Categories: MotoGP

Fabio Quartararo : Kami akan Gunakan Paket Aero Baru di Catalunya

RiderTua.com – Fabio Quartararo mengatakan bukan bencana jika Yamaha gagal mendapatkan tim satelit untuk MotoGP musim 2025. Namun ini artinya, pabrikan perlu mengerahkan sumber daya ke tim penguji sebagai kompensasi. Ketika Fabio ditanya, bagaimana jika Yamaha tetap tidak memiliki tim satelit pada 2025?

“Sebuah bencana? Tidak. Tapi menurutku ini akan menjadi momen untuk berinvestasi lebih banyak lagi di tim penguji. Akan ada pembalap lain bersama tes rider Cal Crutchlow, sehingga punya lebih banyak motor dan lebih banyak orang yang bekerja di sana. Tentu saja, selalu lebih baik memiliki tim satelit. Tapi langkah yang kami buat dari tahun lalu hingga tahun ini dengan tim balap sudah luar biasa dan mungkin kami harus mengambil langkah itu juga untuk tim penguji,” jawab Quartararo.

Seperti diketahui, Yamaha satu-satunya pabrikan yang hanya menurunkan dua motor di grid. Untuk itulah pabrikan Jepang itu berusaha keras untuk menggoda tim VR46 atau Pramac untuk meninggalkan Ducati. Tapi tim milik Valentino Rossi itu telah memperjelas bahwa preferensinya adalah mempertahankan Desmosedici yang lebih kompetitif, sementara Pramac masih menjadi spekulasi.

Fabio Quartararo : Kami akan Gunakan Paket Aero Baru di Catalunya

Yamaha – Alex Rins – Fabio Quartararo Tes Mugello

Setelah tes pribadi di Mugello, Quartararo dan rekan setimnya Alex Rins akan menggunakan paket aero baru untuk balapan di Barcelona akhir pekan ini. Namun tes tersebut juga membantu menunjukkan dengan tepat, bagaimana M1 perlu ditingkatkan dalam jangka panjang.

El Diablo menjelaskan, “Tes Mugello luar biasa karena kami dapat menganalisis dengan cukup baik apa yang menjadi prioritas utama kami untuk ditingkatkan, mulai sekarang hingga akhir musim. Kami tidak tahu bagaimana kami akan memperbaikinya, tapi kami tahu di mana letaknya.”

“Dan kemudian kami menggunakan paket aero baru yang lebih baik untuk Cal, untuk saya, dan untuk Alex. Jadi kami akan menggunakannya selama akhir pekan di Catalunya. Aero baru menawarkan sedikit bantuan saat berbelok. Perbedaannya tidak besar, tapi sesedikit apa pun yang bisa kami tingkatkan maka kami lakukan. Dan itu sedikit lebih baik dalam jumlah sudut kemiringan motor yang bisa kami miliki,” imbuh rider asal nice Prancis itu.

Di masa depan, area peningkatan tampaknya didasarkan pada mesin. Quartararo mengungkapkan bahwa dia telah membalap dengan spesifikasi yang direvisi, meskipun hanya sedikit perubahannya. “Menurutku di balapan Jerez kami menggunakan ‘mesin baru’. Namun ketika pada saat kami mengatakan ‘mesin baru’, ternyata itu hanyalah perbedaan kecil. Karena kita tidak dapat mengubah mesin secara total. Namun kami juga berupaya mencoba memperbaikinya untuk tahun ini,” lanjut Quartararo.

Rider berusia 25 tahun itu menambahkan bahwa sekarang mesinnya cepat. Tahun ini dia tidak pernah mengeluhkan masalah power. “Tapi dulu kami lincah dan menikung baik dengan motornya dan tidak ada top speed. Sekarang kami memiliki top speed, tetapi kami tidak lincah. Kebalikan seperti yang terjadi di masa lalu. Jadi saat ini tujuan nomor satu adalah menemukan kembali ketangkasan dan perubahan yang dulu kita miliki,” ungkap El Diablo.

“Itulah mengapa, menurut saya tes Mugello sangat bagus karena kami menguji beberapa motor dan kami melihat di mana, tepatnya kami kurang baik. Tapi kami tahu kami harus fokus pada bagian mesin,” pungkas pembalap yang kini menjadi rider dengan bayaran tertinggi di MotoGP itu.

This post was last modified on 24 May 2024 06:02

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki eVX Bakal Dihadirkan di GIIAS 2024!

RiderTua.com - Suzuki menjadi satu dari beberapa merek otomotif yang akan hadir di GIIAS tahun ini. Tentunya tiap kali ada…

26 June 2024

Recall Chery Omoda 5 Tak Pengaruhi Penjualannya di Indonesia

RiderTua.com - Sebelumnya Chery mengumumkan penarikan terhadap Omoda 5 di Malaysia setelah ditemukan masalah pada pengelasan sumbu roda belakang. Apalagi…

26 June 2024

Pengamat : Bagnaia Harus Waspada Karena Marquez Selalu Mengacaukan Rekan Setimnya

RiderTua.com - Perekrutan Marc Marquez di Ducati masih menarik untuk dibahas. Maklum saja, juara dunia 8 kali itu akan disandingkan…

26 June 2024

Luca Marini : Peluang Mengeksplorasi Banyak Hal di Assen dan Sachsenring

RiderTua.com - Menjelang TT Belanda di Assen akhir pekan ini, Luca Marini menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang belum mencetak poin.…

26 June 2024

Pengamat : Kesepakatan Marco Bezzecchi dengan Aprilia ‘Masuk Akal’

RiderTua.com - Situasi di Aprilia bergejolak dimulai ketika pabrikan asal Noale itu kehilangan 'Kapten' Aleix Espargaro yang memutuskan pensiun akhir…

25 June 2024

Suzuki Hanya Menjual Mobil Mild Hybrid Saja, Kenapa?

RiderTua.com - Suzuki menjual sejumlah mobil di Indonesia, itupun dengan hasil penjualan yang cukup bagus dalam beberapa tahun terakhir. Mereka…

25 June 2024