Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor


Gak bayar Pajak “APA KATA DUNIA” ….. … Kali ini tulisan saya agak sedikit panjang gak papa khan menyambut liburan 4 hari neh…. mari kita mulai ajah dengan istilah perpajakan yang ada hubungannya dengan motor kita… yang saya kutip beberapa dari perda no 4 tahun 2003.

Kendaraan Bermotor :arrow: adalah semua kendaraan beroda dua atau lebih beserta gandengannya yang digunakan disemua jenis jalan darat dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan,termasuk alat2 berat dan alat2 besar yang bergerak……

Kepemilikan :arrow: hubungan hukum antara orang pribadi atau badan dengan kendaraan bermotor yang namanya tercantum dalam bukti kepemilikan atau dokumen yang sah termasuk BPKB
DPP PKB (Dasar pengenaan Pajak Pajak Kendaraan Bermotor) sesuai perda nomor 4 tahun 2003 :arrow: adalah perkalian antara nilai jual kendaraan bermotor dengan bobot yg mencerminkan secara relatif kadar kerusakan jalan dan pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor.

nilai jual =harga pasaran umum.
setelah harga pasaran umum diketahui maka nilai jual ditentukan juga berdasarkan faktor2:isi silinder,penggunaan,jenis,merk.tahun,berat,dokumen import.

Besarnya tarif (perda nomor 4 tahun 2003) :
Kendaraan bermotor bukan umum= 1,5%
Kendaraan bermotor umum=1%
Alat2 berat=0,5%

STNK

(surat tanda kendaraan Bermotor)

Coba buka surat “STNK” bro sekalian… ada apa aja yah… nama pemilik dst…. :) kali ini kita lihat kolom bagian pajak aja ya…. disitu ada istilah :

BBN KB :arrow:  Bea Balik Nama kendaraan bermotor.besarnya 10% dari harga motor (off the road)/harga faktur untuk motor baru, dan motor bekas(second) sebesar 2/3 pajak(PKB)nya.
PKB :arrow:  pajak kendaraan bermotor besarnya 1,5% dari nilai jual motor dan bersifat menurun tiap tahun,karena penyusutan nilai jual motor.
SWDKLLJ :arrow: Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan,sumbangan ini dikelola oleh jasa raharja sebesar RP35.000
BIAYA ADM. :arrow: Biaya administrasi, untuk motor baru kemarin saya tidak dikenakan,dan apabila ganti plat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama… baru dikenai biaya dan besarnya Rp 30.000

Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Apabila kita setelah jatuh tempo masa berlaku STNK (surat tanda nomor kendaraan) belum melakukan perpanjangan maka kita akan dikenai denda PKB(pajak kendaraan bermotor)  dan SWDKLLJ(sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas),adapun cara perhitungannya:

Denda PKB (pajak kendaraan bermotor) ;
ada yang telat 3 hari bahkan 1 hari dianggap 1 tahun….tiap wilayah berbeda, tetapi prinsip cara menghitungnya adalah 25% per tahun
terlambat 3bulan PKB x 25% x 3/12
terlambat 6bulan PKB x 25% x 6/12

Denda SWDKLLJ(sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas);
besarnya Rp 32.000 untuk motor & Rp100.000 untuk roda 4 ( mungkin sudah naik ?… )

contoh: bro sony punya motor dan terlambat bayar 6 bulan jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 & SWDKLLJ Rp 35.000 maka bro sony dikenakan denda keterlambatan sebesar:

(Rp232.000 x 25% x 6/12 )+(Rp 32.000) = Rp 61.000

Total yang harus dibayar sebesar; Rp 232.000+Rp35.000+Rp 61.000=Rp 328.000

Pajak Progresif

Pajak progresif kalau diJakarta tujuannya untuk mengendalikan jumlah kendaraan dengan menerapkan pajak secara “berlapis”..adapun cara penghitungannya:(perda nomor 8 tahun 2010) dan berlaku mulai 1 januari 2011…
kendaraan pertama akan terkena pajak progresif sebesar 1,5 % x nilai jual,
kendaraan kedua akan terkena pajak progresif sebesar 2% x nilai jual,
kendaraan ketiga akan terkena pajak progresif sebesar 2,5% x nila jual,
kendaraan keempat akan terkena pajak progresif 4% x nilai jual

contoh: bro paijo punya motor bebek 100cc atas namanya… beli motor lagi 250cc (ke dua)dengan harga off the road/faktur (bukan harga dealer loh :) )= Rp20.000.000

jadi BBN KB = Rp 20.000.000 x 10% = Rp 2.000.000

PKB(prog)= Rp 2.000.000 x 20%=Rp 400.000

jadi berlaku pajak progresif untuk motor kedua= Rp 400.000 ..padahal kalau tidak diberlakukan cuma bayar Rp 300.000

Wah jadi mikir2 nih beli 250cc kikikikikikiki..………….. :mrgreen:

Punya 1 unit mobil dan 1 unit sepeda motor ,bagaimana…? tidak dikenai pajak progresif…..karena berlaku untuk 1 jenis kendaraan.. dasar pemberlakuan juga dengan KTP(nama dan atau alamat sama)….

Dari berbagai sumber : by ridertua.wordpress.com

Tentang ridertua

KeepBrotherhood & Peace
Tulisan ini dipublikasikan di belajar wordpress dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

196 Balasan ke Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

  1. pakbambangnunggangjaran berkata:

    pertamax mbah

  2. #99 bro berkata:

    gak jd beli cbr ah lha bayar pajaknya gak kuat..

  3. satria merah berkata:

    MAKAN DUIT PAJAK, APA KATA DUNIA

    kalo mampu beli motor 45jt masa sih ga bisa bayar pajak 400rb :mrgreen:

  4. hadiyanta berkata:

    rapopolah tetep pingin cbr 250r

  5. vanz21fashion berkata:

    owh.. ternyata pajak progresif cuma ngitung kendaraan yg sejenis, kirain mobil sama motor jadi satu.. btw, salam kenal dari blogger amatir :-)

  6. gaplek mania berkata:

    baru punya 1motor.itu jg blm balik nama

  7. andhi_125 berkata:

    lah, kalo motor dah dijual ke orang lain, trus belom di baliknama, yang rugi kita yo?? beli motor lagi, dihitung kendaraan ke2 2% pajak progressifnya..

    • ridertua berkata:

      Betul …kan nama kita dah terdata sesuai ktp..

      • kang yanto berkata:

        kalau kita jual terus orangnya belum balik nama kemudian kita beli lagi dan langsung nama kita berarti kita di itungnya punya dua ya dan kena pajak progresif , tapi sebenarnya itu bisa jadi ga progresif asalkan kita mau mengurus ke samsat setempat membuat pernyataan bahwa motor itu sudah dijual dan serta kan faktur jual belinya kalau udah lama bikin aja baru juga ga apa2 yang penting bener soalnya dari samsat datanya langsung di matikan atas nama sampean dan otomatis harus balik nama walaupun ktp pinjem lagi buat perpanjang itu udah ga bisa mudah-mudahan membantu nih yang lagi mau beli motor baru lagi heheh

  8. ada 3 motor atas nama dan alamatku, 2 dijual di kampung, dan tagorku ke 3, apakah 2011 brarti tagor kena progresif Cak ?

  9. hwaduh…, tp kalo balik nama ke kampung biaya mahal jg Cak, biarin aja dululah…

  10. kesuwun .
    ehm.. Brarti kalo dapet NMP second ga usah balik namalah :mrgreen:

  11. sijidewe aka snalpot99 berkata:

    he.. Alamat dah ganti, berarti ndak kena xexexe

  12. aku jg ga tahu, lha ini baru mudeng baca Progresif yo neng kene. Tua..tua.. Pinter juga… *kampl… Ups aku udu Pak Bons ding :P

  13. tapi sing 250 tetep sido kan Cak *nek aku nyilih ga kena pajak pronyilih kan ik..ik… :D

  14. lufi berkata:

    hem… pajak lewat calo ga dijelasin juga xixixi :roll:

  15. cotto berkata:

    Nice info…
    Kenyataanya didaerah motor makin tua pajaknya makin naik…

  16. cicakmerah berkata:

    hoo gitu ya.. baru ngeti ane skr.. btw biaya ADM kan ada dua tuh.. ada yg stnk ada yg tnkb. 2-2nya dibayar tiap 5 tahun ya?

  17. SuRyA berkata:

    wah dapet tambahan ilmu neh
    thanx bro

    ============
    my cbr 150 single seater custom
    http://www.stu69.blogspot.com
    ============

  18. elsabarto berkata:

    nice info..
    matur suwun

  19. wis turu Cak ? *ngenteni artikel anyar

  20. stoner27 berkata:

    katanya bisa milih mana motor pertama kedua dst? benarkah begitu? soalnya saya punya 3 motor, 1 ducati yang 2 jialing wkwkwkwk..
    gimana supaya duacti saya jadi motor pertama, jialingnya biarin aja jadi kedua-ketiga..toh murah pajeknya..?

    btw, salam kenal..

  21. Yamaha lover berkata:

    Nice artikel
    menambh wawasan
    maju trus brow

  22. cupunk berkata:

    mantaf inponnya gan…
    salam

  23. molen berkata:

    bos saya mau impor motor Suzuki. harganya skitar 270jt.an… pajak per thnnya brp ya ?? msih mikir2ni… ntar mlah gak kuat byar pjak.. wkwkwk…
    email ke: farizal.punch@gmail.com

    • ridertua berkata:

      yang bener..khan ada Importir Umum.. mereka yang itung…??
      yang jelas kalau bijian kayak gitu dijamin berlipat dah.. kalau rombongan jadi murah…. kena pajak barang mewah juga loh kayaknya tuh harga segeto :)

  24. khoir berkata:

    Bro,
    makasih banyak atas penjelasan itung2an pajak motornya. sangat membantu.
    cuma saja, saya ada kendala lain nih.. saya sudah 5 tahun belom bayar pajak motor n untuk ke-5 pun dah lewat jatuh tempo jg nih (bikin malu yah..), dan saat ini saya mau melunasinya. so hitung2annya gimana yah kalo sudah 5 tahun..? mohon dibantun rumus n contoh itung2annya. terima kasih banyak sebelumnya.

    • ridertua berkata:

      Terlambat bayar 5 tahun jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 & SWDKLLJ Rp 35.000 maka dikenakan denda keterlambatan sebesar:

      (Rp 232.000 x 5 x 25% )+(Rp 32.000x 5) = Rp 290.000+Rp 160.000 = Rp 450.000

      Total yang harus dibayar sebesar; Rp 232.000+Rp 35.000+Rp450.000=Rp 717.000
      Atau tunggu pemutihan aja.. Ngarep.com (pemutihan biasanya denda gak diitung… tapi waktunya juga gak tentu… harus rajin2 cari info.. ) :)

      • dowsan berkata:

        ikut nimbrung bro,,
        kayaknya salah hitung deh bro,, ada yang kurang
        Rp.450.000.- (denda)
        Pajak 5 tahun blum di hitung tuh, yg dihitung masa pajak slama 1 tahun doang?

  25. natangkang berkata:

    mas bro, telat 5 thn qu mo lunasi hutang pajak kendaraan motor,
    Pkb. 160 500
    Swdkllj 22 000
    mhon hitungan na mas bro. . .

    • ridertua berkata:

      (Rp 160.500 x 5 x 25 % ) +(Rp 22.000x 5)=Rp 200.625+Rp 110.000=Rp310.625…
      total bayar Rp 310.625 + Rp 160.500+Rp22.000=Rp 493.125 kira2 …cmiiw ya siapkan dana 500rb saja..atau tanya ke samsat terdekat..biasanya beda kok… tiap daerah :)

  26. rizki berkata:

    Thanks bro infonya….dapat pengetahuan baru ne… :)
    bro, gw bru beli motor bekas ne…STNK masih nama pemilik sebelumnya….bagusnya gw balik nama ato g ya?..sorry ne masih awam masalah ginian…hehehe

    • ridertua berkata:

      balik nama enaknya gak repot pinjem ktp… mau jual juga gampang.. :)

      • rizki berkata:

        Oke….
        klo balik nama berrti gw k Samsat yg mana ya….soalnya alamat KTP ma STNK beda….sedangkan gw skrng tgl di alamt yg sama dengan STNK. misal kan ne…KTP domisili A, STNK domislinya B,nah gw skrng tgl d domisili B. gmn ya?

      • ridertua berkata:

        yah cabut bendel/data di Samsat alamat motor (stnk) baru pindah ke samsat alamat anda… :)

  27. endang berkata:

    bro..ane baru perpanjang pajak motor, kok mahal yaa kena 5oo ribuan ? kalo di itung harusnya kena sekitar 200 ribuan… katanya pajak nya naik… apakah benar??

    hmm coba cek ada kenaikan gak..tanyakan..?? atau tambahan bea lain…

  28. samson berkata:

    mank motor saya jupiter z thn 2008….tahun lalu saya bayar pajak hanya 210 ribu heranya tahun in saya bayar 257 ribu…mohon penjelasannya

  29. dani berkata:

    Bro, minta infonya donk
    saya dan keluarga tinggal di rumah orang tua saya.
    1 alamat tapi ada 4 kk (kartu keluarga) karena kami 4 bersaudara sudah menikah semua tapi alamat masih pakai alamat lama. ada yang sudah pindah sih tapi ktp dan kk tetap di rumah lama.
    pajak progresiff berlaku per alamat atau per nama atau per kk yah ?
    kalau per nama berarti saya hanya ada 1 mobil , kalau alamat , gawat bisa di hitung mobil ke 5 saya.
    mohon informasinya
    tq bro.

    • ridertua berkata:

      sepertinya berdasarkan KTP ..CMIIW kalau punya 2 KTP gak kena(mustahil) makanya kalau suami istri punya 2(dua) motor bikin dua nama pemilik… satu atas nama suami satunya istri..bisa ktp orang tua kita enak to :) begitu kira2

  30. preston berkata:

    pliz bro dihitung pajak kenderaan gw telat 4 thn……Di STNK tertulis sbb:
    PKB Rp.151.5000,-
    SWDKLLJ Rp.22.000,-
    Thank’S

  31. Danar Adiarto berkata:

    minta tolong dong bro..kalo mau beli motor baru OFF THE ROAD, dan mau ngurus STNK n Plat Nomer.. rinciannya gimana ya? bisa bantu??
    Harga motor di faktur tertera Rp 13.650.000, persen2an biayanya berapa ya bro??
    thx banget bantuannya

  32. scrwp berkata:

    Bro, kalo on the road/off the road perhitungannya bagaimana? Mohon dijelasin, thanks!

  33. goweser berkata:

    mhn mav brader mnt pncrahan’y..
    1.Aku mw balik nama.. Balik nama rumus itung berapa ya? D stnk tertera bbn 115rb pa sgtu nti biaya’y
    2. trus kl mis’y pajak mati 8bln itungan’y brarti = 1th = pkbx25%x12/12 y (denda’y sgitu bro)
    3. Niatan’y mw skalian prpanjang pajak’y th ni brarti yg dbyr pkb m swdkllj trus blh g c kl lebih awal 3bln byr’y (hi3x ptnyaan bodoh mav y, mklum nubi and tkut’y byr 3bln lbih awal polisi’y bilang blon siap mas)

    Dtgu y bro pncerahan’y
    Sblm m sesudah’y thx info’y sngt..sngt.. Brmanfaat.. Thx jg nti atas jwbn’y

  34. thamy amoethentia berkata:

    pajak motor baru sya ampe 1.759.500 … Pa bner pjak mtor bs mpe sgtu staun ??? Q mw tny , tp tny cp

    • dhenoer berkata:

      pada STNK tercantum BBN, PKB, SWDKLLJ dst. mangkanya motor baru anda tercantum 1.759.500, bukan berarti pajaknya tinggi. coba deh amati, yang besar itu adalah nilai BBN (Bea Balik Nama)nya.. PKB (Pajak Kendaraan Bermotornya) paling dua ratusan..

  35. Irsyad H. Goma berkata:

    Asslm…Mohon info mengenai tempat pembayaran Pajak Kenderaan Bermotor (Apakah pembayarannya hanya bisa melalui Samsat atau ada tempat pembayaran lain??/

    Mohon Penjelasannya

    rgds
    Irsyad H. Goma

  36. Ridwan berkata:

    nanya, kalo saya ada 2 motor .. tetapi motor pertama mau di balik nama sama org yg beli. apakah nanti motor kedua saya pajak progresiff 2% nya akan turun menjadi 1,5%.. thanks..

  37. hendra berkata:

    Pemutihan itu maksudnya gmn ya? Cm dendanya aja dihilangkan atau berikut pkb yg tertunggaknya dihilangkan juga? Jadi misalnya mobil ini telat bayar stnk 4 tahun, otomatis kan kena denda pkb 4 tahun dan SWDKLLJ 4 tahun jg, nah pertanyaan saya, apakah pemutihan itu jadi kita tinggal bayar baru lg? Jadi ibarat pokok pkb yg selama 4 tahun jg di hapus? Makasih kalo ada yg bs jelasin, karena saya ada baca yg diatas ada kasih perhitungan spt itu, yg menyatakan cm bayar denda 5 tahun SWDKLLJ denda 5 tahun pokok terakhir, berati pokoknya yg 5 tahun telat itu ga bayar donk? Kalau dihitung2 untung jg, ibarat kayak cm bayar 2 tahun pkb untuk nutupin 5 tahun. Tolong di jelasin ya makasih.

    • endra berkata:

      bro ane mo ambil motor lagi nih tp seblumnya ane dah punya 4 motor; yang pertama ane pake, yang kedua dah dijual, yang ketiga dah dijual, yang keempat di tarik deler nah rencananya ane mo ambil motor lg, yang pertama ane mo jual jga tp kalo mo ambil lg ane bingung pajak progresifnya. Ada solusi ga bro

  38. ichsan berkata:

    saya mau beli motor bekas nih tapi pajaknya telat bayar 7 thn pkb nya 185rb kiraa2 saya harus bayar berapa yaa?

  39. noel farro berkata:

    mas bro sya beli motor second vega r 2005 byar pajak sekalian balik nama kira2 brapa y ? PKB motor sya Rp. 115.500,maaf y nyuruh2 ngitung karna sy ga tau soal pajak ? mksh sebelumnya.

  40. rusti berkata:

    mas ridertua, bagaimana kalo perhitungan untuk mutasi mas?…misal: aku punya motor second 135cc dengan PKB Rp. 166.500 dan mau mutasi dari Jakarta ke Bekasi…dan bagaimana perhitungannya untuk mutasi kendaraan roda 4, apakah sama perhitungannya?
    Mohon penjelasannya mas ridertua….

    Thanks.
    Rusti

  41. heru berkata:

    makasih gan infonya sangat membantu..

  42. Jufiur berkata:

    Terimakasih Bro atas informasinya. Sangat membantu. :-)

  43. cokky berkata:

    Kalau beli bekas,, trz mau samsat ktp orang yang punya duluan diminta.. Lw gak punya (masalah). Pengalaman gw gtu. Gw dari bangli bali. Karna gak punya ktp orang to, kena calo 35ribu gw…. Gile kan!! Lw mau aduin ke mana ya???

  44. agus berkata:

    Bos… di stnk itu tertulis Rp. 99.000-an… trus bayarnya ke samsat berapa?
    soalnya beberapa kali saya bayar pajak kendaraan roda dua saya, tetap
    bedanya diatas 50.0000-an dari yang terteta. Apakah ada penyimpangan di
    oknum samsat? Mohon dijelaskan kemana saja di post kan biaya yang tidak
    tertera ini…

  45. Saprol St berkata:

    Salam semua… maaf rekan” saya baru posting dimilis ini. saya mau tanya ini untuk pajak tahunan motor, apakah kena pajak progresif juga ataw gmna..??
    Ada 3 motor (motor ke.1 sdh hilang) tp ternyata di SAMSAT masih ada, pdhal dulu sdh di urus di leasing dan asuransinya datanya..?? Kalo saya mau bayar pajak motor ke.2(PKB>Rp.117.000) telat 2 bln dan ke.3(PKB> Rp.230.000) apakah di kenai tarif progresif-nya, itungannya gmn mas bro yakh..?? Matur suwun…

  46. alvin berkata:

    Kalo stnk nya mati… Mau perpanjang gimana caranya?..trus perhitungannya kena brpa persen…? Telatnya uda 4 tahun… Makasih sebelumnya

  47. junet berkata:

    mohon info utk pajak scoopy dong gan…..?? sy bingung dg pajak scoopy sy yg berkisar di nominal >1,2jt/thn….yg sy tahu biaza pajak sepeda hny berkisar 200-300rb. mohon info ny gan…..??!!!! tq

  48. arsi cesya cengek berkata:

    4. Berikut adalah laporan penjualan kamar sebuah hotel di Cimahi
    penjualan kamar :
    jenis kamar jumlah hari harga/malam
    standar 40 450.000
    deluxe 90 550.000
    superior 60 600.000
    executive 65 700.000

    Hitunglah pajak hotel yang harus disetorkan ke kas daerah jika hotel tsb menggunakan self asessment !

    tolong bantuannya yah

  49. arsi cesya cengek berkata:

    5. Pada tanggal 1 Mei 2008, Bapak Asep membeli sebuah rumah :
    Luas bangunan 200 M2, berada diatas sebidang tanah hak milik seluas 500 M2 dengan harga perolehan sebesar Rp500.000.000,.
    Berdasarkan data SPPT PBB :
    NJOP tanah/bangunan tsb sebesar Rp.550.000.000,-
    Bila NPOPTKP ditentukan sebesar Rp. 50.000.000,-
    Berapa BPHTB yang harus dipenuhi oleh Bapak Asep ?

  50. arsi cesya cengek berkata:

    bales donk..

  51. rindu alam berkata:

    Kalo telat 4tahun gmn?

  52. rizal berkata:

    PKB untuk kendararaan escudo 1.590 cc th 2004, bagaimana cntoh cra prhitungannya?

  53. Fandy berkata:

    Bro kira” klo suzuki satria 2T ga bayar pajak 4 tahun qra” brpa bro abis’a ?

  54. ridertua berkata:

    Mohon maaf untuk pertanyaan yang belum saya jawab akan saya buatkan artikel tersendiri… maklum masih banyak kesibukan… intinya semua pertanyaan akan ditampung dulu…yang mirip2 akan saya kelompokkan thanks atas kunjungannya… silakan dilanjut bro… diskusinya… :)

  55. koko berkata:

    tanks mas..siip pokoke

  56. Kabulgrumbul berkata:

    Wah,,, jgan ampe telat ni,,

  57. poernawanboewana berkata:

    bro klw mati pajak 12 tahun gmn yak cr hitungnya,,…????

  58. januar berkata:

    Ak beli mbl pajak mati 1 tahun dan ak mau BBN, pajak jakarta timur, pajaknya Rp.383.000,-, berapa yang harus ak keluarkan untuk semuanya, mhn penjelasannya

  59. januar berkata:

    Saya beli mbl pajaknya mati 1 tahun, saya mau BBN dgn pajak setahunnya 383.000 per tahun, berapa saya harus bayar semuanya ?, tolong penjelasannya

  60. gan, mau tanya nih….
    motor china pajak mati dari oktober 2009. nah lokasi platnya bekasi
    gimana tuh gan ngitungnya kalo mau di hidupin lagi ampe sekarang..
    mohon pencerahan gan ..
    kena biaya berapa ya gan? :(

  61. STNK berlaku ampe oktober 2009. paja k juga ampe tanggal segitu gan.
    gimana ya gan?
    itung-itungannya gimana nih motor gan.. heheheh

  62. Rahmat Angger berkata:

    Kalau Perpanjang STNK Mobil tidak pakai KTP Tapi SIM Boleh Apa tidak Ya ?

    Thks
    Rahmat

  63. ya berkata:

    Banyakan nanya pada males ngitung . . . :-(

  64. blues motor berkata:

    izin copas ya gannnn > > :)

  65. abe berkata:

    pak rider, kalau pajak toyota soluna sama suzuki katana tinggian mana? ada daftar besaran pajak untuk beberapa jenis kendaraan? thanks

  66. arieh hadian berkata:

    pengen tau table pajak kendaraan roda 4….ada yg online ga…..!!!!

  67. Agus berkata:

    salam kenal pak bro, mau nanya nie. Kalo aku dah punya motor dngan nama dan alamat saya dn sya mo beli mobil dgn nama alamat saya lagi apa pajak mobil nanti di hitung progresif? Mhon balasanx thanks

  68. Ester Lynn berkata:

    salam pak, saya warganegara Malaysia, sudah bernikah dengan warga Indonesia (Bandung). Pertanyaaan saya berapakah Pajak yang akan dikenakan sekiranya saya membawa masuk mobil peribadi saya ke Indonesia dan bagaimanakah cara yang terbaik untuk berurusan. Mohon Balasannya. Terima Kasih.

  69. adhi berkata:

    salam solidaritas semua :

    hitungan pajak tahun lalu dengan tahun sekarang beda rumus
    1. klo tahun 2011 ke bawah rumusnya : (PKB*25%*Lama Bulan/12)+(32.000)
    PKB+35.000+JUMLAH DENDA = Rp ……..

    2. klo tahun 2012 sampai sekarang Rumusnya : (PKB*2% ( 2% Hitungan berkelipatan apabila telat 1 bulan dan seterusnya) )+(32.000)
    PKB+35.000+JUMLAH DENDA = Rp …..

    nah sekarang kalian bisa hitung dah berapa denda pajak kendaraan kalian yang harus di bayar

    Cukup pintar kan Orang pajak masa telat 1 bulan 2%, telat 2 bulan 4% dan seterusnya berkelipatan 2 aja…

  70. aan berkata:

    ass,,bro beat sy telat 2 tahun pajaknya, , ,kira2 sy byar brp yah. . ??

  71. Adriyus berkata:

    Salam pak bro, mau nanya ni, kalau pajak kenderaan bermotor terlambat bayar apakah kita bisa kena tilang oleh polisi lalu lintas, kalau kena tilang berarti kena denda dong, bukankah waktu perpanjangan pajak berikutnya kita juga kena denda pajak yang telat itu, apakah itu namanya denda berganda atau pajak berganda ? apakah kalau kena tilang kita harus bayar pajak lagi pajaknya ? mohon pencerahannya

    • ridertua berkata:

      Kalau menurut UU lalin gak ada kayaknya… kan kalau telat kita didenda oleh Pemda… kalau mengingatkan bolehlah… tapi kalau mau nilang karena telat pajak…pasal berapa..??? cmiiw

      • dhenoer berkata:

        di undang-undang lalu lintas tercantum jika “tidak dapat menunjukkan stnk yang sah”, itu ditilang.. masalahnya stnk yang pajaknya telat apakah masuk kategori tidak sah? padahal kan stnk-nya masih berlaku 5 tahun. yang diganti setiap tahun tuh adalah notice pajak. (mangkanya di plastik stnk ada 2 lembar). berdebat dengan polisi di jalanan urusan beginian mah anda pasti lah kalah. tetap ditilang, terus berargumen di pengadilan? mending damai aja deh.. :)

  72. Okta berkata:

    mau tanya gan….. saya pya sepeda motor merk cripton bru bli kmaren…..klo pajak mati 7 tahun + balik nama biayanya brapa ya…. mohon infonya

  73. hiro berkata:

    aku tadi bayar pajak katanya petugas ada kenaikan dari progresif .sarat sarat saya bw lengkap seperti biasa ktp asli bp saya sesuai nama yg tertera pada stnk .tapi kata petugas harus pakai surat kuasa padahal bp saya posisi di luar kota . mau bayar aja harus ngotot dulu pemerintah gemana sih ?? kalau ada aturan baru disosialisasikan dulu dok .lanjut cerita ahirnya boleh bayar tapi ktp aku sama bp di copy dulu . trus petugas menghitung 215 ribu rp trus aku suruh nunggulg .setelah di panggil di kasir kata petugas seratus senbilan puluh ribu.maksud saya setiap petugas punya rumus masing masing gitu . amat sangat parah samsat di cicadas bdg

    • dhenoer berkata:

      itu kan cara/perangkap supaya anda bayar lebih ke petugas yg merangkap calo.. orang-orang yang terlihat bingung suka bertanya-tanya itu yang akan dijadikan korban.. padahal ga kudu pemegang KTP asli yang ngurusi perpanjangan STNK, ga perlu juga bawa surat kuasa.. yang menghitung total pajak secara pasti yang anda bayarkan bukan petugas yang ada di luar, ataupun petugas berseragam polisi, mereka cuma bisa memperkirakan saja.

  74. siswanto berkata:

    saya pny jupiter mx thn 2008 bln juni beli second smp skrng feb 2012 brp jumlah pajak +denda ny yg hrs sy byrkan?trima ksh..!

  75. mabrur berkata:

    aku pnya kedraanroda 2 jenis bebek thn 2003 1oocc.tapi padasaat sya byar pajak ditulis pd buktipembayaran jd 125cc, yang mau saya tanya apakah sama pajak 100cc dng125cc? karna saya komplen dgn etugas? jwbnya kurangmemuaskan entah gmana merka melihat pd hal ikut
    bpkb asli ketika saya minta dietulkan ? jwaban kereka gak pas mohon bantua bapak,
    saya bayar pajak dsembr tapi realisasi januari 2012

  76. joelvien berkata:

    om..yg baik sy dikasih mtr honda grand 91 mati pajak 3 thn bulan 12..PKB 73500 SWDKLLJ 35000 sy mw balik nama..berapa yg harus sy byr pajaknya..makaci y om..

  77. Taufik Faisal berkata:

    gan motor saya supra fit thn 2005 BPKB masih nama org lain,pajak mati 21 maret 2011 PKBnya Rp 123000 klo saya mw bayar pajak & balik nama skalian di thn ini kira2 jd berapa ya pajak & bea balik nma’ayg harus saya bayar…?
    Depok,Jawa barat

  78. ray ginting berkata:

    Besok mau bayar pajak 5 tahun sekaligus sekalian ganti plat bk…
    Kira2 habis brapa tu ya…????? .medan…

  79. supandi berkata:

    saya mau tanya.saya punya motor mx135cc tahun 2007 dari awal beli belum bayar pajak
    berapa biaya yang harus saya siapkan.terimakasih

  80. Dewi Puspita Sari berkata:

    klu sy mtr supra x thn ’06 pkb 159.000, telat 2 thn. perhitungan nya gmn mmmmmmz, kira” abiz brp?

  81. Ragil berkata:

    gan… mau tanya nih… kalo misal jatuh tempo pajak saya bulan Desember 2011.. tp kita telat bayar smpe 6 bulan… jadinya di bln Juni 2012… trus jadinya nanti jatuh tempo berikutnya dihitung jadi Juni 2013 atau tetap Desember 2012…?
    mohon jawabannya ya gan… soalnya baru punya kendaraan n blm penglaman ky ginian.. hehe…
    Terimakasih…

  82. nurul berkata:

    met siang…
    saya kan kredit motor tahun pertama (2011) dan bulan april 2012 saya mau bayar pajak tahunan nah yg mau saya tanyain ada rincian :
    BBNKB = 980.000,-
    PKB = 147.000,-
    SWDKLLJ = 35.000,-
    Biaya adm stnk = 50.000,-
    Biaya adm TNKB = 30.000,-
    Total 1.242.000,-

    apakah saya harus bayar semua atau salah satu dari rincian diatas?? mohon pencerahaanya soalnya saya bingung dan pertama kali kredit motor. makasih untuk infonya.

    • Ragil berkata:

      bantu jawab ya gan…
      kebetulan sy baru kmaren byar pajak motor…hehe
      kalo bayar pajaknya belum telat… yg dibayar cuma PKB + SWDKLLJ = 147.000+35.000 = Rp 182.000
      tp klo dah telat akan dikenakan denda 2% perbulan dr PKB + Rp 32.000

      misal telat 2bulan jadi:
      PKB + SWDKLLJ + (PKB x2%)X2 + denda SWDKLLJ = 147.000+35.000+5.880+32.000 = Rp 219.880 (total bayar)

      note: itu adalah perhitungan di tempat sy membayar…. lain daerah mungkin akan sedikit beda tp kira2 nggak jauh2 dr angka diatas..

      smoga membantu…

  83. SISEMART berkata:

    Pak Bro mau sharing nih,
    Barusan habis bayar PKB baleno di Samsat Bandung Sukarno Hatta, tahun kemarin BBM PKBnya dikenakan 915.000 rp, tahu ini 2012 PKB menjadi 1.067.000 rp. didalam PKB tetulis MILIK KE : 1 : 1,75. Setahu saya Republik inii dasar hukumnya cuma dua UUD 45 ama Pancasila, dalam Pengenaan PKB ini apa ada dasar hukum lainnya ya?. Kira-kira bisa di share pak Brow?

    • ridertua berkata:

      pajak kan peraturan daerah to..??? :)

      • sisemart berkata:

        betul pak Brow, ternyata ada kenaikan Perda no 13 tahun 2011. Aku baru tau. Bagaimana kalo orang yg gak mau tau duite cekak mau baya kurang . apa gak malu ya?… Maklumat perdanya gak canggih pdahal udah jaman SMS bukan tulis surat lagi. Ada sarana SMS malah dipake gak bener! … lieur alias pusing. Makasih ah.

  84. wawantea berkata:

    Bro ridertua,
    Kapan ya wilayah Jateng ada pemutihan lagi. Trims sebelumnya.

  85. imma berkata:

    bro, apa benar sekarang samsat semarang lg ada pemutihan mutasi balik nama gratis. sampe tanggal berapa.trimaksh

  86. lukman berkata:

    misi gan, ane mau tanya pajak mtor ane mati thn 2009 s/d 2011 jd di hitung brp thn ya gan ? Mhn infonya , trims

  87. Neng berkata:

    kalau punya 2 motor atas nama yg sama tapi alamat nya beda,krn sdh pindah rumah, kena pajak progresif atau ga y?

  88. Abe berkata:

    Tuan” matur suwun info nya

  89. ujang berkata:

    Mbah ridertua..makasih bnyk infonya ya..mantap!!!

  90. edwant berkata:

    mas kalo punya 1 motor dan 1 mobil kena pajak progresif ga,,trs
    kendaraan pertama akan terkena pajak progresif sebesar 1,5 % x nilai jual,
    kendaraan kedua akan terkena pajak progresif sebesar 2% x nilai jual,
    kendaraan ketiga akan terkena pajak progresif sebesar 2,5% x nila jual,
    kendaraan keempat akan terkena pajak progresif 4% x nilai jual

    contoh: bro paijo punya motor bebek 100cc atas namanya… beli motor lagi 250cc (ke dua)dengan harga off the road/faktur (bukan harga dealer loh :) )= Rp20.000.000

    jadi BBN KB = Rp 20.000.000 x 10% = Rp 2.000.000

    PKB(prog)= Rp 2.000.000 x 20%=Rp 400.000

    jadi berlaku pajak progresif untuk motor kedua= Rp 400.000 ..padahal kalau tidak diberlakukan cuma bayar Rp 300.000

    ITU PKB NPA 20% YG 1,5% ITUNGNYA GMN,,MAKACI MAS

  91. edwant berkata:

    salam kenal mas

  92. Boska berkata:

    Kalau udah gak bayar pajak 3 tahun gimana cara hitung dendanya bos ..trims

  93. ani berkata:

    w telat bru sebulan,, mtor beat,,, cara itungnya sama kan yah?? ga kena denda ampe bnyak??

  94. ani berkata:

    mas,, misal pkb Rp 147.000,, SWDKLLJ Rp 35.000,, telat sebulan,, cara itung nya gimana mas?? trus saya bayar langsung ke samsat nya apa ke calo aja yah???? lebih baik gimana mas?? saya bingung,,,

    • ridertua berkata:

      Telat sebetulnya bukan “kesalahan” mungkin karena lupa…manusiawi… dan santai saja..itu sebuah resiko…bayar sesuai prosedur saja… kalau di calo sih emang gak repot… tapi kalau gak kenal resiko… langsung keloket samsat..belajar tanpa bantuan orang lain…ditanyakan… saya yakin gak besar kok dendanya… gak usah takut… gak dihukum kok :)

  95. yan berkata:

    trimakasih atas informasinya…..

  96. elman berkata:

    pak bro saya mau nnya 4 thun saya belum byar pajak
    yamaha vega r 08 jadi berapa
    n ditahun ini kapan ada pemutihan

  97. Arizal berkata:

    mas bro.. izin bertanya.. saya punya VESPA 75′ masa berlaku 15 jan 2008 telat 5 tahun sampai hari ini .. di STNK ditulis PKB = Rp 18.000 dan SWDKLLJ = Rp 35.000 nah yg saya maw tanya berapa saya musti bayar pajak saya?? kalo pindah nama jadi berapa??

    tadi siang saya tanya dlu ke SAMSAT Bandung Barat di jl. Pajajaran
    saya nanya sama pa Briptu JAMAL. setelah dihitung-hitung jumlah yang harus saya bayar sebesar Rp 850.500 !!! apa ga sakit tuh !!

    tolong minta pencerahannya! saya masih bingung..
    mana yg harus saya prcaya ?? pak JAMAL ato BLOG ini???

  98. Bobby berkata:

    “Cara menghitung Pajak Pemutihan JATENG ( Berlaku 1 Juni s/d 31 Juli 2012 )
    klo kendaraan roda 4 saya PKBnya 945 rb SWDKLLJ 143 rb habis juni 2009 dan sampai sekarang belum diperpanjang, perhitungannya gimana pak ? terkait dg pemutihan ini

  99. Haris Subagyo berkata:

    ni ku diksh mtr nouvo thn 2004, stnk berlaku sd 29 april 2009. pajak terakhir april 2007 jmlh yg hrs dibyr tiap th rp.167.500,- jd mhn infonya kira2 saya harus byr brp skr. trmksh

  100. Ichan berkata:

    Alhamdulillah… Trimakasih banyak atas infonya Gan…
    Trus terang kemaren sy sempet ngeluh dan bingung ngadepin polisi di bagian pendaftaran… Padahal saya sudah melakukan sesuai prosedur, mulai dari cek fisik sampai ke permohonan ganti BPKB, segala macam pormulir dan fotocopian sudah lengkap sy lampirkan dalam sebuah map, diantaranya :
    -potokopi KTP
    -potokopi BPKB
    -potokopi STNK+aslinya
    -potokopi faktur
    -KWITANSI JUAL BELI
    -PERMOHONAN ganti BPKB (udah bayar 150rb)
    -lampiran pemeriksaan dari loket cek fisik,.
    karena kebetulan saya mau BBN + bayar pajak motor supra x tahun 2002 yg sudah telat 5tahun… Dengan biaya PKB yg tertera dalam STNK sebesar Rp.133.500,- dan SWDKLLJ nya Sebesar Rp.22.000,-

    Sy bingung karena begitu sampai di bagian pendaftaran ternyata Pak Polisinya berkata “ini biayanya mencapai Rp.1.910.000,-” monggo…

    Kontan sy tercengang kaget, dan yg lebih kagetnya lagi sy suruh bayar di situ… Dia bilang “udah kamu bayar segini nanti biar sy yg urus”… Saya coba menolak karena sy ingin proses pembayaran pajak saya sesuai prosedur.. Tp dia beruasaha menahan saya dia katakan bahwa “BAYAR DI SAYA SAMA bayar di kasir juga sama aja, toh saya hanya sebagai PERANTARA saja” ujar nya menegaskan sambil tetap menahan berkas yg udah sy serahkan…

    Sejenak saya berfikir, apa salah saya sehingga saya tak boleh mengurusnya sendiri sesuai prosedur… Apa yg kurang hingga berkas saya hanya berhenti sampai bagian pendaftaran saja, tak bisa seperti yg lain masuk ke bagian pendataan, pengesahan, pembayaran dan berakhir di pengambilan STNK… Atau Mungkinkah ini oknum…

    Mohon pencerahan nya Gan.. Kebetulan pagi ini akan saya coba kembali ke SAMSAT untuk mengurusnya…

    Trima kasih sebelum nya…

  101. ian juan berkata:

    td pagi mau byar pajak d samsat ga jd.
    krna beda bgt sm htungan d blog ini.
    cb deh htung
    pkb 157000
    swdkllj 32000
    pajak mati 4 taun.
    di minta samsat 1jt.
    mn yg btul hitunganx.

  102. absoluterevo berkata:

    Abah ongkos ganti balik nama motor taun 2010 kira kira berapa ya?

  103. Ekonomi berkata:

    mantap sob infonya

  104. Ijar berkata:

    Sakam kenal,kendaraan yg sya beli adalah kendaraan ke4 dri pemilik pertama dngn pajak otomatis tinggi,trus aku blik nama ke aku,apakah pajak itu aku teruskan?tapikn kendran ini kendaraan pertama aku

  105. kure berkata:

    masbroo,, ane punya motor smash, jth tempo pajak 01 januari 2009, jth tempo pajak 2012,,
    Pkb: 131.250
    llj : 35.000
    Nah,ane mo bayar pajak nih,kan telatnye 4 taun ya.. itungan ane yg harus dibayar:
    denda pkb: 131.250×25%x4= 131.250
    Denda llj : 32.000×4 = 128.000
    pkb pokok : 131.250×4=525.000
    Llj : 35.000×4=140.000
    Jadi totalnya 924.250
    bener ga ya masbroo,, thx salaam kenal wass…

  106. kure berkata:

    masbroo,, ane punya motor smash, jth tempo pajak 01 januari 2009, jth tempo stnk 2013,,
    Pkb: 131.250
    llj : 35.000
    Nah,ane mo bayar pajak nih,kan telatnye 4 taun ya.. itungan ane yg harus dibayar:
    denda pkb: 131.250×25%x4= 131.250
    Denda llj : 32.000×4 = 128.000
    pkb pokok : 131.250×4=525.000
    Llj : 35.000×4=140.000
    Jadi totalnya 924.250
    bener ga ya masbroo,, thx salaam kenal wass…

  107. Dhe berkata:

    Yg pengen aku tau,klo cara penghitungan perpanjang stnk 1 taunan itu gmn?apa tinggal jumlahin pkb+swdkllj+adm+tnkb yg tertera di stnk??

  108. badia berkata:

    saya punya sepeda motor supra x 125 (nov 2008), jika saya perhitungkan nilai PKB sebesar 187.500(baru byr bln ini), maka nilai jual motor saya skrg 12.500.000 kan?.tapi kenyataannya jika saya jual ke pasaran belum tentu harganya laku segitu. jika memang laku segitu lebih baik saya jual saja. dan saya beli motor baru lagi. jika di pasaran saya cb jual bahkan mgkn antara 8-10jt. lantas dari mana ditentukannya harga jual pasaran menurut PKB dari samsat tersebut?

  109. adul berkata:

    pajak kendaraan bermotor sya yg lama 165.000 kenapa pas perpanjang pajak dan balik nama pajak bermotor saya menjadi 210.000.pas saya membayar pajak tersebut sedang ada program dari samsat…….?

  110. jona berkata:

    gini bang, motor ku mio 2007, aku termasuk tangan ke 2, jd tiap pajak aku selalu nembak ktp krn ga tau alamat org k 1. masalahnya skrg aku mo pajak 5 tahunan tapi udah telat 2 bulan. PKB Rp.138.300, SWDKLLJ nya 35000. lalu berapa total yang hrs aku bayar ….????? TOLONG DI BALAS PENTING BANGET….. MAKASIH BWANYAK BANG….!!!!!!!

  111. rizqy berkata:

    Bang, ane orang ke-2, KTP dan STNKnya atas nama orang ke-1. Ane di kota A, terus Orang ke-1 di kota B. Cara bayar pajaknya gimana ya bang?

  112. rizqy berkata:

    Bang, ane orang ke-1, tapi KTP dan STNK punya orang ke-2 (belum balik nama). Ane tinggal di kota A, terus orang ke-2 tinggal di kota B. Cara bayar pajaknya gimana ya bang?

  113. wow berkata:

    Mau tanya mas.
    kalau motor 250cc, rata-rata berapa biaya pajaknya ?
    thanks

  114. Billy berkata:

    Beda kk tapi alamat sama apa dikenakan pajak progresif ?

  115. aguistu berkata:

    Saya punya motor yamaha Scorpio tahun 2007 sampai sekarang (2013) di kota Tangerang,belum pernah pajak motor,kalau saya ada uang kira kira biaya buat pajak motor berapa yah,,,terima kasih

  116. Mahezda lilis berkata:

    salam kenal dari saya :)..
    saya mo naya ne, apakah disetiap provinsi di indonesia ne, perhitungan PKB nya sama ???
    dan bagaimana rumus untuk menghitung pajak PKB ne..???

  117. raden mas citto berkata:

    pengen tanya kalo mo pajek motor cripton ,th 96,udh mati pajak 6th,kira kira kalo mau dpajekin habis brapa dwt ya????

  118. kakaimey berkata:

    terus pajk yan seabreg gitu dikemanain? kalau buat jalan… banyak yang bolong dan jelek2, kalau buat rakyat…. rakyat yang mana?

  119. dony berkata:

    nek ga dibayar apa hukumnya mas?

  120. Letterman berkata:

    Cara ngurus’e sich gampang mas broww…!
    Tp petugas’e koyok iblis ngunu,.. Judees pooll..
    Mentolo tak sawat sepeda motor ae jitok’e….

  121. I am curious to find out what blog system you’re working with? I’m having some small security problems with my latest website and I’d like to find something more safe. Do you have any solutions?

  122. Logan berkata:

    Mas Bro / Mbak Sis, kalo harga yang dibrosur2 dealer kan itu udah termasuk BBN-KB & PKB ya (On The Road)?? Trus caranya hitung mundur gimana (menentukan harga Off The Road)?? (cmiiw)…

  123. martinus berkata:

    Punya aq pajak nye mati 2 tahun penhitungan nye gi mna tu pak?????

  124. Maskus berkata:

    DH
    Saya bermaksud untuk melaksanakan BBN sepeda motor bekas yang baru saya beli, yang pajaknya masih berlaku hingga 10-2014. Apakah kalau saya melaksanakan BBN pada bulan Desember 2013, pajaknya akan dihitung dan harus dibayar kembali? dan apakah betul memerlukan proses dengan waktu 6 bulan lamanya? Mohon informasi, pencerahan dan terima kasih sebelumnya.

  125. irinsugiarti berkata:

    sya mau tanya ,
    sya punya motor lama 1
    sya beli baru 1
    keduanya atas nama sya,,
    motor baru sya STNK dan PLAT bru turun hari ini,,
    dan tadi orang marketingnya minta uang pajak Progresif 66000,
    apa benar pembayaran pajak Progresif itu dibayarkan saat STNK baru turun ?
    atau dibayarkan tahun depan saat pembayaran pajak tahunan ?..
    mohon infonya untuk pembayarannya bagaimana ??..

    trims.

  126. Mr Anderson berkata:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ? Jika ya hubungi kami di (georgeanderson.loanfirm255@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut .

    menawarkan pinjaman

  127. tri yogo berkata:

    (Rp232.000 x 25% x 6/12 )+(Rp 32.000) = Rp 61.000 yang Rp 32.000 biaya apa ini gan??

  128. penghapus tato berkata:

    Gan bagai mana cara mengetahui pajak yang harus di bayar ,motor vg zr 2012 tapi udah mati setahun gmana?mohon penjelsanya.terima kasih

  129. min kalo honda beat september 2012 kira2 bayar pajaknya berapa tuhh ?

  130. Barjo berkata:

    Kalo telat 3 bulan ya beli tespack aja mas..

  131. yusuf berkata:

    NUMPANG TANYA BANG!
    saya beli mtor sekond , pajak telat 6 tahun.. plat B,,, saya pngen ubah jadi plat F,,,dan sekalian balik nama? kira2 berapa ya uang yg harus saya keluarkan,,, PKB Rp. 150rb

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s