Kasih Tip Buat Mekanik… Bagus gak sih…???

Kemarin saat istri servis rutin motor skutiknya ke bengkel resmi sendiri,  ada seorang ibu-ibu juga yang servis disitu,kebetulan saatnya bersamaan selama menunggu ibu itu menyarankan istri saya untuk kasih tip/ uang rokok..ke mekanik dengan alasan nanti akan dikasih petunjuk “extra” seluk beluk atau tips tentang motor,atau kalau RT tidak salah tafsir mungkin saja akan diajari cara merawat motor yang benar beserta anjurannya…

Namun istri saya menolak dengan halus…dengan alasan gak punya uang(takut menyinggung orang tadi) … dari cerita diatas ada beberapa hal yang bisa RT simpulkan disini…

  • Budaya orang kita kasih “uang” mirip dengan uang pelicin…terjadi dimanapun..
  • Kalau memang sudah tugasnya… seharusnya pelayanan yang terbaik diberikan konsumen termasuk petunjuk pemakaian yang benar… jangan tunggu kasih tip..
  • Bukan pelit namun ternyata budaya “merayu dengan uang” sudah mengakar disegala sendi kehidupan kita……

Tentunya siapa yang duluan tidak tau..tapi menurut RT pribadi sebetulnya hal itu secara umum mendidik sesuatu yang tidak baik..semua harus dengan uang…jadi kebiasaan…akhirnya kepuasan pelanggan jadi terabaikan..gak ada uang pelanggan ditendang :mrgreen:

RT tidak melarang kasih persen atau apalah namanya… namun jika hal ini justru berdampak pada pelayanan wah… jadi kebiasaan kurang baik…bagaimana menurut bro sekalian… ???

Comments Via Facebook

comments

34 Comments

    • melu aq mbonceng

      orang indonesia g pada dong kyk jaman pak ogah aj,

      tips adalah uang yg dbrikan kpada orang yg beerhak contohnya

      –saat ke diler resmi mekanik memperbaiki mtor stlah itu trnyata mtor memuaskan bagi konsumen lebih dari yg diharapkan konsumen,sehinga dngn iklas konsumen memberi uang tip kpada mekanik trsbut kanran itu suatu nilai lebih namaun dkbnyakan diler resmi memberi uang tip melangar aturan sya sndri pernah mau memberi namun dtolak alasannya tidak boleh,alasan sya memeberi tip adalah sudah 2diler tdak sangup menangani mtor sya bunyi tik tik tik dr awal sya blang pengatur klep namun pihak diler bilang kurang oli shnga sya hrus gnati oli stlah 1hri bunyi lagi sya pidah diler lain dan pihak diler mgeklaim stang seher sudah kena atau dan bunyi tik tik tik pdahal bunyi terletak di head dstu hnya dstel stasioner stlah itu pidah ke diler lain dan tryanta pnyetel klep sudah harus dganti aqoirnya ya nyamnkembali

  1. tradisi upeti jaman belanda…susah lagi belanda coklat….susah ngerubah budaya.kunci jujur maka semua akan jalan sesuai prosedur.

  2. klo di beres yang gede/rame mending ga usah … malah kasihan ntar mekaniknya klo ketahuan bossnya/kepala mekaniknya, bisa dimarahin. pernah dibilangin gitu soalnya sama mekanik beres langganan motor yang dulu.

  3. Kalau saya suka ngasih jujur saja bah 🙂 soalnya servis selalu memuaskan terus kalau mau servis lagi pada rebutan tu mau pada servis motor dan selalu teliti dan para mekanik semangat abis….! Maka daritu ya kalau ada mekanik yg menca mencle sama saya tidak di kasih uang tip 😀

  4. pemberian tip Itu bisa dibilang Udah mendarah daging… apalagi di kampung…. ya sekedar pengalaman pribadi… pacar saya gitu… suka ngasi tip dengan alasan kerja mekanik isa bagus… saya kasih tau Klo Itu emang tgasnya seharusnya… Tp yang ada malah ribut…. ngeyell.. musti pake tip… baru motor bisa bagus di servisnya… hadooohh… yang salah sapa coba? konsumen yg ngeyel atau tehnisi yg manja? budaya????

  5. Ane ngasih uang tip. Tp bukan pelicin. Kasih tip klo pengerjaannya rapi, hati2, tidak asal2an.

    Uang tip lho pak rt, bkn pelicin. Ngasihnya setelah motor selesai di kerjakan

  6. kalo sy jg sring ngasih p rete..
    krn mnurut sy tu cm ungkapan trma ksh aja..anggep aj sdekah.
    biar para mekanik na jg sneng n smangat..jd enak kn klo da pny knalan mekanik yg sring megang mtor kt yg udh tau slukbluk mtor kt..mw komplen ato crita pe diskusi jg dilayanin..playanan jg ramah..

  7. Setuju pak erte,, jadi kebiasaan soalnya.. nanti suatu saat ketika kita nga ngasih tip, dibilangnya pelit.. cape deh.. 🙁

  8. kasih alakadarnya apalagi kl servisnya rapi teliti n ajib biasanya ane kasih lebih 😀
    jadi kasih tips krena mereka dah bekerja untuk servis motor kita yg menurut kita bagus, tp kl belakangan terlihat mengincar tips maka distop aja dan bandingkan hasil kerjaannya antara dikasih tips dengan tidak dikasih tips :D.

    pak tua aja sering kasih bonus ya kan :mrgreen: :mrgreen:

  9. q kasi rokok ma mekanik kl waktu itu lg servis besar….lah mesake yo…krja ngejar target mtr…ya anggap hadiah ben g merengut jg yar cemungudh kerjane 😛

    tp y jgn dbiasaen lah,minimal wez akrab m mekanikx

  10. akrab dan kenal mekanik tidak harus kasi uang rokok atau kasi duit pelicin… dalam arti gini… hubungan yg dimulai dari uang… maka berakhir dengan uang (monggo diartikan sendiri)… toh saya pribadi bisa kenal sama kepala mekanik di dealer A, kenal spv mekanik di dealer B. .. cuma modal ngobrol dan modal supel aja

  11. Oh ya pak….sepertinya bukan uang pelicin deh. Tapi ungkapan terima kasih dari konsumen kpd sang mekanik, sama saja ketika di restoran. Selesai makan di kasih uang tip apakah masalah??

    • Sebetulnya hal ini terjadi karena kita khawatir motor kita gak akan diservis dengan baik…kita tau kita sayang dengan motor kita… namun segala sesuatu yang diluar hak dan kewajiban dan ada hubungannya dengan uang akan berdampak kurang bagus.. kalau mekanik tadi tidak “dewasa” maka akan menimbulkan masalah …
      Mekanik kan manusia..dan mekanik bukan hanya satu orang…satunya baik..yang lain ngiri, mungkin saja melihat temannya dapat “sampingan” aku kok enggak..nah alam bawah sadar ‘sisi manusia’nya akan berontak..walau gak ditunjukkan… 😀

  12. TIP cikal bakal KORUPSI
    memberi tip akan meracuni mental mekanik / yg lainnya.
    Mula2 akan senyum menerima dan teriama kasih, dan tetap bekerja dg baik meski tanpa tip.
    Lama2 akan minta tips dan bekerja asal2an jika tau orang tsb balak nggak ngasih tip.
    Rusaknya mental mekanik/yg lainnya disebabkan oleh konsumen juga.

    Memberi / menerima TIPS sama-sama salah.

    Cara menjauhi TIP
    ambil motor setelah kunci diserahkan ke kasir dan mekanik sudah menghandle motor lain.
    Periksa motor dg seksama, jika ada yg tidak beres segera kembali.
    Dengan dikenalnya kita sbg tukang komplain, maka kedepan mekanik akan lebih berhati.

  13. bener tu RT, d Indonesia sgla sesuatu pasti Uang-Uang, dan uang lagi,,
    kalo baca artikel RT ini budaya Tips cendrung terlihat sperti korupsi, apah2 pake uang. lah, wong udh kewajiban’a masa d kasih tips lagi..
    ckckckckcck..

  14. kalau sudah diangkat jadi karyawan sih gag usah kasih tip kan sudah ada gaji/ uang service
    tapi kasihan yg masih pkl/ trainee perlu lah kasih persenan buat jajan/transport

  15. makanya cari beres besar,pasti ada tulisan trimakasih tidak memberi uang tip,walo artinya klo kons puas setelah motor diservis ya boleh2 aja kasih uang tip asal jgn banyak2 n sering2,ntar kebiasaan,n jadi pengharapan,ingat kasih jika hasilnya bagus n kons puas,asal ya semua keluhan sampaikan aja dulu,saya selalu kasih uang tip cuci steam aja takkasih walo dikit2,asal kasihnya setelah selesai n hasilnya bagus,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*