Categories: MotoGP

Tim LCR Tetap di Honda atau Pindah ke KTM? Mending Setia Atau Mendua?

RiderTua.com – Lucio Cecchinello mengomentari rumor perpindahan timnya ke merek lain dan menjelaskan mengapa dia sangat senang dengan kemenangan pertama Johann Zarco di Ducati. Tim LCR asuhan Lucio Cecchinello itu sudah berkiprah di kelas premier sejak musim MotoGP 2006. Sejak itu, tim asal Italia itu mengandalkan motor racikan pabrikan Jepang Honda. Namun pada musim panas 2023 muncul rumor pindah merek. LCR sempat dikaitkan dengan KTM, namun langkah tersebut tidak terwujud. LCR akan terus bekerja sama dengan Honda pada tahun 2024.

Situasi Yamaha jelas menunjukkan betapa pentingnya memiliki tim satelit. Sejak tahun lalu, Yamaha hanya memiliki dua motor di tim pabrikan sehingga memiliki data yang jauh lebih sedikit dibandingkan kompetitor. Mulai tahun 2025 akan ada lagi tim satelit Yamaha tim mana yang kemungkinan besar akan dipertimbangkan untuk ini adalah VR46. LCR masih percaya dengan Honda dan akan turut membantu tim Repsol dalam pengembangan yang akan bersaing pada 2024 bersama Luca Marini dan Joan Mir.

Bos tim LCR Lucio Cecchinello adalah orang yang setia dengan Honda, paling tidak hingga tahun depan.. Karena meski dia tidak ingin memberikan jaminan bahwa dia akan tetap setia kepada Honda selamanya. “Tentu saja Anda tidak boleh mengatakan tidak. Tapi saya ingin mengatakan bahwa saya mengagumi merek Honda dan sepeda motornya sejak saya masih kecil,” jelasnya kepada situs resmi MotoGP.com.

Banyak kenangan dan kekaguman yang besar antara LCR dan Honda:

Lucio Cecchinello memiliki kemitraan jangka panjang dan banyak kenangan dengan merek Honda.. “Sepeda motor pertama saya adalah Honda. Saya mengendarai balapan pertama saya dengan Honda. Saya merayakan kemenangan pertama saya dengan Honda. Saya merayakan kemenangan pertama saya di MotoGP bersama Honda.. Saya terjun ke dunia balap pada tahun 1988. Dan selain lima tahun bersama Aprilia di era dua tak, saya selalu bekerja dengan Honda.. Dari sudut pandang pribadi, saya ingin terus bersama Honda,” kata orang Italia itu mengenang kembali masa lalunya saat masih balapan.

Lucio Cecchinello- Pit Beirer – KTM

Dia melanjutkan.. “Saya merasa menjadi bagian dari keluarga Honda. Saya mengenal semua orang yang terlibat di Honda. Saya juga yakin bahwa Honda memiliki potensi dan teknologi yang diperlukan untuk kembali sukses,” kata bos LCR tersebut.

Di musim depan, Johann Zarco akan menjadi starter untuk tim LCR bersama Takaaki Nakagami. Zarco telah menjadi pemenang balapan MotoGP sejak 22 Oktober. Lucio Cecchinello sangat senang dengan keberhasilan di GP Australia di Phillip Island dan berharap hal itu akan menambah kepercayaan diri Zarco.

“Kami semua sangat senang Johann mampu mewujudkan mimpinya dengan kemenangan di MotoGP. Kami memahami bahwa kepercayaan diri seorang pembalap berubah ketika mereka mencapai podium atau kemenangan pertamanya. Dia kemudian tahu bahwa dia bisa melakukannya. Pastinya membantu untuk menjadi lebih baik lagi… termotivasi dan ingin mencapai tujuan ini lagi,” kata Cecchinello.

Sebagai mantan pembalap, bos tim LCR dapat dengan mudah menempatkan dirinya pada posisi pembalap, “Saya juga seorang profesional di kategori kecil (125cc). Tentu saja, saya belum pernah berada di MotoGP, tapi saya tahu bahwa sebagai pembalap Anda ingin mencapai tujuan tertentu. Ketika Anda mencapai tujuan tersebut, itu sangat istimewa.. Ketika Anda kembali ke trek pada akhir pekan berikutnya, Anda merasa telah mencapainya. Anda kemudian secara otomatis berharap bahwa pembalap lain akan lebih menghormati Anda karena Anda telah mengalahkan mereka,” kata Cecchinello, menggambarkan perasaan seorang pembalap setelah kemenangan. .

Bagaimana jika Johann Zarco ditarik ke Repsol Honda? Mengapa Cecchinello tidak khawatir? .. Zarco akan sangat penting bagi LCR-Honda karena berdasarkan pengalamannya, dia dapat membantu tim dan Honda mendapatkan kembali kekuatan yang dulu. Pada Agustus 2023, Zarco dipastikan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan LCR. Namun karena hengkangnya Marc Marquez dari HRC ke Gresini, Zarco mendapat peluang baru di tim Repsol Honda.

Cecchinello ingat saat itu dan mencatat bahwa dia tidak terlalu khawatir.. “Bagi kami, situasinya cukup jelas. Bersama dengan HRC kami mengumumkan proyek kami dan mempresentasikan proyek ini kepada sponsor kami. Sementara itu, pembalap dan manajernya tertarik. Tetapi Honda menghormati perjanjian kami. Johann juga menginginkan kontrak dua tahun yang memastikan dia bekerja dengan insinyur dan orang yang sama. Jika kitaa ingin mendapatkan hasil bagus di MotoGP, maka kita memerlukan pembalap MotoGP yang sangat berpengalaman dengan banyak bakat, tapi juga kontinuitas,” ujar Cecchinello yakin.

“Sangat jarang bagi seorang pembalap berpengalaman untuk mengambil tindakan segera. Maka dia harus menjadi seorang pembalap yang benar-benar kuat. Biasanya kita harus mengerjakan banyak detail kecil dalam jangka waktu yang lebih lama sebelum kita dapat mencapai hasil yang sangat baik,” kata Cecchinello. Bos LCR itu meyakinkan bahwa Zarco berada di tangan yang tepat jika bersama timnya.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024