Aturan Baru Bendera Kuning, Bentrokan Marquez dan Alex Rins Bisa Dihindari

Aturan MotoGP Lama: pembalap harus melambat, berlaku dan sah jika ada dua bendera kuning terlihat.

Marc Marquez -Alex Rins Yellow Flag

RiderTua.com – Di MotoGP Jerez lalu, secara khusus ada ‘percikan’ antara Marquez dan Alex Rins. Dimana pembalap Suzuki itu terhalang oleh manuver Marquez yang melambat di saat Rins mencari lap tercepatnya agar lolos kualifikasi. Marquez tidak mendapat sanksi karena saat melambat dia sudah melihat bendera kuning setelah kecelakaan yang dialami Lecuona. Episode kedua justru terjadi pada akhir kualifikasi: banyak pembalap, termasuk Quartararo, membaik setelah bendera kuning keluar akibat crash yang di alami Miller dan Rins. Namun dengan aturan baru bendera kuning, bentrokan Marquez dan Alex Rins bisa dihindari…

Aturan Baru Bendera Kuning, Bentrokan Marquez dan Alex Rins Bisa Dihindari

Kini untuk mengklarifikasi aturan tentang bendera kuning. Di pertegas bahwa jika ada bendera kuning untuk segera melambat, lap akan dibatalkan. Kalau tidak, pembalap akan mendapat hukuman.

Dalam gelaran perdana MotoGP musim yang rumit ini, tidak ketinggalan membahas/ diskusi tentang aturan bendera kuning di trek. Menjelang latihan bebas pertama balapan Andalusia minggu ini(race ke-2), aturan yang harus diikuti sudah diklarifikasi dan diperjelas. Para pembalap dari ketiga kategori ( Moto3, Moto2 dan MotoGP) sudah dipanggil dalam sebuah rapat untuk menjelaskan apa yang akan terjadi, jika melanggar dengan efek langsung dari hukuman yang lebih keras bagi mereka yang tidak mematuhi aturan baru ini.

Rapat MotoGP Jerez 2020

Berikut Aturannya:

  • Aturan lama ( sebelumnya) pembalap harus melambat, berlaku dan sah jika ada dua bendera kuning terlihat.
  • Aturan baru yang sekarang bahkan hanya dengan satu bendera kuning pembalap harus segera melambat dan catatan waktu mereka akan dibatalkan.
  • Ini berlaku untuk semua sesi, dari sesi latihan bebas pertama Jumat (FP1) hingga babak kualifikasi (Q2).
  • Setelah pembalap melewati bagian trek dan kemudian melewati bendera hijau, semuanya dapat kembali seperti sebelumnya.
  • Mereka yang tidak mematuhi arahan ini dapat menerima hukuman.

Perubahan ini menimbulkan dua pendapat di MotoGP. Beberapa percaya itu adalah langkah maju dalam keamanan, sementara yang lain juga melihatnya sebagai kemungkinan untuk ‘menjadi pintar’ dan tidak ndablek. Kenyataannya adalah bahwa mulai sekarang pembalap diharapkan lebih banyak perhatian saat di trek: seperti yang disebutkan, dalam kasus tetap melaju saat bendera kuning dapat langsung dikenakan penalti.

Be the first to comment

Leave a Reply