Categories: MotoGP

Brad Binder : Oli Bocor Setelah Bertabrakan dengan Martin

RiderTua.com – Brad Binder mengincar podium pada balapan hari Minggu setelah finis ke-4 dalam sprint di Barcelona. Namun saat keluar tikungan 2, Pecco Bagnaia (Ducati) mengalami highside dan terjatuh tepat di depannya dan kemudian pembalap Red Bull KTM itu menabrak kaki kanan Pecco meski dia bereaksi dengan cepat untuk menghindarinya. Setelah restart, Binder mengakhiri balapan lebih awal karena masalah teknis. Ini adalah nol poin ketiganya musim ini.

Menabrak lawan adalah mimpi buruk setiap pembalap. Apa yang terlintas di benak Binder saat menabrak Pecco? Lalu bagaimana dia bisa kembali berkonsentrasi untuk restart? “Itu benar-benar situasi yang sulit. Bagian tersulitnya adalah kembali ke pit dan melanjutkan balapan,” jawab pembalap berusia 28 tahun itu.

Brad Binder : Oli Bocor Setelah Bertabrakan dengan Martin

Brad Binder menambahkan, “Saya kemudian melihat Pecco bergerak, tapi saya menabrak kakinya atau kedua kakinya. Saya tidak tahu tepatnya itu. Tapi saya tahu dia tidak terluka parah. Tapi sebenarnya mimpi terburuk setiap pembalap adalah melihat rekannya dalam bahaya. Tapi tentu saja lebih buruk lagi bagi pembalap yang terkena dampaknya.”

“Saya senang Pecco jatuh dengan relatif ringan. Tapi saya tidak memiliki informasi pasti saat restart. Saya kemudian menemuinya di Pusat Medis dan diberi tahu bahwa dia mungkin mengalami cedera di kakinya. Tapi sejujurnya, ketika saya datang ke Pusat Medis, saya tidak menyangka dia akan begitu santai. Dia tampak baik-baik saja. Saya senang dan lega dan saya berpikir, ‘Terima kasih’,” ujar rider asal Afrika Selatan itu lega.

Pecco – Binder – Martin

Motor Brad Binder mulai bergetar sebelum tabrakan. “Saya kira ada bagian dari motornya yang tersangkut di ‘intercooler’ saya,”  jelasnya.

Namun tim menduga, oil cooler Binder sudah rusak akibat tabrakan dengan Jorge Martin. Oli rupanya muncrat sebelum bertabrakan dengan Pecco Bagnaia.

Binder terlambat melihat insiden yang terjadi saat keluar tikungan 2. “Awalnya saya tidak memperhatikan apa pun. Saya terjepit di antara dua motor Miguel Oliveira dan Maverick Vinales. Saya rasa, saya berada di tengah-tengah mereka. Saat saya melihat ke depan, saya melihat motor Pecco dan dia tergeletak di aspal. Itu tidak menyenangkan. Seperti yang saya katakan, saya menabrak kaki atau kakinya, lalu motor saya terbalik karena penuh oli. Itu sulit,” jelas rekans etim Jack Miller itu.

Brad Binder tahu bahwa tikungan pertama di Barcelona sangat rumit. “Masalahnya, tikungan 1 itu ada sudutnya di dalam. Belokannya hampir 90 derajat, dan jika kita berada 1 meter terlalu jauh ke kanan, belokan itu menjadi lebih rapat, maka garis-garis yang berbeda bisa tiba-tiba bertabrakan. Karena karakteristik tikungan ini, kita dapat terjebak dan terdorong ke dalam dengan sangat cepat maka hanya ada sedikit celah. Hari Minggu anginnya juga bertiup kencang. Tentu saja itu juga tidak membantu,” lanjut Binder.

Pecco – Binder – Martin

Pecco Bagnaia kini unggul 50 poin dari runner-up Jorge Martin. Untuk pertama kalinya di era 4-tak MotoGP (mulai tahun 2002), pembalap dari tim satelit bisa saja menjadi juara dunia.

“Saya senang saya tidak melukai Pecco dengan parah, itulah satu-satunya aspek positif bagi saya hari Minggu ini. Sejauh menyangkut situasi Kejuaraan Dunia, memang begitulah adanya,” pungkas Brad Binder.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Tes Mugello : Alex Rins Membukukan Waktu Terbaik, Luca Marini Ke Berapa?

RiderTua.com - Tim MotoGP Honda dan Yamaha menjalani tes pribadi di Mugello selama 2 hari (14-15 Mei). Berkat aturan konsesi yang…

17 Mei 2024

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024