cam/noken asnya selalu 2biji/Twin Cam
-Valve/klep minimal jumlahnya 4 buah (karna DOHC ada juga yng 5Valve,6Valve bahkan 8Valve per slinder)
-letak busi selalu berada di tengah atas headslinder
-mesinya selalu overbore
-DOHC murni itu tidak memakai Roller rocker arm/RRA/templar/pelatuk klep (karna itu sama saja mengkebiri power DOHC itu sndiri di putaran atas, jadi sprti DOHC rasa SOHC),..kecuali DOHC desmodromic Ducati(karna disini rocker armnya sbagai pengganti Per klep(Spring Valve) atau pegas klep yng berfungsi untuk menutup mengembalikan klep ke posisi semula) jdi desmodromic tidak menggunakan per/spring klep!
IMHO/CMIIW…
Sip..infonya..
like this!
twin cam sohc??
twin cam single over head cam shaft??
ga jelas…
dohc ga ada overstroke??
toyota yaris bukan overstroke ya??
hehe kamsudnya bro crank pd mongtor
Twin Cam 2valve di sini bisa dikatakan SOHC! karna DOHC memiliki klep minimal 4buah(2in,2out)….”DOHC itu sudah pasti Twin cam, tapi Twin Cam blum tentu DOHC apa bila klepnya tidak berjumlah minimal 4buahl”..biasanya mesin Twin Cam ada pada mobil toyota lansiran lama 80-90an!
yang saya maksud d sini DOHC untuk mesin motor bro, overbore!!! dan saya disitu nulis membubuhi kata “selalu” bukan “pasti”…klo saya nulis pasti, baru saya meyakinkan 100% mesin DOHC overbore semua, tetapi saya di situ nulis selalu..berarti masih ada sebagian kecil kasususnya DOHC yng overstrok itu pun di mobil!
weizzzz … mantap bro infonya
mantab…
mantaf infonya meskipun gak mudeng wkwkkwkw
Info menarik pak erte..
🙂
Jd sebenarnya klo dr artikelnya pak erte ini, SOHC ke DOHC itu bkn naik kelas tapi ya pindah kelas yg msh setara cm beda rasa.
kelas IPA(ilmiah) sama IPS(ekonomi) … 😀
*beda jurusan…
jadi yang satu kelas trek pendek yang satu kelas trek panjang…. bisa dibilang sama2 lemot.. atau sama2 kenceng tinggal gimana liat sisinya….
seperti kelas IPA dan IPS pula yah jadinya
IPA=DOHC
IPS=SOHC
IPA dianggap kelas superior… orang pintar semua… tapi pada dunia nyata… kelas IPS lah yang survive didunia kerja… (maksudnya SOHC lah yang dipakai di mana2… dari bebek, matic, sampai sport) mau ngebut dimana????
mau ngebut di hatimu dong… kata FB sblah!
😀
beda selera en kebutuhan menurut ane… mau nyante en turingan ya pilih sohc (kaya suzuki inuyasa, harley, goldwing) mo kebut2an biar orang bilang “WOW sukurin nabrak!!!” ya pilih DOHC koyoto FU, CBR, FYZ, GSX, ZX, 6R, 10R, 14R, just monggo dipun pilih sesuai kantong en selera njenengan 😀 masyarakat makin pinter memilih kebutuhannya en yg paling penting lebih PD ma pilihannya en ga saling njelek2 in, “woooww SOHC CUPU!!!” “wwwooo…. DOHC cah ALAY!!!!” ungkapan tersebut bakal ga ada lg, yg ada pasti “wow SOHC… suka turing ya mas? keren…” “wow DOHC… suka balap di sentul ya (jgn di jalan ya bahaya) keren…” monggu dipilih 🙂
cmiiw imho
like this…
two thumb…
pindah kelas 😀
oh begitu tohttp://motorekblog.com/demi-balapan-kawasaki-akan-memproduksi-ninja-zx-6r-berkubikasi-599cc/
oh begitu
http://motorekblog.com/demi-balapan-kawasaki-akan-memproduksi-ninja-zx-6r-berkubikasi-599cc/
Masing2 punya kelebihan kok.
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/11/04/cara-sederhana-maksimalkan-tenaga-yamaha-vixion/
harusnya cb 150 pake teknologi i-vtec nya mobil honda, saat putaran bawah hanya separuh dr jumlah klep yg ada, jd tarikan bawah bs nampol n irit, baru pada putaran menengah keatas keseluruhan klep bekerja maksimal, jd masalah DOHC yg boyo d putaran bawah bisa dselesaikan dg teknologi tsb. sekian
yups… benul
tar harganya 33 juta.. sewot lageee
nah itu dia yg memberatkan 😀
wow setau saya vtec ngebukanya di RPM tinggi ya
itu kenapa honda jazz make SOHC
di putaran bawahnya nampol trus kalo udah 4000RPM baru katup vtecnya kebuka dan terikannya ga berkurang jadinya
jadi efisiensi yang didapat di setiap RPM nendang terus
CMIWW
wanni piro ndan di aplikasi ke motor 150cc hahaha… 😆
hargane nanti njeblug…
tekno super kips punya kawasaki 150 RR apa ngga pake sistem ini bro… 🙂
Kalo masalah torsi jgn hanya liat sohc dohc dl mbah, liat perbandingan overbore /overstroke..
Kalo overstroke dohc piye..??
SOHC termasuk murid pada umumnya, sedang DOCH ikut akslerasi maka mereka sekelas sekarang mungkin tahun-tahun depan jika SOHC tidak melakukan akslerasi mungkin menjadi adik kelas DOCH yang dimungkinkan akan terus ikut akslerasi
ora sekelas lek, wis tag bahas 😀
http://pertamax7.wordpress.com/2012/11/05/speedometer-yamaha-vixion-2013-vs-honda-cb150r-streetfire-hi-bro-vs-jam-digital-adu-fungsi
ngomongin sohc dohc,banyak perumpamaan ke kasus honda jazz-toyota yaris,knapa ga ke kasus honda sonic-suzuki raider 125 aja ya 🙄 suzuki raider kan sudah dohc,smentara sonic masih sohc CMIIw,dohc nya raider125 d thailand sana keok kan sama sohc nya sonic CMIIW 😆
Jangan salah DOHC nya ahm tu tingkat dewa… Contoh : kucing 2000,NEW barongsai pro,new belet,supri 125 ,fitnes.. Dll , semua dohc.. Kata kutangers hari gini sohc ?? Hahahahahah.
apa kata dunia? 😆
opo to kui hahahaha… 😆
kalau g sebanding tetep nekat dibanding2kan, ya terserah 😀
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/09/penjualan-yamaha-vixion-semakin-moncer-wajar-lah-belum-ada-musuh-yang-sepadan/
nyimak aj sudah.. No coment dulu.. 🙂
klo cc nya sama brrti sekelas mbah 😀 .. imho cmiiw.
http://alfido.wordpress.com/2012/11/05/first-look-sensation-honda-zoomer-x-tangki-bensinnya-ada-dibawah-pijakan-kaki-bro/
penyesuaian aja c menurutku…
Disinyalir NMP nya .. dik rt dohc.. Gak percaya ?? Tanya tu kutangers.. Hahah.
absen aja..abis susah dpt pertamax 🙂
pindah kelas doank
http://rudysoul.wordpress.com/2012/11/05/105-pengguna-ban-cacing-di-nganjuk-di-tilang-kapoookkk/
yakin mesin dohc ga ada yg overstroke??
tahu toyota yaris kan..??
Naik kelas lagh bro…. jangan dipaksakeeen…. price dari segelondong mesinnya aja dah beda koq….. gradenya juga beda. Part mesin DOHC lebih tahan gebuk putaran tinggi. lihat dari kinerja mesin, efisien mana, bukan bahan bakar lho ya….. trus dalam penggunaan circuit, mayoritas DOHC tho…??? Tapi memang paling jos tu UNICAM… wkwkwkwkwkwk
hehehehe….
SOHC 4 Valve adalah jalan tengan untuk mengakomodasi masing2 keuntungan yang dimiliki SOHC (2valve) dan DOHC (4 valve).
keuntungan dari SOHC dan DOHC(4valve) ada dalam SOHC 4V.
SOHC 4Valve >> mesin yang efisien/ekonomis, putaran bawah nampol dan putaran atas juga dapat, dipadu dengan diameter X langkah yang cenderung square (vixi) menjadikannya mesin yang sangat baik dan paling pas untuk sepeda motor harian, efisien/irit dapat, power juga dapat.
kalo cc/kubikasi SAMA/mirip, biar sohc atau dohc ya sekelas………itu masuk logika normal.
yg bilang beda itu cuma orang2 itu jg si fbhonprett…..yg gemar keonaran dan pembodohan.
Pernah ada orang bilang naek kelas otomotif dari sohc ke dohc padahal kubikasi mesin sama???………ADA, si fbhonprett……hahahahahahahah
kalo perbedaan kubikasi terpaut jauh……..baru namanya naik kelas…cnth:250cc ke 600cc atau ke 1000cc.
LOE
Hemsss, masih bingung…. 😆
cnth laen lagi:
pindah dari 250cc dohc DUA silinder ninka250 ……..ke 250cc sohc DUA silinder inazuma itu bukan naek kelas, tapi sama kelas beda jenis/segmen.
bahkan jumlah silinder pun kalo cc sama……..masih dianggap SATU KELAS.
APA ada yg pernah bilang dalam pembagian segmen kelas sprot itu dipisahkan soal sohc dohc dalam kubikasi mesin yg sama???? ada si fbhonprett……………jiaaah, dalangnya sami mawon……..heheheh
di dunia otomotif gak ada pembagian kelas berdasarkan sohc atau dohc, yang ada berdasarkan size dan kubikasi.
tapi di dunia maya ada…………..si fbhonprett………ayeee….provokatornya sama lagi…….hahahahah hahahah.
sebentar lagi mungkin fbhonprett mendesak ahampret bikin KELAS ber-definisi ‘baru’…
Pantas fbh ngotot dohc lebih unggul dalam speed dan jg AKSELERASI……
padahal….?
loe
lebih murah mah biaya perawatan 2 tak pak RT…
isi silinder ama head cuma besi doank gak ada yang laen…
😆
simple.. it’s truly simple machine 🙂
en pastinya lebih kenceng, kalo 2 tak ada ga ya istilah sohc en dohc?
kekx gak ada om…
kalo overbore, overstroke ama oversquare tetep ada. tapi rata2 semua speed di cc yang sama itu setara. tinggal mainin di gear ratio nya aja ama membran.
murah dan mudah untuk di buat kencang. untuk power puncak, overbore kalo membran nya tipis tetep gak nendang. overstroke kalo membrannya tebel tetep nampol.
😆
simple tapi ganas!! heheh
pe er nya cmn dibikin ramah lingkungan tanpa ngurangi tenaga!
kalau SOHC nya 4 valve vs DOHC gimana pak RT?
tetap power puncak menang DOHC……
gak mesti…tergantung bore x stroke e…percuma DOHC lek under square…CMIIW
yaps, tetap power puncak masih DOHC yng megang! apabila ukuran bore x strok nya sama!!!…
SOHC-4Valve vixion topspedd 125kpj di 300meter
DOHC CBR topspeed 140kpj di 600meter
silakan puilih sesuai kebutuhan
YAMAHA new Vixion naik 1,5 juta… mossoook…???
sohc atau dohc,satu silinder atau lebih g masalah,bagi sy peak power yg perlu,baik itu di akselerasi ataupun speed.
SOHC & DOHC sekelas kok 😀
temannya memang 🙂
Iya, duduknya sebelahan gitu 😀
sekelas tapi beda jurusan
satu angkatan 😀
pilih DOHC lah, sebenernya kelebihan DOHC bukan power putaran atas maupun bawah IMHO, kelebihan dohc di putaran mesin yang jelas lebih tinggi dari SOHC karena noken asnya ga di kroyok sama katup katup cinta
kerja jadi lebih teratur, efisien, sama minim getaran, kenapa putaran atas dohc bisa mantab? dan putaran bawah loyo? bayangkan anda punya 4 istri dan anda membaginya dengan teman anda (don’t try this in home, try this in your friend wifes home) pasti bisa genjot sampe rpm tinggi karena 1 cowo 2 cewe lah masih perkasa
kalo SOHC 4 V ya putaran bawahnya sangat mantab, karena kaya kita punya 4 istri di ajak tempur banget, saking semangatnya sampe ejakulasi dini, putaran atas loyo karena keteteran menangani 4 istri, padahal noken assnya cuma 1, bayangkan yang 3 mau pake noken as apa?pake gagang sapu? apa lingis? 😀
wkwk
intinya sih ane suka dohc overbore, bukan karena berbagi istri loh pak rt, tapi putaran mesin bisa lebih tinggi, power dan torsi lebih merata dari bawah ke atas, sedangkan SOHC,putaran mesin bawah ke tengah emang maknyus, lebih baik dari dohc, tapi untuk putaran atas no,
kalo liat dari desain motor juga, vixion baru sulit menembus kemacetan walaupun pake kofing sohc pak, kerena bodi yang cukup lebar, tapi tentu di stop and go antar kota asik banget, kalo cb yah 17 bhp, @10500, keren tuh, percaya atau gak, putaran mesin yang tinggi punya taste yang beda, apa lagi di suara, kaya kalo punya motor 4 cyl, suaranya sama kaya angkot busuk, tapikalo rpm uda masuk 11 rb, wah suaranya ga nahan sexy banget
wow… istrinya keroyokan… 😀
ehhh… tapi analoginya pas lhoo… langsung cleng… (paham)
pemilihan katanya mantab masbro, jadi langsung paham!
the best comment of the day, layak mendapatkan penghargaan dari simbah, 1 buah jacket touring cantik 😆
nais inpo gan.,
ane boleh tanya gak…?
kenapa ada dohc….
kalo dilihat sekilas dari penjelasan sih, biar tambah ngebut kwkwkwkwkw
tambahan, namun karena geografis di setiap negara berbeda (misal indonesia), maka gak semua medan cocok untuk DOHC, maka teknologi yang sebelumnya tetap diperlukan dan disempurnakan
IMHO, dohc di seting untuk klep lebih banyak dan lebih besar serta menjaga kestabilan, akibatnya putaran mesin jadi bisa mengkompensasi putaran yang tinggi tanpa kehilangan power, dengan kata lain dohc lebih merata di setiap putaran
sedangkan sohc lebih meledak ledak di low-mid gan, jadi ya putaran bawah sohc nampol banget, ini yang buat sohc di bilang motor putaran bawah
tapi sebenernya selain dohc dan sohc ada yang lebih menentukan, yaitu kofinghurasi mesin, entah over bore, overstroke, atau oversquare
overbore sohc tentu memiliki range putaran atas yang lumayan bagus, tapi ketidak stabilan pergerakan valve menjadi masalah utama, biasanya jumblah putaran di kibiri bro, nah over stroke dohc, ya sama aja putaran menengah bawah nampol, tapi biasanya tarikan awal tetep letoy, biasanya kofing ini lebih ke putaran tengah bawah
oversquare itu nangung, biasanya di pake motor2 touring bro
masalah medan, sebenernya ga ada yang masalah, justru kalo di gunung motor overbore sering di pake, karena ya itu putaran tinggi biasanya engine brake juga lebih bagus, begitu pula medan flat, overstroke biasanya lebih di sukai, apa lagi perkotaan
kalo kata mas jaos saya fbh dung… wkwkwkwkwkwk
tu naik kelas CC mas bro… xixixixixi
kalo segmen 250 emang modelnya ga macem macem, naik kelas paling di jumblah silinder, itupun sebuah hal yang nangung, makanya ga ada yang bilang naik kelas
tapi kalo kelas 150 cc itu sesuatu loh, motor, model, kofingurasi uda macem macem, beragam
kaya FU, 150 cc dohc, naik kelas ke pixion, dari bebek naik ke sport,
kaya megapro 150 cc sohc 2 v, naik kelas ke pixion, 150 cc lc4v, dari sohc konven ke sohc 2 katup
sama aja dari pixion, ke cbr 150 cc, dari sohc lc4v ke dohc, tentu naik kelas bro
nah orang beli bebek kaya vega zr yang ccnya sama kalo beli jupi z1, namanya juga naik kelas kan? apa lagi paten sohc ke dohc?
yang saya maksud tu kelas konfigurasi mesin, dari cost produksi juga bedaaaa kelasnya… maklum saya lihat ala kacamata orang pabrik. bukan konsumen… wkwkwkwkwk
peace aja lagh…
SOHC 2 VALVE
DOHC 4 VALVE
semua keuntungan dari dua sistem diatas di satukan dalam SOHC 4 VALVE, efisien/ekonomis, tenaga mesin nampol diputaran bawah dan putaran atas pun tetap bertenaga khas motor 4 valve, apalagi dipadu dengan mesin yang cenderung square, sangat cocok untuk kendaraan sehari-hari…
tenaga atas bawah, top speg adn akselerasi bukan ditentukan dr dohc atau sohc tp dari type mesinnya overbore, square atau overstroke coy…
mau bukti lain? nie ente liat honda jazz itu knpa masih sohc 4 klep padahal rivalnya semua pake dohc macam yaris, swift, fiesta, mazda2 tapi….
ente liat powernya knapa tidak ada yg lbih besar dari honda jazz??? padahal kubikasi mesin sama coy… tp ente blm liat diameter dan langkahnya trus teknologi tambahannya apa… jd jgn langsung menjustifikasi dohc bs ampuh buat top speed trus sohc ampuh buat akselerasi itu data darimana? atau cuma opini pribadi kali yah! krn secara teknik perlu diliatvdulu lebih dalam spesifikasinya.
setuju…bukan DOHC n SOHC nya…!! tapi ukuran bore stroke yg lebi berpengaruh ke karakter mesin…CS 1 n nova sonic SOHC tp dia over square…ya gitu…power nya galak menjelang rpm tinggi…
benul pol…. satu2nya faktor yg menentukan besarnya power cuma debit/jumlah campuran bahan bakar + udara aja.
bajaj SOHC 4 valve juga powernya gede … bisa begitu karena sistem pembakarannya bagus “3 busi” jadi bahan bakar yg masuk ke ruang bakar bisa maksimal.
lha klo gitu, SOHC dan DOHC gak ada bedanya yak. wah pembodohan otomotif nih kalo bilang DOHC lebih baik dari SOHC karena yang menentukan ternyata faktor lainnya
shoc jazz uda pake tekno lifting jangan di samakan sama teknologi pengaturan katub biasa wkwkkw
output tetep lebih bagus dohc daripada sohc (bila bore x stroke sama)… efisiensi mesin rpm bawah bagus sohc ..efisiensi mesin rpm atas bagus dohc…
jika ngejar irit sering jalan santai…bagusnya pake sohc long stroke karena power dan torsi dicapai di rpm rendah serta gesekan mesin sedikit dan ukuran silinder head lebih imut….
jika ngejar power dan sering hispeed dohc overbore jawabannya.
tapi sohc akhirnya berevolusi jadi unicam (khsusus trail), ditambah teknologi katub iv-tec nya HONDA jadi nampol… bisa bejaban/menang lawan dohc + vvt biasa . .
dohc lebih advance imho
@cub 70
nah ini bru jelas…setuju bro…DOHC tu memang penyempurnaan dr SOHC…tp DOHC bukan segala galanya…toh kalo kita melihat UNICAM ty noken ass kan 1…SOHC tp advans tuuu….sama dgn SOHC 4 valve juga SOHC tp dah advance….ada kelebihan masing2 lah intinya….noken ass 2 bisa lebi berat ketimbang noken ass 1 kan…tu salah satu kerugian DOHC…makanya nyiptain UNICAM tu honda….
@cub70
tengkyu ilmunya bro …. ane jadi jelas setelah baca tulisan dari ente …
*maklum masih belajar jadi ilmunya masih cetek.he he he
Ya udah, kalo satu kelas ya tinggal milih ketua kelas nya aja…..hiii..hiiiiiii
wkwkwkwk
ketua kelasnya punya satu klep..
kalau kubikasinya sama ya pindah kelas.
dari kelas 2 sma negeri favorit ke kelas 2 sma swasta bonafid
http://p200ns.wordpress.com/2012/11/04/mau-ngebut-dimana-ciyus-miapah-mrgreen/
ough bonusnya mana tahan hehe….
*semangat pagi*
SOHC atau DOHC udah biasa, kalau SOHC & DOHC digabung jadi satu baru bedaa… >>UNICAM. SODOK maang….
yaps unicam memamang perpaduan antar DOHC & SOHC! dimana kem/noken as berjumlah 1 buah dengan 3 bumbungan/lobe, klep berjumlah 4 buah, peletakan busi berada di tengah atas headslinder sperti DOHC!…tujuan di buat unicam memang untuk memperoleh power di putaran bawah yng lebih baik dari DOHC, tapi putaran atasnya sama dengan DOHC, dan juga untuk efisensi/cost produksi..tapi pada kenyataanya tenaga puncak UNICAM masih kalah sedikit dibanding DOHC…jadi bisa dikatakan untuk masalah power puncak/tenaga putaran atas, DOHC masih superior apalagi jika ditambahkan jumlah valve/klepnya menjadi 5,6 atau 8!
btw ada hasil tes nya kah dengan Unicam VS DOHC dengan batasan ukuran bore stroke,ukuran klep in ex dll sama semuah?? pengen menyimak kalo bener UNICAM kalah di banding DOHC…kulo nuwun..
memang tidak ada bro hasi tesnya!…tapi mas bro udah tau kan manfaat/efek yng di dapat dari Cam/noken as yng berjumlah 2 buah di dalam mesin, sedangkan UNICAM hanya 1 Cam/noken as…dari situ sudah tidak bisa di pungkiri lagi bro kenapa tenaga puncak UNICAM msih kalah dri DOHC, dengan 2 noken as/Cam maka kerja mesin di putaran atas akan jauh lebih ringan dari pada 1 noken as/Cam…itu kuncinya knapa saya bilang power puncak DOHC msih lbih unggul sdikit dari UNICAM!
bukti nyata liat saja di moto GP, ada kah honda menerapkan teknologi unicam di motor RCVnya?tidak ada!!! di motocross word campionship adakah penunggang Honda CRF250 unicam yng sudah menjadi juara dunia?blum ada!
*sebenarnya tujuan Honda meciptakan mesin UNICAM karna tuntutan kebutuhan otomotif global skarang, yaitu bagaimana menciptakan mesin yng efisien ongkos produksi murah dan biaya perawatan lbih ringan tapi mesin masih powerfull?? maka honda menjawab dengan UNICAM …karna UNICAM mesinnya lebih simpel dari DOHC! dngan head slider lbih kecil dari DOHC sehingga bobot mesinnya lebih ringan sperti SOHC!..”perlu di ingat metal/logam itu harganya sangat mahal skarang di bandingkan bahan2 lain yng ada pada motor maupun mobil”…di situlah maksud efisiensi!
memang tidak ada bro hasi tesnya!…tapi mas bro udah tau kan manfaat/efek yng di dapat dari Cam/noken as yng berjumlah 2 buah di dalam mesin, sedangkan UNICAM hanya 1 Cam/noken as…dari situ sudah tidak bisa di pungkiri lagi bro kenapa tenaga puncak UNICAM msih kalah dri DOHC, dengan 2 noken as/Cam maka kerja mesin di putaran atas akan jauh lebih ringan dari pada 1 noken as/Cam…itu kuncinya knapa saya bilang power puncak DOHC msih lbih unggul sdikit dari UNICAM!
bukti nyata liat saja di moto GP, ada kah honda menerapkan teknologi unicam di motor RCVnya?tidak ada!!! di motocross word campionship adakah penunggang Honda CRF250 unicam yng sudah menjadi juara dunia?blum ada!
*sebenarnya tujuan Honda meciptakan mesin UNICAM karna tuntutan kebutuhan otomotif global skarang, yaitu bagaimana menciptakan mesin yng efisien ongkos produksi murah dan biaya perawatan lbih ringan tapi mesin masih powerfull?? maka honda menjawab dengan UNICAM …karna UNICAM mesinnya lebih simpel dari DOHC! dngan head slider lbih kecil dari DOHC sehingga bobot mesinnya lebih ringan sperti SOHC!..”perlu di ingat metal/logam itu harganya sangat mahal skarang di bandingkan bahan2 lain yng ada pada motor maupun mobil”…di situlah maksud dri efisien!
sohc biasanya pake rocker arm bro… tp diganbar bergeraknya pak rt kok sohcnya gak ada rocker armnya?
kalo ada rocker arm penyetelan celah katup pake fuller gauge lalu nyetelnya pake baut utk dikencengin/dikendorin alias masih model lama…
klo dohc pasti tanpa rocker arm tp diganti dg roller tappet utk menekan katup, disini jg utk menyetel celah katup dg metode shim yaitu lempengan tipis yg punya ukuran standart tertentu digunakan waktu ukur celah katup.
kerugian sohc :
1. komponen bergeraknya lebih bnyak krn ada poros rocker arm dan rocker armnya itu sendiri meski poros noknya tunggal shg rugi mekanisnya besar
2. penyetelan katup masih pake model baut shg lama dalam pekerjaan perawatan.
keuntungan sohc :
1. poros nok tunggal shg rantai sproketnya bs lebih pendek. bs menghemat biaya produksi
2. penyetelan katupnya sederhana tanpa special tool shg bengkel di kampung2pun bs mengerjakannya tanpa harus ke bengkel resmi.
kerugian dohc kebalikan dr sohc…
keuntungan dohc kebalikan dr sohc
harusnya pak rt kompare 1 lagi sistem yg sudah dipatenkan oleh ducati yaitu
desmodromic valve alias sistem katup tanpa pegas pengembali..
trus ada lagi…dr pengembangan teknologi,
1. variable valve timing elektric terprogram (moto gp sekarang)
2. variable valve timing hidrolik dan pneumatik (moto gp jaman dulu)
dan mungkin akan berkembang terus…. jadi selalu update ttg teknologi yah…
OHV engine ….
wah ga nguati gambare, munyer teyus… ga kesel2… huebat tenan…
kalau yg ini mesinnya berisik pak .. setau sya yg pakai sistem ini adalah KAWASAAKI BINTER JOY
klo ohv beda dg ohc bro…
ohv itu over head valve jd yg diatas cuma valvenya tp noken asnya dibawah makannya masih pake push rod ini model jadul dan rugi mekanisnya lebih banyak dr type ohc…
klo ohc jelas over head camshaft artinya noken asnya di atas shg tdk ada lh push rod bro…
ohc dibagi 2 yaitu sohc dan dohc yg satu single noken as yg satunya double noken as… bgtu
DOHC ada juga lo yg pake rocker arm…heheheh CBR 250 jawabannya…soo??
oh yah…meskipun SOHC tp juga bisa kencang koq…macam UNICAM nya CRF 250…UNICAM kan SOHC tuu…single overhead camsaft…noken ass 1…cuman emang UNICAm beda mekanis…tapi tetep 1 noken dunk…sampe2 d tancepin di GP mono larinya ngalah2 in yang DOHC 2 silinder 250…xixixixix….
special engine….
setahu ane gak pernah ada satu pabrikanpun yg bikin dohc pake rocker arm… gmn tuh kebayang gak konstruksi kepala silindernya… sampeyan pasti bukan orang teknik jd gak tahu ilmunya… hehehe
@orang aha em
bos ane bukan orang teknik koq…cuman pengamat…tp ente coba cek ini dulu bos sebelum ngomong heheheh
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/04/04/317805/33/12/Yuks-Intip-Isi-Kepala-Silinder-Honda-CBR250R
ini yg dimaksud DOHC pake rocker arm….
http://azizyhoree.files.wordpress.com/2010/10/roller-rocker-arm-cbr250r.jpg
@Mechman212v
sip gan…heheh
intinya DOHC lebih minim friksi jd lbh cucok pd mesin short stroke yg cenderung power max pd rpm tinggi.
di tambah pengapian mumpuni lebih jossssssssssssss ………….
Kalo ga salah DOHC kan ga pake pelatuk klep ya, makanya buat rpm tinggi lebih mumpuni, cuma pd rpm rendah – menengah beban mesin sedikit berat karena poros engkol harus menggerakkan 2 cam. So… ada kelebihan & kekurangannya.
pasti beda kelas lah walu sama sama kelas 150.
yg satu ruangan kelas S yg atu ruangan kelas D, dari huruf kelas beda, kalu bilang sama, matamya rabun kali yach
bocah wadon nyawang gambare soch doch sing mungah mudun wis kemringet ra karu karuan atine pengen di**t*h
hayah… kok ngunu………
lbh keren DOHC… Kalau ad yg tanya mesin apa ini… DOHC..
daihatsu grandmax pickup jg dohc loh…..
honda jazz sohc……
SOHC jg gak kalah keren… disesuaikan dgn kebutuhanya…
wes rek …. maenan motor bebek aja. SOHC 2 klep uirit tenan. lha gimana musim hujan gini, motor abis dicuci, ambil tag line “gunung tertinggi kudaki, lautan terluas kusebrangi, motorku gagah” …. ada telp “yang malem ini nonton yuk”, balesnya “tapi kan motorku abis dicuci beb, pakai motor bebekmu aja ya :puppy eyes:” sambil lihat jalanan yang setengah banjir abis hujan,
bebek SOHC 2klep irit memang joss
C 100 Series banget ini mah ….
anggepan org beda2, klo mnrut saya si sekelas… tinggal diliat kebutuhan mana yg lebih pas…
beda di putaran bwh dan atasnya, kita naik motor jg gak lempeng terus, gak tentu bs jalan konstan terus, gak selalu jalanan tu sepi terus… ada kelebihan dan kekurangan…
yupss..ane setuju dengan pendapat mas bros!!!…”sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi medan jalannya”…jangan memaksakan kalo nanti hanya menyiksa!
kalo jalan perkotaan, yng selalu rame atau bahkan sering macet, dan juga banyak medan tanjakan, sedikit jalan lurusnya kalo pun ada padat merayap, banyak lampu merahnya…lebih baik pilih SOHC 2valve/4vale
kalo medan jalannya, selalu sepi/tidak begitu rame dan jarang macet, banyak jalan lurusnya dan rapih2 kondisi jalannya, serta jalannya selalu rata/jarang ada tanjakan, sedikit lampu merahnya…lebih baik pilih DOHC
IMHO/CMIIW…
eniwei…
gw gak ngerti teknik mesin 4 tak… kebanyakan variabel… ujung2nya liat gambar pak RT malah gw nya yang cengo…
😆
podo bro wkwkkwkwkw
kalau sistem mesinnya TORNADO tau ya Roy .. ?
gwakakakakakakak
Sama2 belajar masbro, hehe…
dua2nya diciptakan utk saling melengkapi..
kekalahan yg disengaja biar r15 turun
seandainya vixion itu pake DOHC? pasti lain lagi cerita para fans boy
wow… paling
kalau menurut saya , sebenarnya ga masalah mau “DOHC” atau “SOHC 4 valve”.
karena semua di racang untuk memperbanyak gas isap dan buang saat mesin bekerja,sehingga menghasilkan tenaga yg maksimal…..
sekarang motor2 babaj juga menggunakan mesin tipe “SOHC 4 valve” tapi unggul di pengapian 3 busi sehingga pembakaran sempurna. tapi ga ada yg protes soal SOHC …
mungkin yg membedakan karakter mesin itu sendiri karena besar kecilnya piston serta langkah piston sehingga menguntungkan power atau torsi mesin itu sendiri.
opini pribadi CMIWW ………
FIAT 125 DOHC 1600cc emang mantap kencengnya …. takut mbejek gas … takut mrotol bodinya .. qiqiqiqiqi … maaf OOT
*salam ojekkkkk
Kalau menurut saya mah bagus ke 22nya 😀 soalnya kasihan sama profnya
menurut saya, sekelas pak RT. patokan pada CC sih…. DOHC, SHOC atau yang lain merupakan teknologi nya aja. beda CC maka beda kelas. imho
sekelas beda karakter 😀
pangben.wordpress.com/2012/11/05/main-ke-tawangmangu-bareng-irs/
Diskusinya mantap nih hari ini…..
iyah … tumben ga saling menjelekkan merk.
coba kalau di semua blog dan artikel diskusinya kayak gini .. pasti pada rajin baca koment dari atas sampe bawah ..
*saling share ilmu ; tau ga tau jadi tau ,dan yang tau jadi tambah pinter.
yach karena dedengkotnya lagi males mpatil
Setujuuuuuu banget dah
komen-komen disini paling nyejukin dibanding komen dari blog laen yang bakar2an.
SOHC & DOHC sama2 dieksplor plus minusnya bukan diliat dari merk.
pentjerdasan otongmotif
*salute*
baca dri atas mpe bwah smua coment jdi asik, tmbah betah dsni gue. Srasa nyaman dpet ilmu, blog kyak bgini gwe suka comennya tanya jwb antar visitor.
Dripda blog rame tapi coment ga brmutu smua, ngjelekin sohc lah dohc lah klingon lah konde lah, sma sekali buat visitor ENEG kyak di IWB, KASIhan om IWB artikel keren2 tapi coment2 ga brmutu dri pra Pemuja merk.
Lanjutkan om ridertua 😀
artikel IWB itu sebetulnya berbobot buat share ilmu, cuma fansboy dan pembakar yang bikin jadi gak semangat.
dulu juga mas iwan pernah bahas artikel tentang kasus ngorok pada vario, ya jadi rame…
😆
menurut aku lbh keren DOHC… Lbh wow gitu… Menurut kamu…
Reblogged this on Ken 220F riders.
heheheh……setelah saya check, trit ini bersih dari gangguan2 fbhonprett…….hanya beberapa nyalak yg udah diamputasi.
sip………sip
so……….entah apa itu sohc atau itu dohc…..itu BUKAN penentu kelas mtr. Karena sohc dan dohc adalah cuma suatu sistem kerja di mesin yg dipake sebuah pabrikan demi mencapai tujuan dari sbuah mtr yg dibuat.
hahaha ternyata bro jaos sePenasaran dgn sy, tp klo sy kira para fbh bahlul ga nongil lebih kepada karna fbh bahlul ga ngerti artikel2 smart kyk gini……
tp sy amati ada beberapa nongol, tp y itu komen cm yg datar2 aja ga ada yg ilmiah atau hi tech klo kt bj habibie……
kalo ada yang performa motor itu harus DOHC… kalo ane malah sebaliknya.
untuk performa mending 2 tak ato rotary sekalian.
Perbandingan performa motor aja sih
NSR 500 di tahun 2000 an kalo gak salah power nya nyentuh angka 220hp.
Ketika itu motor 4 tak 1000cc berada di kisaran angka 160hp.
Untuk norton NRV sendiri 500cc dapet angka 170hp.
😉
Roy, kalo memang pingin performa……ya benar…yang 2 tak atau rotary. Tapi kalo gampangnya di era sekarang ya yang berkubikasi besar entah sohc atau dohc……
kalo cuma 150cc dohc atau sohc…..itu mah gak lari….
Gak tau kalo pake bacot fbhonprett bisa lari gak??
hahahahah………
termasuk lo jaos fb maho nggonggong dari tadi,fbh sudah diam lu malah bacot
waduh………..ada satu yg lepas………..jadi agak tercemar trit ini.. uhhhhhh
kedua jenis tekno itu setara SOHC menang diputaran bawah makanya motor trail rata2 pake SOHC biar mudah dikendalikan dan enak dibejek di RPM rendah, klo DOHC menang diputaran atas mudah menggapai top speed cocok untuk yang suka kecepatan dengan syarat jalan mulus semulus bonus si mbah … 🙂
UUB:ujung ujungnya bonus 🙂
postingannya mantep pak rt..
yg pada komen juga mantep, jadi nyaman bacanya..
@ipanase
yang gak sebanding nekat dibandingkan n jadi terserah itu maksudnya apa ya bro?
power dan torsi mesin bukan ditentukan dr jenis katupnya mau sohc kek atau dohc.
tapi ditentukan oleh perbandingan diameter dan panjang langkah silinder. ada 3 yaitu:
1. overbore (bila diameter lebih besar dari langkah)
keuntungannya krn diameter besar mk bsaplikasi ukuran klep yg besar pula shg pemasukan udara dan bbm nya juga besar hasilnya power dominan.
2. square (diameter sama dg langkah)
ini kasus di honda tiger jd karakter mesinnya berimbang antara power dan torsi. jg pd motocross special engine.
3. over stroke (diameter lebih kecil dr langkah)
biasanya untuk mengail torsi dan akselerasi yg mumpuni meski peak powernya sdikit drop.
kasusnya di yamaha vixion, tp bukan berarti mesinnya loyo lo yah? krn mesin yg sangat torque kalo dikasih transmisi yg berat perbandingannya maka top speednya jg bs didapat. itu sebabnya vixion giginya cuma 5 krn perbandingannya dibikin berat utk imbangi karakter mesinnya yg torque.
cuma klo over stroke mk ukuran diameter katupnya pastinya lebih kecil dr katup mesin overbore shg tenaga kecil tp torsi besar. contoh kasus mesin cbr vs mesin r15 coba liat powernya gedean cbr toh? tp torsinya gedean r15 toh….
power dan torsi mesin bukan ditentukan dr jenis katupnya mau sohc kek atau dohc.
tapi ditentukan oleh perbandingan diameter dan panjang langkah silinder. ada 3 yaitu:
1. overbore (bila diameter lebih besar dari langkah)
keuntungannya krn diameter besar mk bsaplikasi ukuran klep yg besar pula shg pemasukan udara dan bbm nya juga besar hasilnya power dominan.
2. square (diameter sama dg langkah)
ini kasus di honda tiger jd karakter mesinnya berimbang antara power dan torsi. jg pd motocross special engine.
3. over stroke (diameter lebih kecil dr langkah)
biasanya untuk mengail torsi dan akselerasi yg mumpuni meski peak powernya sdikit drop.
kasusnya di yamaha vixion, tp bukan berarti mesinnya loyo lo yah? krn mesin yg sangat torque kalo dikasih transmisi yg berat perbandingannya maka top speednya jg bs didapat. itu sebabnya vixion giginya cuma 5 krn perbandingannya dibikin berat utk imbangi karakter mesinnya yg torque.
cuma klo over stroke mk ukuran diameter katupnya pastinya lebih kecil dr katup mesin overbore shg tenaga kecil tp torsi besar. contoh kasus mesin cbr vs mesin r15 coba liat powernya gedean cbr toh? tp torsinya gedean r15 toh..
Udah paham aku…..
Terimalah kenyataan…
AHM dah kasih teknologi DOHC dengan harga rakyat…
Terimalah kenyataan…
Bahwa teknologi pada motoGP adalah DOHC…
Hadapi kenyataan…
Perang Sport 150cc Segera dimulai… 😆
Wah2 masbro, untuk membandingkan dohc kita kondisikan saja dalam keadaan ekstrem :
DOHC + overbore (cb150r) = digunakan pada mesin balap motogp/superbike
Dirancang untuk melibas jalanan sirkuit dengan full speed, didukung dengan top speed gila2an.
kekurangan: akselerasi awal (dari 0) ga seganas overstroke
SOHC + overstroke (vixion 2.0) = digunakan pada mesin balap trail
Dirancang untuk akselerasi dahsyat dari 0 s/d maks secara spontan agar bisa melewati jalanan berlumpur dan menaiki bukit-bukit yang ekstrim.
kekurangan: putaran sudah atas kehabisan tenaga, sedangkan overbore tenaga masih ngisi terus.
Kesimpulan: untuk speedlover di jalan saya cenderung pilih cb150r, sedangkan untuk yang demen offroad atau tarik2an jarak pendek saya pilih vixion.
sip…masuk akal bos…heheh
Klobagi saya dohc artinya pindah kelas
—
http://www.dk8000.co.nr
DOHC tidak sekedar 2 camshaft doang, tapi lebih dari itu. DOHC biasanya dipake untuk mesin Over Bore, dengan over bore stroke menjadi lebih pendek. Keuntungan dari stroke pendek, piston speed akan tetap aman di geber pada RPM tinggi. Over Bore juga punya ke unggulan dimana ukuran klep in lebih besar, dimana rumus klep in max 0,5 diameter piston.
CUISSSSSSSSSSSSS KEK ORANG KAMPUNG AJA NGOMONG GIN NTOTTTTTTT NTOTTT ENTOTTTTTTTTTTT,,,,EHHHH MAKSUD MATIUS DOHC,,, CESSS MOTOR YANG YANG HEBET TUH BUKAN DOCH ATAU SOCH TAPI NTOTTTTTTT,, TAHU NGAK SIH NTOT,, YANG MANA DALAN SATU SLINDER DIISI 1001 MACAM KLEP… CESSSSSSSSS APA NGAK GILA TUH ORANG 4 INI 1001
APABILA TELARIS BERMESIN DOCH DAN HARGA SAMA DGN VIXION…ANE HARUS BILANG WOW UNTUK HONDA…WALAUPUN ANE TAHUN 2000 KEATAS TIDAK TERTARIK LAGI DGN HONDA, NAMUN UNTUK PRODUK CB 150 INI ANE ANCUNGI JEMPOL DAH…ASAL JGN BANYAK MASALAH AJA NANTI TAKUTNYA PENYAKITNYA MITIP VARIO,MEGAPRO DAN CS1 LAGI.
thruss gans bukan tralis, kalo tralis tar mahal donk
Apik apik apik
Komene apik apik
Akeh sing seneng
Monggo dilanjut
Satria fu dohc tp mesinya kasar… hlusan mesin vixi…
bah itu karna pkk premium sharusnya pkk pertamax,kasar juga karna yg buat nyetel raintai keteng lemah
Bonuse kurang bulet bokonge.
Rada leper gitu biasa aja klo ditusbol rasanya..
Keduanya punya plus dan minus.
dengan keduanya memiliki plus dan minus tentunya ga bisa dibilang beda kelas. DOHC memiliki nafas yang panjang, namun keluarnya sedikit demi sedikit. Sedangkan SOHC(4klep) punya hembusan nafas yang ringan, tapi tidak sepanjang DOHC. Sekarang yang mana yang pas buat lo? itu kembali ke selera dan kebutuhan. Simpel aja sih, Butuh akselerasi ato butuh top speed? Penggunaan stop n go ato cruising? sirkuit banyak lurusnya ato banyak tikungan? masing-masing punya keunggulan dan kelemahan di tempat dan kebutuhan yang berbeda. masi mau dibilang beda kelas?
yang bilang beda kelas itu palingan orang yang selalu mengukur performa mesin dari top speed , top speed, dan top speed doang, padahal di dunia balap sekalipun motor yang top speed.nya memalukan bisa mengantarkan 2 ridernya menjadi juara dunia, yang satu juara dunia 4x dan minggu lalu yang satunya baru merayakan gelar juara dunia ke-2. yu now lah motor apaan itu…
btw mindset bikers indonesia banyak keliru,
– kalo di luar negeri pengukuran performa itu lewat akselerasi dulu, 0-80, 0-100.. jarang yang nanyain top speed, apalagi ampe berdebat. kecuali klo ngomongin hayabusa vs zx14r ya
– mindset 6 speed = jauh lebih kencang!. Padahal kenyataannya gigi 6 tu mtor cuma overdrive, alias top speed.nya g nambah lagi, klopun ada cuma dikit. Dari dulu Evolution VI ga pernah minder tuh ketemu Skyline GT-R 6 speed 😆
wiiiii
Sky Line GT-R… bikin gw ngawang2 nih…
dohc wat nandingin 2t n sohc 4v buat nandingin dohc
untuk cc yang sama atau dibawahnya DOHC buat ngelawan 2t?
2 silinder N250 bukan lawan yang sepadan buat TZM, NSR SP dan RGV Gamma dan mereka cuma 150cc.
untuk NSR SP nih, denger2 kalo setting RC Valve nya bener power bisa naek 30% dari power aslinya (39hp). belum jetting karbu, knalpot freeflow.
bagi 2 tak ganti knalpot freeflow kalo jettingnya tepat power bisa naek 30% lg.
ya nyentuh angka 50hp buat NSR SP kekx mudah om.
cmiiw dan imho
2 tak cc diatas nya atau cc dibawahnya?
kalo dibawahnya setuju, misalnya 150cc DOHC vs 110cc 2 tak.
jangan harap 150cc DOHC (New CBR 150) sanggup ngembat 125cc 2 tak (125z, Akira atau Dash).
apalg kalo keatas nya. jangan harap deh. kalo tuning mentuning itu tergantung dari mekanik. misalpun DOHC CBR rakitan bang Benny belum tentu menang lawan 150cc 2 tak rakitan om Chia (Legenda nih).
😉
mantab…2 tak koq mau d lawanin 4 tak…meskipun jeroan mesin diisi part se banyak2 nya juga ga kuat lawan 2 tak…ehheheh…
hidupkan lagi 2 stroke!! 2 stroke bisa ramah lingkungan+evisien bbm koq….selama pabrikan mau kembangin n ga asal cari untung yg ual 4 tak kebanyakan part…wew
dohc naik kelas,,, ane lbh mntingin knyamanan,,,
TES !!!!!!!!
hehehe sedikit penjelasan dari ane nih.DOHC adalah kepanjangan dari Dual/Double OverHead Camshaft.Artinya ada dua camshaft atau noken as yang berada di atas kepala silinder.jadi ngga tergantung dari banyak atau sedkitnya jumlah klep.sedang SOHC adalah Single Overhead Camshaft artinya hanya ada satu camshaft atau noken as di atas kepala silinder.keduanya hanya di bedakan dari konstruksi nya saja.jadi ngga selamanya silinder yang punya dua klep itu sohc dan ngga selamanya silinder yang punya klep lebih dari dua itu dohc.
terus apa sih keuntungan dan kerugian dari keduanya.sedkit penjelasan sebenarnya keduanya di peruntukkan untuk lebih dapat mengail tenaga pada putaran menengah atas.karena seperti diketahui sebuah mesin memerlukan suplai bbm lebih banyak agar tenaga pada putaran menengah atas dapat dicapai dengan maksimal.mesin dengan jumlah klep sedikit/dua klep bisa saja untuk dapat memenuhi kriteria tsb dengan konsekwensi diameter klep in/out harus diperbesar.tapi kerugiannya adalah dimensi keseluruhan dari klep dan kepala silinder jadi lebih besar lagi.apalagi untuk mesin yang menganut multi silinder,ini tidak efektif dan efisien.nah sohc/dohc 4 klep digunakan guna menyiasati hal tsb.hanya saja perbedaan kostruksi inilah yang membuat karakternya berbeda.mesin dengan DOHC akan sangat maksimal meraih putaran atas,karena kedua cam tsb hanya bekerja pada satu sisi saja yaitu in/out sehingga beban kerja dari cam tsb sedkit lebih ringan dibanding sohc.itulah mengapa rata-rata mesin dohc menganut mesin dengan over bore.juga tentu kontruksinya sedikit lebih rumit.cmiiw
beda kelas donk…
rame euy…
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/11/06/motor-injeksi-aki-tekor-gak-bisa-hidup-terus-apa-gunanya-kick-stater/
Baca artikel ditambah comment dari agan2 yang mantep, membuat saya mengerti soal DOHC dan SOHC,, dan menurut saya cuma beda karakterisitik mesinnya,,cwiiw kalo naik kelas menurut saya itu dari “cc”nya, intinya sesuaikan dengan kebutuhan masing2 dari situasi dan kondisi,,
jd kesimupulannya apa nih….
soch cupu…doch alay…..
Motor Sport Dengan Design Terbaik
http://blackeagle98.blogspot.com/2012/11/motor-sport-dengan-design-terbaik.html
kalo vixi = dohc ,cb150 = sohc pasti ceritanya lain
klo dohcnya cbr250 intinya sm kyak dohc satria coy… cuma di cbr nok. atau camnya cuma ada 2 yaitu satu masuk satu buang yg mana tiap nok menekan batang penghubung ( klo ane liat ini bukan rocker arm coy) krn klo rocker itu pengertianya macam pengungkit yg pastinya ada porosnya tp kasus di cbr250 itukan gak ada porosnya dan gak bs ungkat ungkit coy,.. jd klo diliat dr kacamata teknik yg di cbr250 bukan dikategorikan sbg rocker arm krn fungsinya hanya sbg pendorong/penerus daya dr cam ke katup sama fungsinya dg roller tappetnya satria… hanya di satria camnya ada 4 sesuai jml katup.
yg jelas klo dr ilmu mekanika teknik, mesin satria lbh bagus krn distribusi daya tekannya dibagi 4… klo di cbr dibagi 2 shg keausannya tinggi bila menggunakan material yg sama.
makannya dipastikan ahm membuat camnya dr bahan yg mumpuni disesuaikan dg kinerjanya.
nambahin dikit gan,untuk dohc cbr 250 keunggulanya adalha lebih mudah di oprek,durasi camnya karena masing2 cuma 1 tonjolan untuk tiap 2 katup baik ex /in.sehingga derajat bukaan klep masing2 untuk 2 klep in bisa sama,demikian juga untuk 2 klep ex,karena cuma ditekan satu tonjolan plus minim gesekan karena pake RRA,klo untuk dohc 2 tonjolan per 2 katup lebih susah dibikin sama persis derajat buka tutup klep baik masing2 untuk 2 klep ex dan in,karena mbikin cam pake mesin papas cam akan susah dapat derajat yg sama persis dgn kopian camnya,so intinya keunggulan dohc cbr 250 lebih mudah di oprek,ini juga kata mekanik indoprix temen saya,
ane mau lurusin teknologi unicam.. itu teknologi jadul dan bapak moyangnya vvti atau v-tec atau sejenisnya… (tiap pabrikan beda penamaan tp prinsip kerja sama coy)
jd gk ada tuh sohc di gabung dohc… orang teknik ketawa dong…wkkkk
unicam itu adl multi cam yg mana ada cam tambahan yg akan berfungsi pd putaran tinggi. knpa pd putaran tinggi? krn saat itu pemasukan bbm dan udara efisiensi volumetriknya menurun disebabkan krn gaya jenuh dr pegas katup. sederhananya putaran tinggi katup seolah olah membuka terus, pegas kalah cepat dg putaran mesin, pegas blm sempurna kembalikan katup utk menutup tp udah didorong lg sama cam… bgitu sederhananya. shg para ahli memikirkan utk membuat cam tambahan yg klo putaran tinggi ikut membantu memaksimalkan pemasukan bbm dan udara.
istilah bahasa ambonnya variable valve timing… teknologi ini berkembang dg adanya pneumatik dan hidrolik utk membuka tutup katup tambahan ini tp yg skrang lebih canggih lrn sdh pake program elektronik shg biasanya disebut variable valve timing ignition (vvti) pada toyota klo di honda ada vtec (variable valve timing and electronic control) intinya sami mawon….
tp sbnrnya ada pabrikan yg pake model katup desmodromic/desmosedici yaitu mekanisme katup tanpa pegas alhasil baik putaran tinggipun pemasukan bbm dan udara tetap optimal. modelnya dg rocker arm penekan dan pengembali. tp teknologi ini sdh dipatenkan oleh ducati.
masih ingatkah moto gp 2007 stoner dg desmo nya merajai telak rivalnya? br kmudian honda dan yamaha bangkit tp dg teknologi lainnya yg sm dg mobil f1 yg sbnernya adalah vvti terbaru dan termutakhir…
tengkyu mas bro
klo sekelas berarti old vixi selekelas ama cbr150 donk old/new.
tp klo balapan berani ga ya???
ada yang mw riset gak buat vixie?
YIMM mw bantu mekanik lokal gak riset si vixie?
😆
klo balapnya disentul gede jelas bakal kalah si vixi,klo di sirkuit kecil macam sentul kecil,kenjeran,binuang,subang,/trek da,mungkin akan 50:50 tergantung setup motor,team,n rider tentunya,
tergantung…
mekanik ama rider nya gimana… kalo emang joss kemungkinan besar menang.
melihat Tormax sendiri mampu mempecundangi FU yang DOHC di MP Kalimantan
😆
DOHC itu pengaruhnya akan lebih signifikan kalo disertai Variable Valve Timing (Apapun istilah masing2 pabrikan). Ini untuk efisiensi; krn intinya kan mengubah bahan bakar menjadi tenaga! Mesin sekarang kan bisanya cuma sekian persen dari 100persen potensi perubahan bbm jadi tenaga.
Nah, tanpa variable valve DOHC ya hanya akan menghaluskan suara mesin krn tetep akan ada yg dikorbankan, entah putaran bawah atau atas. Biasanya putaran bawah krn DOHC tanpa rocker arm memungkinkan rpm tinggi tanpa mesin mjd kasar. Sistem 4 klep jg, satu atau dua noken as, biasanya mengorbankan tenaga putaran bawah krn 4 klep memungkinkan suplay bahan bakar yg cukup pd putaran tinggi. Tp 4 klep ini jelas lebih bertenaga dari 2 klep…
Nah kalo 2 klep memang prioritaskan irit; antara seirit mungkin dg tenaga segede mungkin yg bs dicapai dg 2 klep
Yg paling efisien ya memang 4 klep dengan variable valve timing…. Semakin banyak bensin dikucurkan, sebanyak itu pula tenaga dihasilkan.
Kalo noken as (camshaft) konvensional sih mau DOHC mau SOHC tetep ada tekor di rpm tertentu
Yg penting safety; jangan riding sambil sms, jangan pake lampu rem silau, jangan pake knalpot brisik, jangan lawan arus, hargai pejalan kaki, prioritaskan penyebrang jalan anak2 dan wanita!
Bener bro.. Variable Valve Timing.. itulah ke ungggulan teknologi DOHC 😀
wah jdi sneng liat trit ini,.,.
ga pda saling menjelekan tpi menjelaskan,.,.
adminy jga ikut aktif,.,.
SALUT 100% buat mbah RT,.,. 🙂
tanpa liahat merk motornya…
DOHC cc kecil (150) buat apa…??? DOHC cc kecil dipastikan kompresi besar. Apalagi mesti mimik pertamax plus… Boros lagi…mesti main rpm tinggi biar ga lemot… Suku cadang jg lebih mahal. So kurang cocok buat kendaraan harian….
Buat harian lebih tepat pake SOHC, lebih irit & suku cadangnya murah…tapi kurang cocok buat kebu-kebutan…
artikel bagus komen yg bagus…jarang ada alap2 neh…gak bosen baca dari atas ke bawah…..mantap!