July 29, 2017

Wet Race GP Qatar Batal, Jika Setiap Pembalap Tidak Setuju !

RiderTua.Com— Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Seri pembuka Qatar tetap akan di langsungkan walaupun dalam kondisi hujan lebat serta menggunakan penerangan lampu sorot ( floodlights) walau secara teori sangat berbahaya akan pantulannya, dan pihak penyelenggara meminta ban Michelin mempersiapkan ban basah dan tetap gelar Race.. namun berita paling terkini menyebutkan bahwa direktur balap Mike Webb belum akan menetapkan di gelar atau tidaknya sebelum pengendara memiliki kesempatan untuk menguji sendiri kondisinya.

Melihat terganggunya sesi uji coba  Moto2 dan Moto3 di Qatar dalam kondisi hujan lebat juga mungkin pihak penyelenggara berfikir ulang akan resiko yang lebih besar buat kelas MotoGP 1000 cc…
Walau bagian safety MotoGP  Loris Capirossi dan Franco Uncini sudah menguji trek Losail Qatar dalam kondisi basah, Mike Webb mengatakan bahwa hal itu tidak berarti balapan pasti akan dilaksanakan jika kondisi menjadi lebih buruk, seperti dilaporkan laman Motorcycle News

“Segera setelah kami mulai melakukan balapan di sini di bawah penerangan lampu kami khawatir bahwa cahaya lampu mungkin tidak baik dalam kondisi hujan dan kami telah membatalkan balapan karena hujan…beberapa pembalap yang berada di trek pada malam itu di kelas 125GP ( moto3) mengatakan sulit untuk melihat.
Sejak itu kami melakukan beberapa sesi dalam kondisi hujan dan memastikan apa yang bisa kita lakukan jika itu terjadi, jadi kami menugaskan Franco (Uncini) dan Loris (Capirossi) datang ke sini dan melakukan tes di malam hari dengan sirkuit yang benar-benar basah dan kesimpulan mereka adalah bahwa, tidak mungkin untuk balapan di trek yang basah. “

Dulunya memang semua pembalap mengatakan bahwa dengan pencahayaan buatan pada lintasan basah di sirkuit Losail membuat kemampuan penglihatan pembalap menjadi tidak mungkin, terutama bila dikombinasikan dengan kotoran yang disebabkan oleh kondisi berdebu di sirkuit. Selain itu semua tim juga telah diberitahu bahwa lampu hujan di motor mereka harus dinonaktifkan untuk mencegah terjadinya silau tambahan.

Jadi walaupun uji coba panitia dengan Uncini dan Capirossi sudah dilakukan dan menyatakan tidak mungkin race dalam kondisi hujan, namun keputusan terakhir berada di tangan pengendara dan mengujinya sendiri… dan jika kelas MotoGP batal lakukan Night Wet Race maka untuk Moto2 dan Moto3 juga tidak akan diselenggarakan dan produsen ban Dunlop tidak perlu membawa ban basah untuk seri GP Qatar tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2009 kondisi hujan juga memaksa penundaan Race selama 24 jam sehingga balapan dilakukan pada keesokan harinya (Senin).

Comments Via Facebook

comments

Berlangganan/ Subscribe Blog 'ridertua' via Email 👍

Artikel dalam Blog ini menarik bagi anda? Daftarkan Email anda untuk mendapatkan update rutin dari ridertua via email, gratis !!

Join 43 other subscribers

2 Comments on Wet Race GP Qatar Batal, Jika Setiap Pembalap Tidak Setuju !

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: