Kenapa di Amerika Yamaha YZF R3 di Recall, Buatan Indonesia?

Yamaha YZF R3 (Foto: yamahamotorsports.com)

Recall atau penarikan kembali kendaraan yang bermasalah menjadi hal yang sudah biasa bagi pabrikan atau produsen kendaraan saat ini, bahkan sejatinya itu adalah bentuk tanggung jawab produsen terhadap konsumen memang ada dua sisi yang akan menjadi risikonya dimana akan menyangkut nama baik brand itu terutama bagi awam, namun hal ini harus dilakukan agar dampaknya tidak menjadi semakin parah bahkan bagi keselamatan konsumennya.
Biasanya selama ini memang recall dilakukan terhadap produk yang terdapat kesalahan secara teknis – mekanis dan secara risiko juga harus segera di tarik agar tidak terjadi hal buruk menimpa pemakainya, namun untuk kasus penarikan Yamaha YZF-R3 2017 di Amerika Serikat ini tergolong ringan namun perlu dilakukan, bahkan terbilang unik dan lucu bahkan media Amerika bilang itu adalah hal yang (…)

Yamaha YZF R3 (Foto: yamahamotorsports.com)

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika (NHTSA), Yamaha menarik kembali 40 unit YZF-R3 2017 di Amerika Serikat akibat salah pelabelan (pemasangan label sertifikasi) dimana tertukar dengan label sertifikasi untuk motor Kanada. Dan secara bersamaan pula pihak Kanada juga mengumumkan penarikan kembali (recall) yang sama untuk 40 unit R3 di Kanada dengan alasan yang tentu saja kita bisa menebaknya yaitu yang di Kanada tertukar label sertifikasiya dengan yang di Amerika Serikat memang terdengar menggelikan, begitu bunyi salah satu media otomotif luar.

Yamaha YZF R3 Label Amerika dan Kanada Foto motorcycle com

Mungkin juga kita akan bertanya seberapa bedanya sih label sertifikasi antara Amerika Serikat dengan Kanada?  Untuk label Kanada disana ada dua bahasa yaitu menampilkan informasi dalam bahasa Inggris dan Prancis dan lebih serius lagi label sertifikasi itu juga mungkin menampilkan informasi VIN (Vehicle Identification Number) yang di cetak selain yang ada pada rangka motor dan tentunya ini akan membuat pening kepala pemilik motor kala melakukan pengurusan hal yang sifatnya administratif seperti asuransi, perpanjangan perijinan ( pajak) atau saat menjual kembali motornya.
Namun berita bagusnya adalah ini adalah mudah untuk dilakukan karena tergolong perbaikan yang sederhana dealer Yamaha di dua negara itu akan mengganti label yang salah dan memasang label yang benar sudah begitu saja.

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*