Categories: MotoGP

Bos Dorna : Tidak Ada Lagi GP Portimao di 2024?

RiderTua.com – Di balapan pembuka musim di Portimao, Dorna mendapatkan pengalaman perdana dengan format baru sprint MotoGP yang digelar pada hari Sabtu pukul 3 sore (setengah jarak dan setengah poin) yang ternyata membawa konsekuensi bagi balapan selanjutnya di GP Argentina. Misalnya, tidak akan ada lagi wawancara TV dengan pembalap setelah kualifikasi 2.

Bos Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan, “Kami melihat bahwa para pembalap bahkan tidak punya waktu untuk makan siang ketika mereka memberikan wawancara setelah Q2. Kami kemudian mengatakan bahwa hal terpenting pada hari Sabtu adalah sprint. Itulah mengapa kami memutuskan pada hari yang sama usai sprint race pertama untuk memberikan waktu istirahat bagi pembalap MotoGP setelah Q2. Kami selalu memperbaiki situasi seperti itu dengan sangat cepat jika gagal.”

Bos Dorna: Tidak Ada Lagi GP Portimao di 2024?

Sebagian pebalap juga mengeluh, karena sesi latihan MotoGP kini selalu diadakan (juga di Eropa dan Sabtu pagi) usai sesi latihan bebas Moto3 dan sebelum sesi Moto2 bukan setelah dua kelas tersebut seperti sebelumnya.

Alhasil, FP3 MotoGP di Portugal digelar pada pukul 10.10 pagi namun kompetisi dimulai pada pukul 15.20. Jadi pada jam 10 pagi, kita tidak dapat menguji set-up balapan karena perbedaan suhu. Sehingga beberapa pembalap sama sekali tidak mau ambil bagian, lebih memilih menghemat waktu tempuh motor dan menghindari risiko terjatuh yang tidak perlu.

Sekali lagi Dorna akan memantau situasi lebih lanjut, karena jadwal tidak ditetapkan untuk sepanjang tahun (bisa berubah melihat situasinya). “Kami punya beberapa ide. Jika timbul masalah, kami akan menyelesaikannya,”imbuh Ezpeleta meyakinkan.

Jika Gravel Trap Tidak Diperbaiki, Portimao akan Dihapus dari Kelender 2024?

Akhir pekan lalu juga dikonfirmasi bahwa operator sirkuit Portimao hanya melakukan perbaikan kecil-kecolan pada gravel trap yang tidak sesuai usai crash yang dialami Fabio Di Giannantonio, sesuatu yang telah kita dilihat melalui tes Moto3 dan Moto2 akhir pekan sebelum foto-foto dipublikasikan.

Batu-batu seukuran telur tidak dipindahkan, tetapi hanya diisi lagi dengan beberapa truk kerikil. Tinggi lapisan kerikil kemudian tambah menjadi 3 cm. Namun, peraturan jelas disebutkan bahwa membutuhkan lapisan kerikil setinggi 25 cm!

1000 Maaf dan Absen, Marc Marquez Tak Akan Lolos dari Hukuman!

Oleh karena itu, kondisi lapisan kerikil di awal musim menjadi penyebab banyaknya pembalap yang terjatuh. Pol Espargaro, Luca Marini, dan lainnya menjadi korban.

“Kecuali jika keadaan lapisan kerikil benar-benar berubah, kami tidak akan mengadakan balapan MotoGP di sini tahun depan. Itu cukup jelas,” tegas Carmelo Ezpeleta.

“Dengan situasi saat ini, yang memakan banyak korban, Portimao 2024 tidak akan mendapat tempat di kalender. Kami memiliki cukup banyak permintaan dari negara dan sirkuit lain. Saya menjelaskannya dengan sangat jelas kepada Portugal,” lanjut bos Dorna asal Spanyol itu.

Dorna bahkan dengan tegas meminta promotor GP Portimao memperbaiki kondisi gravel trap sebelum balapan Kejuaraan Dunia Superbike (29 September hingga 1 Oktober) mendatang.

“Tanpa gravel trap yang mematuhi peraturan, Autodromo tidak akan menerima homologasi Grade A untuk tahun 2024, jadi tidak bisa masuk kalender GP,” pungkas Carmelo Ezpeleta tegas.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024

Hyundai Umumkan Recall Mobil Listriknya, Indonesia Termasuk?

RiderTua.com - Sebelumnya Hyundai mengumumkan penarikan ratusan ribu unit mobil listriknya di Korea Selatan setelah ditemukan adanya cacat produksi. Tidak…

28 Maret 2024

Marc Marquez : Saya Suka Mengejar Acosta

RiderTua.com -  Marc Marquez suka saat 'duel' dengan pembalap baru Pedro Acosta.. Meski berstatus rookie, Acosta menjalani debut MotoGP nya…

28 Maret 2024