Categories: MotoGPSuperbike

Alvaro Bautista Menyelamatkan Ducati dari Ke’gila’an

RiderTua.com – Alvaro Bautista menampilkan performa kuat pada balapan pertama Superbike 2023 di tengah hujan di Phillip Island. Disaat pembalap lain tegang, rider tim Aruba Ducati itu adalah satu-satunya pembalap yang selalu tampil tenang.

Dalam kondisi yang lebih sejuk dengan suhu 20 derajat Celcius, Bautista selalu menjadi yang terbaik dalam flying lap di Australia. Pembalap berusia 38 tahun itu unggul pada latihan hari Jumat ketika suhunya mencapai 33 derajat. Dan saat turun hujan di balapan pertama pada hari Sabtu, sang juara dunia juga tak terkalahkan.

Alvaro Bautista Menyelamatkan Ducati dari Ke’gila’an

Jonathan Rea (ahli dalam balapan hujan dengan Kawasaki) mampu memimpin 9 lap pertama. Tapi akhirnya pemegang rekor juara dunia itu tidak ada apa-apanya ketika melawan pembalap nomor 1 saat ini.

Setelah tes pramusim di Jerez, Portimao dan Phillip Island dan balapan pertama di Phillip Island, dapat dikatakan bahwa kombinasi antara Ducati Panigale V4R dan Alvaro Bautista mampu bekerja dengan sangat baik di segala kondisi.

Bautista mengalahkan Rea dengan 3,472 detik (finis ke-2) dan Toprak Razgatlioglu (finis ke-3) dengan 6,168 detik selama 22 lap. Ada gap besar di belakang ketiganya, Andrea Locatelli (Yamaha) finis di posisi ke-4 kalah lebih dari 16 detik!

Bautista mengatakan, “Saat saya masuk ke lap formasi dan melaju di belakang pembalap lain, saya langsung menerima banyak cipratan air. Aku tidak bisa melihat apa-apa. Jadi saya berkata pada diri sendiri di grid awal bahwa saya harus start dengan baik sehingga saya tidak ada siapa pun di depan saya. Saya ingin pandangan yang jelas.”

Hasil Race 2 WSBK Australia:

Bautista start dari posisi ke-2 di grid, Toprak Razgatlioglu mengamankan pole position dan pendatang baru Domi Aegerter secara mengejutkan menempati posisi ke-3. Pembalap Ducati itu langsung memimpin, namun disalip oleh Rea di lap pertama. “Kemudian saya mencoba untuk tetap tenang dan tidak melakukan kesalahan apapun,” kata Alvaro.

“Setelah beberapa lap saya menyadari bahwa kecepatan kami mirip. Di beberapa tempat saya tidak bisa melihat apa-apa kecuali lampu merah dari motornya, semprotan airnya berbahaya. Jadi saya mencoba untuk memimpin tetapi tidak memperkirakan bisa melaju jauh. Hanya saja saya melihat sesuatu dan menghindari risiko ekstra. Dari tengah balapan, lintasan menjadi semakin licin dan sulit, dan saya mengalami beberapa momen shock. Saya beruntung bisa mengendalikannya,” jelas Bautista.

Bautista tidak begitu memperhatikan keunggulannya atas Rea dan melanjutkan ritmenya. “Terkadang kita memulai lebih dulu, santai dan membuat kesalahan karena itu,” kata rider berusia 38 tahun itu.

“Tapi kita tidak boleh membuat kesalahan dalam kondisi seperti itu. Dalam lima lap terakhir saya tidak bisa melaju dengan kecepatan penuh setelah gigi empat. Saat trek mengering, tapak ban hujan menutup dan motor meluncur begitu saja. Memasuki situasi seperti itu, kita tidak dapat menolaknya, itu membuatnya semakin buruk. Kita hanya perlu membiarkan motornya berjalan dan berdansa dengannya,” imbuh Bautista sambil tersenyum.

Setelah perubahan cuaca, sebelum start banyak pembalap yang terlihat tegang sementara pembalap yang lain tersenyum kecil karena merasakan peluang mereka, Bautista malah tenang-tenang saja.

Rekan setim Michael Rinaldi itu melanjutkan, “Semua orang di pit sangat bersemangat. Manajer tim Serafino Foti berbicara dengan pemenang Supersport Bulega dan memberi tahu saya bahwa trek benar-benar basah. Saya berkata kepada Serafino ‘tetap tenang’. Saya adalah yang paling tenang di dalam garasi.”

“Semua orang ingin mengubah ini dan itu, terus-menerus melihat ramalan cuaca dan ingin tahu kapan hujan akan turun. Saya berkata ‘tetap tenang, ini adalah balapan pertama musim ini’. Satu-satunya hal yang dapat kita lakukan pada saat seperti ini adalah tetap tenang dan mencoba memahami seberapa banyak kita dapat ngepush,” pungkas Alvaro Bautista.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024