Dulu Tak Dianggap, Kini Toprak ‘Permalukan’ Kawasaki dengan Triple Crown

RiderTua.com – Sejak 2015, Kawasaki selalu memenangkan kejuaraan pembalap dan konstruktor di Kejuaraan Dunia Superbike. Toprak Razgatlioglu pernah menjadi harapan Kawasaki. Namun ketika pembalap berusia 25 tahun itu dipanggil sebagai pembalap di ajang bergengsi ‘Suzuka 8H’ 2019 (tetapi ternyata tidak digunakan dalam balapan) mentor sekaligus manajernya Kenan Sofuoglu marah dan memindahkannya ke tim pabrikan PATA Yamaha untuk tahun 2020. Kolaborasi itu dengan cepat membuahkan hasil. 3 kemenangan dan 9 podium di tahun pertama. Dan tahun ini, Razgatlioglu mengakhiri rentetan kemenangan tak tertandingi dari Kawasaki dan Jonathan Rea dari 6 kejuaraan dunia berturut-turut sejak 2015!.. Kawasaki yang dulu ‘seolah’ mengabaikan Toprak kini tertunduk pasrah dengan triple crown Yamaha yang dikawal Toprak Razgatlioglu…

Toprak Razgatlioglu Permalukan Kawasaki dengan Triple Crown

Paling tidak Toprak Razgatlioglu terbukti sebagus rekor juara dunia dalam segala hal. Dengan 13 kemenangan, 29 podium, 3 pole position, dan 9 lap balapan tercepat, Razgatlioglu sukses merengkuh Kejuaraan Dunia Superbike 2021. Tingkat kesalahannya, nol! Amazing! Tiga kegagalan yang pernah dialaminya juga bukan karena kesalahan Toprak.

Rekor Rea hanya jauh lebih buruk dalam satu statistik, pembalap asal Irlandia Utara itu mengalami 4 kali crash!

Ketika pembalap Yamaha itu mencopot mahkota Rea dari kejuaraan dunia dengan menempati posisi ke-2 di balapan akhir musim di Sirkuit Mandalika, pemegang rekor juara dunia itu adalah salah satu yang pertama memberi selamat. Di Parc Ferme, banyak orang berpakaian hijau (Kawasaki) menepuk bahu Razgatlioglu. Kita dapat merasakan dan melihat, musim telah berakhir dan genderang perang pun terhenti.

Beberapa menit setelah melewati garis finis, Kawasaki pun ikut memberikan ucapan selamat di media sosial, “Sungguh musim yang kuat, balapan yang hebat. Selamat kepada Toprak Razgatlioglu dan Yamaha, yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 2021.”

Yamaha benar-benar menundukkan Kawasaki di semua kategori. Juara dunia pembalap, pabrikan, dan tim dimenangkan oleh pabrikan berlogo garpu tala bersilangan itu. Dengan Garrett Gerloff, Yamaha juga menyabet pembalap tim satelit terbaik. Kawasaki terakhir kali memenangkan kejuaraan ini pada tahun 2019, dengan Toprak Razgatlioglu.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives