Siapakah Designer Honda CBR900RR Fireblade…?

Tadao Baba... "Father of Fireblade".....

Dia adalah Tadao Baba,lebih akrab di panggil Baba-san(san=mr.atau pak) Seorang pria dengan visi kedepan yang memulai usahanya pada tahun 1989 yang berusaha merancang generasi sport terbaru yang ringan ,punya sensasi akan kekuatan powernya,dan mudah dikendalikan oleh rider…karena dialah maka CBR900RR lahir., ada cerita lucu bahwa  nama fireblade sebetulnya adalah salah penerjemahan dari bahasa perancis ke Inggris dalam perbendaharaan kata jepang :mrgreen: padahal awalnya pengin dinamai “lightning

———————————————————————————————————————-


Tahun 1992 merupakan awal peluncuran CBR 900RR ini dan laris bak kacang goreng… dengan harga pada waktu itu 7,390 poudsterling(Rp 106jt)….yang pada  masanya kawasaki ZX10,GZX R110,CBR1000F maka CBR baru ini mempunyai reputasi baru yang menakutkan karena cepat,ringan, mudah untuk dikendarai…bahkan untuk tahun berikutnya fireblade yang mengalami facelift ringan pun tetap laris terjual dengan harga baru 8,195 poundsterling(Rp 117,5jt).

————————————————————————————————————————


November 1995 CBR-RRT models …mengalami perombakan…volume silinder berubah menjadi 918cc ,riding position,paket suspensi,harga naik 9,265 poundsterling.

—————————————————————————————————————————


Tahun 1997 CBR-RRV models..perubahan sedikit dari tahun sebelumnya,striping baru,berat jadi lebih ringan 183 kg,dengan pemakain aluminium silincer

————————————————————————————————————————–


Tahun 1998 untuk meladeni keluarnya Yamaha R1,melakukan perubahan radikal,desain ulang firing,headlamp,jok,tail light..menjadikannya sebuah sport tourer

————————————————————————————————————————


Tahun itu juga meluncurkan dua edisi spesial pada 50 tahun honda dengan warna motor merah & putih,   limited edition….

———————————————————————————————————————–


Tahun 2000 mengalami penyempurnaan pada fuel injection dengan mesin 929cc,ban depan 17 inc,berat dipangkas menjadi 170kg,desain baru…tapi penjualan masih kalah dengan Yamaha R1 waktu itu.

————————————————————————————————————————-


Tahun 2002 honda merilis fireblade 954cc dengan tampilan lebih rampingpower 149 bhp torsi 77 lb ft dengan pengembangan EFI dengan injector yang lebih besar,rigid swing arm.

———————————————————————————————————————–

Tahun 2003 tadao Baba pensiun….masa depan fireblade gamang….

———————————————————————————————————————–

Project leader:Kyoichi Yoshii (tengah),Electric component project leader:Ryohei kitamura(kiri)Chassis project leader:Yuzuru ishikawa (kanan)

tahun 2004 all new CBR1000RR lahir dan tetap memakai nama fireblade, pengembangannya dilanjutkan oleh Kyoichi Yoshii kepala HRC…tetap sesuai tujuan awal fireblade …sebuah karya besar dengan Ram-air,underseat exhaust system(bawah jok),electronic steering damper model mirip dengan Honda GP-1 RC211-V5.

————————————————————————————————————————-


2005 ganti baju baru :mrgreen:  lebaran kalee…

————————————————————————————————————————-


2006 chassis mengalami penyempurnaan ,demikian juga dengan sudut steering head,dan revisi pada sistim electronic steering damper. mesin juga mengalami penyempurnaan menjadi 175bhp dengan rev limit dari 11,600rpm  menjadi 12,200 rpm dan revisi pada gear..dengan semboyan “Fastest blade Ever” ..kali ini memang fire blade berada di depan kompetitornya… wuih…

————————————————————————————————————————


2007 baju baru lagi tricolor HRC menjadikan tampilan baru..secara mesin masih sama dengan tahun lalu..

—————————————————————————————————————————


2008 CBR 1000RR fireblade mengalami metamorfose sempurna (emang kupu2)… tambah langsing.. mesin lebih kompak,padat dengan kapasitas baru 998cc slipper clucth, berat 199kg  dengan Honda’s steering dumper electronic

———————————————————————————————————————–

2009 perubahan cat 3 pilihan warna HRC replica repsol biru-silver(Inggris) dan hitam -silver(Amerika).. mekanikalnya sama dengan yang versi 2008..

—————————————————————————————————————————

2010 untuk pasar Inggris CBR 1000RR mempunyai 4 pilihan warna sedang Amerika 3 warna saja..pada tahun ini juga untuk pertama kalinya pengaplikasian C-ABS yang menggabungkan antara system electronik dengan hidrolis ABS dimana sebagian besar pengereman dikendalikan secara : fly-by-wire….dengan cara kerja jika kecepatan dibawah 7~10mph dilakukan ABS hidrolis sebagai backup jika ada kegagalan fungsi electroniknya.

——————————————————————————————–

2011 CBR 1000RR

Comments Via Facebook

comments

Kei Car ABC Yang "Kecil-Kecil Cabe Rawit" Asal Jepang

Kei Car ABC Yang “Kecil-Kecil Cabe Rawit” Asal Jepang

Kei Car ABC Yang Kecil Kecil Cabe Rawit Asal Jepang – Istilah kei car masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Tetapi di Jepang, istilah ini merujuk pada arti ‘mobil kecil’ (Kei-jidosha). Dan ternyata penjualan kei [ Baca Lagi...]

38 Comments

  1. karakter putaran menengah terbesar di kelas 1000cc mantap ! Di sirkuit waktu tercepat sayang karena kalah fitur dan tenaga jadi rangking 2. R1 dulu yg di bangga2kan skrg lemot kaya gsxr 1000. Tenaga keluar di putaran atas dan lama keluarnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Byson TKO sama NMP… CBR IKO sama NINJA ????? | ridertua

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*