Rossi dan Vinales Akan Gunakan Motor Berbeda di 2018

Valentino Rossi dan Maverick Vinales Mode Tempur Foto ridertua com
Valentino Rossi dan Maverick Vinales Mode Tempur

Hari ini Selasa, 14/11 di Valencia mulai jam 4 sore WIB, setiap tim akan melakukan uji coba perdana motor mereka untuk musim depan termasuk Rossi dan Vinales namun ada yang menarik karena keduanya akan menguji part yang berbeda untuk pengembangan M1 2018, Rossi dan Vinales akan gunakan motor berbeda di 2018 ?
Kedua pembalap Movistar di seri penutup kemarin sudah memakai sasis 2016 namun hasilnya tetap kurang maksimal bahkan cenderung lebih buruk. Valentino Rossipun dibuat puyeng dengan kondisi ini, “Sepeda motor saya tidak melaju dengan baik sejak tes pertama tahun lalu dan kami kehilangan waktu, sementara Vinales senang dengan M1 (2017) dan untuk tiga balapan pertama hasilnya bagus, hingga Michelin memperkenalkan ban depan yang lebih keras(dan masalah itu mulai datang). Saya harus lebih menyesuaikan feeeling berkendara dan dan gaya balap saya,” katanya.



Hari ini di Valencia pasukan Yamaha akan dipersenjatai dengan berbagai jenis sasis untuk diuji, termasuk versi 2016 yang sekarang dipakai Johann Zarco dimana berhasil naik podium di Spanyol.

Hasil sassi 2016 setelah dipakai pembalap pabrikan justru kurang memuaskan di Valencia. Rossi finis di posisi- 5 namun tragisnya lebih lambat 22 detik dibanding tahun lalu dan Vinales di posisi ke-12.

“Dengan Sasis 2016 Sepedanya lebih mudah dikendarai tapi justru membuat situasi terburuk dalam hal konsumsi ban. Pada akhirnya kami 20 detik lebih lambat dari tahun lalu, menggunakan ban yang sama dan dengan pemenang balapan lebih lambat 13 detik dari tahun lalu, dengan ban dan suhu dan kondisi aspal yang sama. Jadi kita perlu untuk memahami, “kata The Doctor.

Valentino Rossi Maverick Vinales
Valentino Rossi Maverick Vinales

Mengenai paket motor 2018 Rossi sudah banyak berdiskusi dengan para insinyur Jepang dan mereka juga khawatir seperti Valentino. Mereka mendengarkan apa yang dikatakan Rossi namun orang Jepang tidak mengatakan apa yang akan mereka lakukan. Tidak hanya ada satu area untuk dikerjakan, tapi juga berbagai area. Tim Yamaha dan Rossi tidak hanya mengerjakan sektor elektronik saja tapi juga performa motornya yang dinamis.

Setelah membuktikan memakai sasis 2016 di seri Valencia dan ternyata hasilnya sama saja buruknya maka kesimpulannya adalah:

  • Sasis 2016 dan 2017 sangat mirip.
  • Johann Zarco adalah pembalap yang sangat bagus dalam menggunakan ban yang lebih lembut dibanding rider lain
  • Zarco sudah adapatasi dengan baik selama setahun dengan M1-2016
  • M1 2016 tidak sama /identik dengan M1 2016 Rossi dan Vinales waktu di Valencia kemarin.
  • Mesin yang Rossi dan Vinales pakai beda dengan mesin Zarco secara detail.

Maverick Vinales dan Valentino Rossi dikabarkan akan menggunaka arah pengembanagn motor yang berbeda untuk musim 2018, jika kemarin keduanya bisa bertukar data bisa jadi data keduanya tidak akan sama lagi kedepan.

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*