Bicara Motor Sport boleh bahas irit…??

pit stop motor race

Coba bila kita bayangkan di sirkuit itu apa  saja sih kira-kira yang dibicarakan pembalap dan mekaniknya…pastinya kata-kata ini hampir mustahil dibicarakan… ” tolong dibikin lebih irit lagi ya settingan motornya”…kebanyakan justru lebih condong ke ” bikin kencang motornya” 🙂

honda repsol garage

Bukannya dilarang…. boleh saja…tapi agak gimana gitu jika kita bicarakan seberapa irit sih motor sport 250cc itu…kalau cuma sekedar ingin tau sih rapopo….
Jika harapannya motor irit sementara disisi lain bertanya dengan antusiasnya seberapa kencang pula motor ini saat dipacu…berapa kecepatan puncaknya…pasti satu terbersit harapan jika ada yang tanya hal seperti itu yaitu…inginnya kencang tapi irit...

Jadi kalau mau beli motor sport harus siap 3K:

  • Kubikasi gede=bbm lebih=mahal
  • Kompresi tinggi=bbm pertamax = mahal
  • Kencang=bbm ngucur=mahal

Artikel ini sebetulnya mengingatkan kita jika tidak siap mental dengan motor sport ya mendingan beli bebek saja, irit…
Jika motor Sport 250cc itu dipakai harian dengan jarak tempuh tempat kerja 30 km maka minimal dia akan butuh bensin 2 liter atau uang 30 ribu sehari… sebulan harus siapkan dana bensin saja kira-kira=sejuta-an…plus jalan-jalan… hmmm masih berniat beli mongtor semprot… 😀

honda valkyrie

Motor Valkyrie ini 1 liter hanya bisa menempuh jarak 13 km…!
Sementara kapasitas tangkinya=20 liter
Rasio Kompressi = 9,8 : 1

Comments Via Facebook

comments

63 Comments

  1. Psikologinya gni..
    mayoritas teman2 kita bli motor sport itu alsanya bkn untuk race..tp hnya skedar ingin exis, latah, nampang, atau hnya skdar ingin menunjukan strata sosial sj. Parahnya lagi 70% dr pemilik sport 250 itu nganjuk.. angsuran perbulan motong gaji. Taruhlah 50% gji masuk ke leasing or bank. Sisa 50% dibagi utk kperluan keluarga shari2. Nah yg tdinya 100 jdi 50. Gmn cba?pasti kaget kan pngeluaran dibulan2 berikutnya. Blm lagi buat bli pertamax plus.. walhasil ttp kelas sport 250 di indonesia wajib irit. Karena itu td..orientasi bkn ke race!!
    Klo ngomongin boros..
    8/1 itu sesuatu..hahah

  2. yaa elaaaaahhh…… jd org kok mental kaya org susah,udah tau pake motor irit masa masih mau nyari irirt lg,mending jalan kaki aja gak keluar duit buat beli bensin.motor boros berkoar2,hadeeeehh…. pantes aja byk bikers pd milih naek motor krn ga mampu beli bensin dan ga sanggup bayar ongkos bis/angkot, hadeeeeehh……klo udah gini lgs dehh para bikers ngelesnya pake motor krn hobi lah,biar cepet lah,praktis lah,dll pdhl sebenernya emang ga sanggup beli bensin buat operasional harian(kepanasan kehujanan pun dibela2 in).para bikers ga bs mikir rasa nyaman,aman, dll krn yg dipikir cm murah murah murah murah
    sori saya komen spt ini bukan berarti mau sombong tp ini merupakan realita/kenyataan dan bs dibuktiin

    • …kalo dipikir pikir…sebenarnya org yg naik kendaraan umum itu…lebih tebal dompetnya…dibanding yg naik motor…coba diitung ongkos harian naik angkutan umum…pasti lebih mahal…kesimpulannya…KALO MAU DIANGGAP TAJIR…NAIKLAH KENDARAAN UMUM…

    • …bener kata ente…sekarang org2 sudah pada mentingin gimana agar duit mereka irit seirit2x…padahal dgn naik kendaraan umum…kita bisa saling berbagi rejeki dgn tukang ojek tukang becak sopir angkot dll…dgn begitu ekonomi mereka juga bisa terbantu…sepertix kepekaan sosial masyarakat sdh mulai tergerus dgn meningkatnya sifat individualisme dan materialisme…dan hal itu bisa kita lihat dari banyaknya motor lalu diperparah dgn ulah dari si pemotor yg kadang melanggar etika2 sosial berjalan raya…

  3. Lah HRC aja ngeluh motorx disuru irit. Katanya gk kenceng. Beda ama sebelah, udah kuenceng ehh irit pula

  4. DI motogp aja efisiensi bahan bakar penting kok, kita sering lihat diakhir balap ada motor yang kehabisan bahan bakar, hehehe….

  5. Boleh2 aja ngomongin irit.. Lha tim motogp jg kan di target konsumsi bensinnya…
    Dulu aku pernah punya bebek boros lho.. Kira2 17kpl. 😀 ngacirrrr..

  6. spt biasa komen yg sesuai dgn hati penulis(Rider Tua)ato sesama blogger yg pro dgn penulis akan dibalas tp klo yg kontra ga mau dibahas dan dikupas,wuahahahahahaaaa……..(tepok jidad)

    • lah rt lagi nulis artikel kok…
      Nih kritikannya RT balas… sabar yooo… 😀
      *ada beberapa alasan jika komen gak dibalas… takut salah paham ntar malah jadi ribut… ada juga karena kadang RT susah nangkap maksud komentar itu… kalau RT balas spontan itu karena komentarnya ringan… oK broo…

    • Jgn brburuksangka dl om. Ane dah cukup lama maen di mari, banyak jg komen ane g d bls. G spt yg om fikirkan kok 😀

  7. nah ini dia, kayaknya kebanyakan yang ambil motor belum terpikirkan jauh kedepan bagaimana nanti biaya perawatannya, belum lagi jika motor tsb ambilnya kredit. Dan bagi yang baru pertama kali ambil motor dan kredit lebih baik dipikirkan lagi kedepannya. Biaya bensin + service + oli + angsuran perbulan + buat makan + biaya tak terduga lain. #Mumet wkwkwkwk.

  8. sebenernya bisa dibilang 90% mbah bener, suka konyol kalau ada yang nanya iritnya berapa ya? Kalau ada yang nanya, konsumsi bbm berapa utk sekedar tau sih gpp… tapi kalau sudah bilang n bandingin motor di bawahnya, super konyol …
    Mental belum siap punya motor cc gede (baca: boros) ya kaya gitu dah… hehe.
    Sangat sangat logis kok, kalau mikirnya buat harian dan masih mikir konsumsi bbm, ya jangan nyiksa diri, disesuaikan kemampuan aja… gak dosa…

    http://kobayogas.com/2014/05/28/luar-biasa-3-saudara-ini-dapat-helm-rossi-dari-yamaha-r25/

  9. moge gak mikir irit???

    gak lihat motogp nih, masa mau finish dorong motor… 😆

    setidaknya boros masih logis, lah kalo kebangetan kan repot jadiya…

    *mau kencang kok pengen irit, kalo mau irit ya dorong aja… 😆

  10. Tapi CBR 250 berani tuh dibandingin ma motor dibawahnya. Yg biasa pake motor laki 125-225cc dan biasa pake pertamax, ga bakal kaget dg konsumsi CBR. Lagian 250cc blm masuk motor balap kok. Sejenis R25, Ninja, Z250, Inazuma, megelli, dkk masih aman disebut motor low end. Cuma low end yang paling mahal. Yg namanya low end, ya wajar dimasukkan parameter keiritan bensin.
    Kan ga semua orang pengen pamer cuma sabtu minggu. Ada yg pengen pamer tiap hari. Kalo boros, susah mau pamer tiap hari.
    Kesimpulannya, ga ada yg salah dengan adu irit2an 250cc. Toh bisa dijadiin pegangan bagi konsumen yg pengen 250cc nya buat operasional.

  11. Saya pikir irit itu sudah menjadi tanggung jawab pabrikan, isu irit bbm sudah lama dikampanyekan karena cadangan minyak makin menipis. Walau logikanya cc lebih besar lebih boros, tapi semakin hari motor akan semakin irit baik dari konsumsi bbm maupun jumlah motor (ini tergantung kebijakan pemerintah) jika transportasi publik tersedia dan memuaskan serta lebih murah
    kalau saya tetep pilih irit iso jajake bocah2

  12. boleh lah, tapi minset irit di kelas 250, jangan dibandngkan supra x 125 ( kasus penyemplan ninja 250 karbu yang bandingin FC sama suprix nya 😆 )
    250 dari tenaga/fc

  13. Sebenernya yang salah bukan si boros ma siirit. Tp yg beli motornye. Beli motor mahal. Cc gede eh komplen boros….

  14. motor sport kok buat harian. ya boros nye terasa. 1 liter 1 rumah. nahhhh kalo buat balap terasa irit. kecepatan konstan. ini baru efisien. terasa irit. sport dipakai harian termasuk ga siap mental. mau ngebut dimana coba. gimana pak rt. mohon ditelusuri.

    • ok tak jawab ya… tapi janji jangan tersinggung…janji yaa..
      Belinya motor sport barter sama Motor bebek …plus skutik punya istri… nah planingnya sih motor sport buat antar istri kepasar dan kerja… 🙂
      *guyon…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*