Dapurnya Sama…Tapi Matrialnya Beda…??? [ Motor CKD Vs CBU 250cc]

CBR250R NINJA 250 R25

 

Mencoba berfikir serta melihat segala kemungkinan dan akhirnya timbul sebuah tanya….Apakah motor CKD atau dibuat lokal akan mengalami penyesuaian juga… istilahnya ada juga ..’Grade’-nya…Yang dijual Lokal sama Export dibedakan…?

2015-yamaha-yzf-r25

CKD (Completely Knocked Down)

Ambil contoh motor di buat di Indonesia R25 dijual dengan harga 50 juta-an…ada varian sejenis di eksport atau di jual di Eropa.. apakah harga untuk membuatnya juga sama 50 juta-an…dengan kata lain apakah kualitasnya sama…???
Untuk membuktikannya hanya bisa dilihat dengan pergi keluar negeri tempat motor itu dijual dan melihat sendiri kualitas motornya..atau tanya ke vendor pembuat part-nya tapi gak mungkin… rahasia pastinya…  😀

ninja-inazuma-cbr

CBU (Completely Built Up)

Mungkin yang Ahli ekonomi akan bisa menghitung secara tepat hal ini… dan bagaimana jika sebaliknya…? Motor CBU yang dijual dimarih apakah mengalami hal serupa… yaitu sebuah penyesuaian… Ninja,Inazuma dan CBR adalah contohnya… akankah beda kualitas materialnya diberbagai negara sesuai dengan rentang harga di masing-masing negara…misalnya untuk pasar Indonesia gradenya lebih dibawahnya…(sesuai kurs Dollar ) :mrgreen:
*Hanya sebuah artikel pertanyaan dan opini pribadi saja…

Comments Via Facebook

comments

23 Comments

  1. gak usah pusing2. lihat spec mesin aja spt bore x stroke, reduksi gear dan hasil test diyno, nilai power dan yang terpenting nilai torsinya. kalo kita ngerti mesin pasti udah tahu kualitasnya.

    • Belum tentu kalau cuma performa mesin, walau yamaha performance emsin bagus, tapi klo sparepartnya cepet rusak, sedangkan kawasaki dan honda separepartnya awet tahan lama, lihat aja itu di jalan motor mio tahun lama pasti bunyinya kasar bgt, yamaha harga murah, tapi kualitas sparepart nya juga sesuai harga hhehehehe

      • ah enggak juga. jupiter z saya udah dari 2005 sampe sekarang mesin masih halus. padahal sering ane gas pol, 100 kpj udah sering banget..
        mesin perawan,semua masih ori.

  2. output mesin bisa di jadikan patokan kayaknya.. saya mikirnya.. jika 240hp topspeed 350kmh motogp bisa dihasilkan dari mesin 1 liter. mengapa harus di buat hayabusa 1300cc untuk output dan topspeed yg sama kadang malah di bore up plus turbo.. satunya material dewa khusus race, satunya material harian untuk produksi massal.. yah ujung2nya duit juga.hehehhee

    • Semua suzuki Hayabusa standar pabrinya pasti dilimit bro…. dilimit top speednya, Max 299 km/j. kalo limiter dibuka….ya jelas bisa lebih dr 350 km/j….
      Banyak Hayabusa yg output powernya melonjak jd diatas 350 HP sth limit dibuka.
      Top speednyapun byg yg diatas 400 km/j.
      Kalo mesin motoGP paling2 cuman kuat smp 4 seri balapan aja.

      • nah itu bro. moto gp aja bisa nyamain pencapaian hyperbike 1,3 liter.. beda 300cc loh.. coba pikir kwalitas materialnya. btw itu beneran cuma lepas limiter bisa 350hp topspeed smp 400kmh?? di wiki versi unrestricted aja cm sampai 312kmh. itupun akselerasi pasti menang motogp.

      • tp perlu di ingat juga brow.. motogp itu mesinya udah sepaket : mksutnya paket kenceng paket irit paket stabil paket dll. . ane yakin motogp bisa kok tembus 400 +++ ane yakin 100 % ..

        karena apa ingat statemen bos besar hrc.. “buat motor kenceng itu mudah tapi buat motor yg kompletely itu susah”

  3. tinggal bandingkan power dyno lokal dan eropa, beda alat jg sih
    tp masa iya soal mesin dibedakan, nanti tambah biaya produksi, paling kualitas cat
    cbu seperti n250fi jg banyak masalah, shock bocor, fairing leleh, ngebul
    cbr 150 jg tdk bebas dr problem, komstir oblak, shock bocor

  4. yamaha harga murah karena CKD, kualitas sparepart CKD ama CBU jauh berbeda , CBU thailand sparepart mesin bisa tahan bebrapa tahun , kalau yamaha lokal sih gk bertahan lama, alias cepat ganti sparepart, sparepart yamaha paling jelek bahannya diantara honda ama kawasaki, ada harga ada kualitas

    • Tapi kok ninfi banyak trouble nya ya om dari awal muncul nya hehe ada harga ada kualitas, kawasaki mahal karna produksi nya lebih sedikit dibanding yg lain 😀
      Apakah headlamp si sinchan berembun?
      Apakah speedometer si sinchan berembun?
      Apakah plastik si sinchan meleleh?
      Apakah shoch si sinchan bocor bocor bocor?
      Hahaha honda thailand ajib, kawasaki thai?

    • menurut saya tidak mungkin pak. karna hukum bisnis adalah semakin banyak produksi barang yang sama, maka cost bisa semakin ditekan.
      nah, kalo pabrik membuat versi yang berbeda (lokal dan ekspor), otomatis cost yang dikeluarkan ujung ujungnya banyak. jadinya rugi dong, ga jadi untung.
      kalo ga percaya, tanya deh ke Wak TMCblog.

  5. Beda sawah beda rasa, beda pertambangan beda kualitas hasilnya. Apalagi plus beda skill beda ilmu

  6. menurut saya tidak mungkin pak. karna hukum bisnis adalah semakin banyak produksi barang yang sama, maka cost bisa semakin ditekan.
    nah, kalo pabrik membuat versi yang berbeda (lokal dan ekspor), otomatis cost yang dikeluarkan ujung ujungnya banyak. jadinya rugi dong, ga jadi untung.
    kalo ga percaya, tanya deh ke Wak TMCblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*