Terkuak, Inilah Orang Italia Dibalik Kesuksesan Marc Marquez !!!

Orang Italia dibalik kesuksesan Marc Marquez apakah Rossi ?. Sehebat apapun rider namun dengan motor yang bermasalah tidak akan muncul kecepatannya. Apakah bisa rider bekerja tanpa bantuan tim atau mekanik? Bahkan seorang Casey Stoner tetap membutuhkan motor kencang untuk menjadi juara di Ducati ( kencang tapi susah dijinakkan oleh pembalap selain dia). Artinya stoner tetap membutuhkan teknologi Desmodromic Ducati yang terkenal ganas. Dan kembali lagi dia butuh mesin teknologi pada akhirnya.
Pun juga Marquez adalah rider tangguh yang bisa mengendalikan motor yang liar seperti Honda RCV. Namun kembali lagi tetap dia membutuhkan mesin yang tangguh. Terlalu naif jika kita berkata faktor kemenangan ‘hanya’ pada diri Marquez saja. Walau tidak dipungkiri dia memang hebat. Namun jika kita bicara secara menyeluruh tetap saja dia butuh paket Honda yang mumpuni. Butuh tim yang solid dan teknologi yang sesuai dengan gaya balapnya.

Inilah Orang Italia Dibalik Kesuksesan Marc Marquez
Inilah Orang Italia Dibalik Kesuksesan Marc Marquez

Marc Marquez memenangkan empat gelar dunia di kelas para raja MotoGP dan diselesaikannya dalam kurun waktu lima tahun !. Dan secara keseluruhan di semua kelas dia sudah kumpulkan total 6 gelar dunia di keas 125 dan Moto2. Dan prestasi itu direngkuhnya di usia dia yang masih 24 tahun sebuah rekor yang aduhai untuk seorang pembalap. Dalam artian masih akan banyak rekor bisa dengan mudah dipecahkan olehnya.
Sangat fantastis dan tidak perlu dipertanyakan kemampuan atau skill balapnya bahkan di usia muda!. Dan jika dibanding rekan setimnya sangat jauh. Marc bisa menutupi kekurangan dan kelemahan atau cacat dari RC213V dan membuatnya menjadi sebuah keunggulannya mutlak. Dia mengetahui bagaimana agar bisa berbeda dari semua rider.

Filipo Tosi
Filipo Tosi

Filippo Tosi Kunci Kesusksesan Honda

Tentunya semua itu adalah jangan dilupakan pula sebuah kerja tim Marquez, dan jangan dilupakan lagi peran markas Honda, dan Repsol sebagai peyokong terbesar. Namun dibalik kesuksesan tim Repsol, ada peran orang Italia juga loh. Dia adalah Filippo Tosi… Siapa dia?

Dia adalah seorang yang lolos dari pemberitaan media. Padahal hasil karyanya sangat penting bagi markas Honda dalam meracik komponen mesin RC213V.. Sangat penting!. Dia bergabung dengan Tim Honda Racing Corporation (HRC) sekitar satu tahun dan memainkan peran kunci dalam membantu tim untuk menafsirkan unit ECU tunggal Magneti Marelli. Dia sebelumnya pernah bekerja di Magneti Marelli dengan Ducati.

Jika kita mengikuti perkembangan tim Honda sejatinya mereka mengalami masalah besar. Markas Tokyo mengalami beberapa kesulitan ketika terbentur pada masalah perangkat lunak atau ECU standart sebagai regulasi baru MotoGP. Yang diadopsi pada tahun 2016. Sebelumnya Honda memiliki peralatan canggih dari MotoGP dan adaptasi ke unit kontrol baru tidak bisa langsung bagus. Butuh beberapa waktu untuk memaksimalkan RC213V. Insinyur Jepang berusaha keras dan pusing dibuatnya. Namun kedatangan Filippo Tosi memberi cahaya terang dan titik balik buat tim.

Insinyur Italia itu pahan dan tahu benar tentang perangkat lunak Magneti Marelli dan oleh karena itu dapat memberikan kontribusi penting. Filippo Tosi adalah orang yang berada di balik kemenangan Marquez dan Honda. Filippo Tosi adalah orang yang sedikit bicara alias tidak banyak omong, tapi karyanya lebih besar dan penting bagi Honda.

Baca Juga:

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*