Beda Status Ignis di Indonesia dengan di India

suzuki ignis 2017
suzuki ignis 2017

Suzuki Ignis merupakan crossover terbaru yang diluncurkan tahun lalu, dan banyak diburu konsumen. Tampil sebagai mobil compact dengan desain crossover nan unik menjadikan Ignis banyak disukai konsumen. Namun tahukah anda beda status Ignis di Indonesia dengan di India ?

Baca juga: Ini Fitur-fitur ‘Jaman Now’ Untuk Ignis SE Terbaru

Beda Status

Di Indonesia, Ignis hanyalah sebuah mobil penumpang biasa. Karena tampilan dan harganya yang tidak terlalu mahal tentu saja. Ignis masih digolongkan sebagai mobil dengan status menengah tak mahal juga tak murah seperti mobil LCGC.

Di India lain lagi, Ignis dipandang sebagai mobilnya orang kaya. Ignis digolongkan sebagai mobil menengah keatas. Doi tidak dijual di dealer umum biasa namun dijual di dealer premium Maruti Suzuki bernama Nexa.

Untuk diketahui, dealer Maruti Suzuki India punya 2 macam dealer. Dealer Nexa khusus menjual mobil dengan status menengah keatas. Ignis, S-Cross, Ciaz dan Baleno masuk kedalamnya. Dealer yang kedua bernama Arena. Dealer ini menjual mobil-mobil menengah seperti Ertiga, Wagon-R, Vitara Brezza, Alto dan Celerio.

Suzuki mempunyai 300 dealer Nexa dan 3 ribu dealer Arena yang tersebar diseluruh India.

Ignis dikategorikan sebagai mobil ‘wah’ di sana karena itu merupakan bagian dari strategi Suzuki. Walau sebenarnya harganya lebih murah dari Vitara Brezza. Memang hal ini dipandang aneh bagi orang Indonesia. Mungkin ada yang berpikir, bagaimana mobil crossover mini seperti Ignis disebut mobil mewah disana? Itulah strategi pemasaran Suzuki.

Ignis diperuntukkan bagi mereka yang berkantong tebal yang sudah punya lebih dari 1 mobil. Jadi Ignis dibeli untuk menjadi mobil kedua atau ketiga dan seterusnya.

Tanggapan Maruti Suzuki India

Punnet Dhawan selaku Deputy GM & Head Corporate Communications Maruti Suzuki India Limited mengatakan

“Jika anda punya 2 anak, anda mau memberi makan keduanya. Jadi Maruti Suzuki punya 2 anak yang harus diberi makan. Itu alasan logisnya. nah, untuk alasan bisnis Brezza dipandang sebagai produk massal. Karena kami punya jaringan Arena yang besar, kami memilih Brezza lebih cocok ke profil konsumen Arena. Ignis adalah mobil tambahan yang cocok untuk konsumen Nexa”

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*