Categories: MotoGP

Aprilia Berharap Red Bull Mau Jadi Sponsor Utama

Aprilia Racing RiderTua.com – Direktur balap Aprilia Massimo Rivola memiliki kekhawatiran tersendiri meskipun sudah merengkuh kesuksesan musim ini. Kini dia mencari sponsor utama dan terbersit ide untuk mendekati Red Bull. Selain itu bos asal Italia itu juga menganjurkan pembatasan anggaran seperti di Formula 1. Sebagai informasi, Aprilia Racing kembali ke MotoGP pada tahun 2015, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa basis keuangan tim tidak pernah sekuat para pesaingnya mulai dari Honda, Ducati atau KTM. Karena kurangnya sponsor utama yang kuat secara finansial, sehingga pemilik grup Piaggio Roberto Colaninno sebagian besar mengeluarkan anggaran untuk MotoGP dari kantongnya sendiri. Karena proyek GP ini kemungkinan akan menelan dana 20 hingga 30 juta (Rp 300-455 miliar) per tahun.

Aprilia Berharap Red Bull Mau Jadi Sponsor Utama

Direktur Teknis Romano Albesiano dan manajer tim Aprilia hari ini Paolo Bonora tampaknya ingin menggaet Red Bull sebagai sponsor utama, seperti ketika KTM memasuki MotoGP pada tahun 2017. Dimana mereka mendukung kegiatan balap KTM dengan menggelontorkan dana sekitar 10 juta euro (Rp 152 miliar) per tahun pada saat itu, dan juga mendukung KTM Tech3 pada tahun 2019 sebagai tim satelit.

Massimo Rivola yang telah menjabat sebagai direktur balap di Aprilia Racing sejak Januari 2019, juga menginginkan pemodal terkenal untuk mendukung mereka. Pertanyaannya, apakah hasil besar di musim 2022 ini akan menarik sponsor untuk berpartisipasi? Hal ini belum dapat dijawab secara meyakinkan.

BTW, Aprilia Racing adalah satu-satunya tim pabrikan tanpa sponsor utama dan nama sponsor. Itu sebabnya Aprilia selalu terlihat iri pada KTM. “Ya, kami tidak punya sponsor utama,” tegas Massimo Rivola.

Bisakah itu berubah untuk 2023, setelah menorehkan hasil luar biasa musim ini? Dimana gelar dunia pembalap masih dalam jangkauan Aleix Espargaro. “Saya harus memberi anda jawaban berikut, sekarang kami harus menghapus sponsor utama. Saya dapat melaporkan, sponsor teratas bangun dan mencari kami. Itu pertanda baik,” ujar Rivola.

Rivola menambahkan, “Saya sangat berharap kita menemukan satu. Jika kita ingin tetap kompetitif, kita membutuhkan anggaran yang sesuai. Ketika kita berbicara tentang topik ini, kita juga harus menyebutkan bahwa batas anggaran telah diputuskan di Formula 1. FIA mempunyai struktur yang diperlukan dengan pejabat yang kompeten yang secara profesional mengendalikan anggaran tim. Mungkin masih ada celah, tetapi biaya operasional tim Formula 1 turun.”

“Pada 2022 tim F1 harus menganggarkan dana 140 juta dolar AS (Rp 2 triliun). Tetapi ada banyak item anggaran yang tidak termasuk di sini, mula dari biaya pemasaran hingga gaji pembalap. Bahkan tim-tim papan atas bisa menghabiskan 500 juta dolar AS (Rp 7,4 triliun). Dan Mercedes mempekerjakan 2.000 orang, 1.000 karyawan di departemen mesin saja. Meski demikian, kami harus mendiskusikan di MotoGP, apakah sistem ‘budget cap’ ini juga bisa menjadi pilihan bagi kami,” lanjutnya.

“Kemudian kita dapat berbicara tentang melarang semua alat dan perangkat super ini yang hanya menaikkan anggaran. Kita juga harus berbicara tentang pembatasan aerodinamis baru. Aprilia sangat kuat di area ini. Tetapi untuk kepentingan kejuaraan dan bisnis inti kami yaitu produksi seri, kami harus menjaga anggaran tetap rendah.”

Tetapi akan sulit untuk meyakinkan Gigi Dall’Igna tentang ide-ide ini. Jika Aprilia mempunyai cukup uang dan motor yang kuat, kita tidak ingin apa pun diambil dari kita. “Ya, Audi Group jelas memiliki lebih banyak kelonggaran ketimbang kami,” jawab Rivola sambil tertawa.

“Namun pada akhirnya, jika kita tampilkan dengan baik, olahraga ini bisa bertahan. Saat ini tidak ada yang bisa mengeluh tentang kualitas balapan. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk menjaga tingkat performa semua orang yang terlibat pada tingkat yang sama. Jika satu pabrikan dapat berinvestasi lebih banyak ketimbang yang lain, dan saya tidak hanya berbicara tentang Ducati, mungkin tim lain dapat berinvestasi lebih banyak, maka itu menjadi sedikit tidak adil,” imbuh Rivola.

Rivola melanjutkan, “Kondisi yang sama atau serupa harus berlaku untuk para desainer. Mereka tidak harus identik, tetapi serupa. Tim satelit kemudian berkontribusi dengan motor yang kuat untuk membuat tontonan lebih menarik, untuk memperbesar jumlah starter di lintasan dan mengembangkan pembalap muda. Saat kita memandang ke depan untuk masa depan kita, kita harus memberikan pemikiran serius untuk pengendalian anggaran.”

“Aprilia juga akan terbantu jika RS-GP bisa mendongkrak penjualan motor. Mereka tampaknya sangat kecil sehingga jumlah unit yang terjual tidak lagi dikomunikasikan di Grup Piaggio. Kita melihat semakin sedikit dealer Aprilia, rangkaian produk dikritik.
Mari kita lihat bagaimana kesuksesan MotoGP kami mempengaruhi penjualan.”

“Tentu saja kami harus tetap kompetitif, lalu kami akan tetap menjadi bagian dari permainan. Sejauh ini kami belum menjadi ‘bagian dari permainan’. Itu sebabnya konsumen memandang kami secara berbeda.”

Berapa banyak model yang ditawarkan Aprilia kepada konsumen? “Kami mempunyai 3 model 660cc yang berbeda, jadi versi naked, mesin sport, dan model touring. Kami juga memiliki dua mesin V4 dan sepeda motor kecil 125cc. Beberapa model lagi akan segera diperkenalkan,” jawab Rivola.

Di Italia ada banyak sekali perusahaan yang beriklan di bidang olahraga. Seharusnya dimungkinkan untuk menemukan perusahaan yang secara aktif mendukung Aprilia. Atau di Spanyol, terima kasih kepada pembalap Spanyol Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

“Ya, kami sedang dalam pembicaraan. Perlu juga dipertimbangkan apakah Grup Red Bull mendukung tim teratas kedua, seperti di Formula 1. Aprilia bisa menjadi tim Alpha Tauri MotoGP untuk Mr. Mateschitz,” pungkas Rivola sambil tersenyum.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024