Categories: MotoGPMotorsports

Loris Capirossi Jadi Saksi: GP3 Liar, GP7 Dibuat untuk Stoner, GP11 Motor Rossi Terburuk!

RiderTua.com – Loris Capirossi mengenang Ducati Desmosedici pertama dari musim MotoGP 2003 dan menjelaskan mengapa motor itu sangat berbahaya.. Ducati merayakan gelar dunia kedua tahun ini bersama Francesco Bagnaia sejak Casey Stoner pada 2007. Pembalap Italia itu harus menunggu 15 tahun untuk meraih gelar juara dunia keduanya di MotoGP. Gelar pertama diamankan pada tahun kelima dengan proyek Desmosedici.

Pada musim panas 2002, Ducati mempresentasikan proyek tersebut di acara MotoGP di Mugello. Saat itu, 990cc empat-tak berkompetisi melawan 500 dua-tak. Loris Capirossi adalah salah satu pembalap ‘underdog’ dengan Honda NSR500 dan finis kedelapan di musim itu. Ducati mampu meyakinkan pembalap Italia itu untuk menjadi salah satu dari dua pembalap tim pabrikan baru MotoGP (Troy Bayliss menjadi rekan setimnya).

“Mungkin saya lebih berani daripada orang lain yang menolak tantangan ini.. Tes pertama mengejutkan. Motornya sangat cepat, tapi tidak lurus,” kata Capirossi kepada media GPOne saat mengingat adaptasi pertama dengan Desmosedici..

“Saya tidak tahu berapa frame yang kami ubah di tes pertama ini. Kami membuat semua area lebih kaku,” kata mantan pembalap MotoGP itu. Tapi bergabungnya dengan proyek MotoGP dengan Ducati berjalan jauh lebih baik dari yang diharapkan. Di tes musim dingin, Capirossi cepat dan di balapan pertama dia berhasil naik podium. Kemenangan pertama menyusul di balapan ketiga.

Pecco Bagnaia-Ducati GP3 – GP22

Namun Ducati Desmosedici menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap. “Motor Ducati menjadi sangat panas. Di Mugello, kaki Troy dan saya terbakar. Itu adalah motor yang liar. Oli yang bocor mengenai ban dan melemparkannya ke udara. Kami harus melihat kaki kami setiap saat untuk periksa apakah cairan keluar ke suatu tempat,” kata Capirossi.

Setelah musim debut MotoGP yang sukses, Ducati sangat percaya diri untuk tahun 2004 dan mendapatkan lebih banyak power dari mesin V4. “Pada 2004 itu benar-benar menjadi motor roket. Saya mampu mencapai kecepatan 350 km/jam di trek lurus. Sayang sekali motornya tidak bagus di tikungan,” sesal Capirossi, yang hanya sekali naik podium pada 2004.

Di musim 2006 mereka mengalami sukses besar. Capirossi memenangkan seri pembuka musim dan memimpin kejuaraan. Dia secara teratur naik ke podium dan menjadi salah satu pesaing untuk Kejuaraan Dunia. Namun kemudian kemunduran besar menyusul dengan crash di Barcelona, ​​yang kemungkinan menggagalkan gelar Ducati pertama di MotoGP.

Loris Capirossi

Mengapa musim 2007 menjadi awal dari akhir bagi Loris Capirossi

Tahun berikutnya ada perubahan aturan besar di MotoGP yang ‘mempermainkan’ Ducati, tetapi pada saat yang sama membuat Capirossi mundur. “Pada musim 2007 kami beralih ke mesin 800 dan motor dibuat untuk Stoner,” kenang Capirossi.

“Dia berhasil membawa gelar ke Borgo Panigale. Tapi motornya sulit dikendarai. Saya mengatakan itu saat itu dan saya benar karena Casey juga punya masalah di kemudian hari,” catat Capirossi, yang pindah ke Suzuki setelah musim 2007 dan setelah kembali ke Ducati tiga tahun lalu.

Di Pramac, Capirossi kembali mengendarai Desmosedici. Tapi motornya tidak kompetitif. “Saya kembali ke Ducati pada 2011 dan berpikir motornya akan bagus karena Valentino (Rossi) membalap untuk Ducati. Tapi itu adalah Ducati terburuk yang pernah saya kendarai,” kenang Capirossi, yang mengakhiri kariernya tahun itu.

Setelah karir aktifnya, Capirossi bekerja untuk televisi dan kemudian berperan sebagai petugas keselamatan di pemegang hak MotoGP Dorna.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Ternyata Aku Masih Cukup Cepat!

RiderTua.com - Bagaimana jika Marc Marquez tetap melanjutkan dengan Honda?.. 'Saya bisa patah semangat ' katanya... Marc Marquez dipindahkan dari…

26 April 2024

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024