Categories: MotoGP

Yamaha Harus Dengar ‘Teriakan’ Pembalap? Mesin GSX-RR 2022 Top Speed Lebih Tinggi!

RiderTua.com – Sebagai sesama mesin inline-4 Yamaha selalu mengeluhkan top speed yang kurang ( dibandingkan Suzuki). Tahun lalu pembalap Suzuki minta top speed dan tahun depan dikasihnya pulak mesin kencang… Bocoran Alex Rins mengenai mesin Suzuki untuk tahun depan (2022) adalah top speednya lebih ciamik di trek lurus… Setelah melewati tes MotoGP pertama di Sirkuit Losail-Qatar, bintang Suzuki Alex Rins punya bocoran tentang detail menarik dari prototipe mesin untuk tahun 2022. Jika Yamaha tidak mengikuti langkah Suzuki dan tetap percaya dengan cornering speed saja, maka akan semakin ketinggalan di trek lurus.

Bocoran Alex Rins Mengenai Mesin Suzuki untuk 2022

Hasil tes MotoGP pertama di Qatar bagi dua pembalap Suzuki tidaklah mengecewakan, mereka berdua masuk 10 besar. Juara dunia Joan Mir dan rekan senegaranya dari Spanyol Alex Rins menyelesaikan tes Doha di tempat ke-8 dan ke-10 dalam timesheet gabungan. Rins sendiri harus kalah 0,7 detik dari catatan waktu tercepat Fabio Quartararo (Yamaha).

Pembalap berusia 25 tahun itu, menceritakan pengalamannya dengan unit eksperimen baru yang rencananya akan digunakan Suzuki pada tahun 2022.

Rins sedikit ngasih bocoran, “Mesin baru itu bagus, sebenarnya sangat mirip dengan mesin 2021 saat ini. Mesin 2022 memberikan kecepatan lebih di trek lurus, itulah sebabnya kami meminta kepada Suzuki tahun lalu.”

“Ada detail lain tentang mesin yang belum bisa saya bahas di sini. Tidak masalah untuk tidak bekerja dengan mesin 2022, terutama karena Suzuki secara khusus meminta kami melakukannya. Tidak ada masalah dan kami punya cukup waktu di sini di Qatar untuk mencobanya. Dengan kepala kru saya Manu (Jose Manuel Cazeaux), kami memutuskan bahwa hari Minggu akan ideal untuk ini.”

Jose Manuel Cazeaux

Rins kemudian juga mengungkapkan, “Kami harus berhati-hati karena kami tidak memiliki trek pengujian yang sama seperti yang kami lakukan pada tahun 2020. Tetapi situasinya sama untuk semua tim. Kami harus terus bekerja dan terus menekan.”

Namun pada tes hari Minggu Rins terjatuh lagi. “Aku jatuh di Tikungan 2, tapi semuanya baik-baik saja. Tidak ada konsekuensi besar bagi saya, tapi sayangnya para mekanik harus kerja keras lagi,” kata pembalap berusia 25 tahun itu sambil tertawa.

“Kami mencoba ban soft, tapi saya tidak beruntung. Dengan ban soft pertama saya merasakan banyak slides. Ban kedua bagus, tapi kemudian saya ingin menyalip pembalap lain dan membuat kesalahan kecil. Jadi saya tidak bisa berkembang lagi.”

“Pertarungan masih akan serupa dengan tahun 2020. Semuanya sangat ketat, semua orang ada di sana lagi. Perbedaannya akan sangat kecil. Dengan banyaknya lap di sini, semua orang akan memiliki set-up yang bagus untuk balapan. Akan menarik untuk mengamati situasi nanti di trek lain,” tutupnya.

This post was last modified on 10 Maret 2021 15:03

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024