Categories: MotoGPSuperbike

Alvaro Bautista: Apakah Saya Terlihat Panik?

RiderTua.com – Juara Dunia Superbike 2022 Alvaro Bautista (Aruba.it Ducati) mendominasi latihan hari Jumat di balapan pembuka musim di Australia. Tapi cuaca di Phillip Island diperkirakan akan berubah untuk akhir pekan ini.

Dalam kondisi yang lebih dingin pada Jumat pagi, Bautista hanya 0,037 detik lebih cepat dari pembalap pabrikan Yamaha Andrea Locatelli di FP1. Sore harinya, saat udara menghangat hingga 33 derajat Celcius dan aspal hampir 50 derajat, pembalap asal Spanyol itu 0,543 detik lebih cepat dari rekan setimnya Michael Rinaldi di FP2. Dalam timesheet gabungan dari kedua sesi latihan, ini artinya dia unggul 0,446 detik pada sesi kedua!

Alvaro Bautista: Apakah Saya Terlihat Panik?

Yang lebih mengesankan lagi adalah kecepatan balapan rider bernomor start 1 itu. Bautista seperti melakoni balapan di dunia yang berbeda, setidaknya 0,5 detik lebih cepat per lap ketimbang yang lain!

Alvaro Bautista

Pembalap berusia 38 tahun itu mengatakan, “Sayangnya pada hari Sabtu dan Minggu kondisinya tidak seperti ini, jadi hari Jumat tidak dihitung. Bahkan pada hari Sabtu bisa hujan, tetapi pada hari Minggu seharusnya lebih dingin, lebih seperti di tes. Itu sebabnya saya tidak berpikir saya akan sejauh itu.”

Seperti diketahui, Bautista juga menyelesaikan tes di awal minggu sebagai pembalap tercepat di suhu yang sekitar 20 derajat. Jadi kubu Ducati tidak perlu panik.

“Apakah saya terlihat panik?” ujar Bautista sambil tertawa. “Saya cukup santai. Saya merasa nyaman dalam cuaca dingin dan hangat pada hari Jumat, menikmati motor dan memahaminya. Saya tahu cara membalap dalam kondisi apa pun. Tapi kita tidak dapat memprediksi balapan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” lanjutnya.

“Sangat sulit saat membalap sendirian di sini. Terutama di paruh pertama balapan, karena karakter trek yang mengalir membuatnya sangat mudah untuk mengikuti seorang pembalap. Dalam tes, Jonathan mengikuti saya selama beberapa lap dan mampu mengikuti saya. Toprak juga,” ujar pembalap Aruba.it Ducati itu.

Lihat Juga:

Di paruh kedua balapan, peran ban lebih besar ketimbang di hampir semua sirkuit lainnya. Dan hampir tidak ada pembalap yang bisa mengelolanya sebaik Bautista.

Bagaimana pendapat Bautista tentang posisi ke-5 Johnny Rea dan tempat ke-10 Toprak Razgatlioglu pada latihan hari Jumat? “Tahun lalu kita kehilangan posisi jika kita tidak menjalani hari yang baik. Sekarang 5 atau 10 posisi karena medannya lebih dekat satu sama lain. Terutama di balapan ini, karena setelah tes selama 2 hari semua pembalap kuat di sini. Saya yakin tahun ini lebih banyak pembalap yang bisa bertarung untuk posisi teratas. Kita tidak bisa lagi beristirahat. Dan kita harus selalu memberikan yang terbaik. Karena jika tidak, seseorang akan mengejutkan kita,” pungkas Alvaro Bautista.

This post was last modified on 25 Februari 2023 14:01

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Tingkatkan Kapasitas Produksi Omoda E5!

RiderTua.com - Penjualan mobil Chery selama beberapa bulan terakhir di Indonesia masih cukup bagus. Terlebih bagi mobil listrik terbarunya, Omoda…

27 April 2024

Dua Motor Ducati Baru yang Segera Meluncur di Indonesia!

RiderTua.com - Seperti yang kita tau, Ducati punya pilihan model yang cukup fantastis dan desainnya keren-keren. Nanti pada tanggal 3-5…

27 April 2024

Kawasaki Membawa Bimota ke Superbike: New Bimota by Kawasaki Racing Team WSBK

RiderTua.com - Kawasaki membawa Bimota kembali ke Kejuaraan Dunia Superbike.. Bimota adalah produsen sepeda motor custom dan produksi asal Italia…

27 April 2024

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024