Siapa yang duluan pakai Delta Box…ya Yamaha lagh…!!

Teknologi balap berkembang terus… bukan hanya mesin saja yang membuat motor kencang… kerangka/frame berperan penting dalam “menggendong” mesin dan piranti lain pada motor sebagai sumber daya dorong motor..

twin spar Perimeter frame

frame ini sangat terkenal di dunia balap… rigiditasnya bagus selain itu lentur dan mengurangi /meredam gaya dari torsi..tapi siapa yang duluan mengaplikasikan pada motor balap…?? Suzuki Yamaha Honda..???

Yamaha memang mengembangkan frame model ini dan mematenkannya dengan nama DeltaBox dimana desain ini rigiditasnya 4 kali lebih bagus dari desain lainnya…jadi kalau ditanya siapa yang duluan pakai Delta box ya Yamaha 🙂

Tapi siapakah yang pertama memakai Twin spar dalam balap sih…? kalau gak salah baca sih- suzuki italy yah: Tim Yamaha-Kenny Roberts had also been experimenting with twin-spar aluminum frame designs. Such designs were beginning to appear on some Suzuki 500’s from Italy along with some Rotax bikes (1984)

Honda : Twin Tube Diamond( CBR 150),twin spar steel diamond (cbr 250) mungkin nama juga berpengaruh dalam hasil penemuan suatu teknologi..seperti DCTT, SDSB :mrgreen:

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

36 Comments

  1. kang ,,bukanya di lihat dari tahunya Honda lebih duluan th 1984 dan yamaha th 1985??? cuman yamaha patenkan lebih dulu??? 😆

    • kalau mulainya sih bisa jadi sama imho…karena seperti sebuah trend…kala itu bahwa twin spar mempunyai nilai lebih buat frame balap…Delta Box memang milik Yamaha…Kalau Twin Spar masih milik dunia kalee :mrgreen:

      • seandainya saat itu juga th1984 Honda mematenkan chasisnya gimana kang?? sayang Honda tidak mematenkan dan di manfaatkan yamaha padahal secara pembuatan Honda lebih awal ya kang?? istilahnya yamaha sok ngaku-ngaku gitu..

    • yup..secara basic desain sama..cuma DeltaBox adalah patent Yamaha..
      sama halnya varian motor lah… kan banyak jenisnya 🙂 bebek ada banyak macam..dan MX,Supra dst…adalah milik pabrikan masing2 🙂

  2. wah, tapi nama deltabox emang lebih tenar. . .harusnya minerva vx juga bisa dituntut tuh pake nama deltabox segala di motornya, xixixi

  3. betul itu . . . , yang pake nama DELTABOX itu bukan hanya YAMAHA yang pertama . . . namun seharusnya SATU SATUNYA :mrgreen:
    Soalnya penamaan DELTABOX itu adalah seperti Patent yamaha terhadap jenis sasis Perimeter/ Twinspar, cmiiw

  4. Dari gambar 1984, terlihat Honda sudah make duluan rangka twin spar atau deltabox dibanding yamaha yg tahun 1985.
    cuma yamaha sudah mematenkan duluan nama deltabox.

  5. alhamdulillah. akhirnya ada juga yg berpikiran jernih dan mau melakukan riset mengenai Deltabox.
    jadi inget, dulu gue pernah komen di blog otomotif lokal mengenai sasis Deltabox milik Yamaha ini, hasilnya malah dibantah sama yg punya blog, plus komentator2 lainnya.
    kayanya mereka sudah tercuci otak oleh artikel2 di salah satu tabloid lokal yg hobi nyebut2 kata deltabox untuk semua sasis motor.
    padahal, sasis Deltabox memang eksklusif milik Yamaha, gak boleh digunakan di merk lain.
    jadi kalau ada tabloid yg ngakunya jago otomotif tapi gak bisa ngebedain sasis deltabox dgn sasis lain, kita perlu curiga dgn kompetensi tabloid itu…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*