Categories: MotoGP

Acosta Mirip Marquez dari Sisi Apanya?

RiderTua.com – Pemilik tim asal Finlandia Aki Ajo dan pembalapnya telah merebut tidak kurang dari 6 gelar dunia dan 99 kemenangan GP sejak tahun 2003. Ajo Motorsport merayakan kemenangan GP ke-100 setelah GP Austria. Bos tim Aki Ajo mengakui kesamaan antara Pedro Acosta dan Marc Marquez. Dan dia juga menjelaskan kelebihan runner-up Kejuaraan Dunia Moto2, Raul Fernandez. Apa yang mirip antara Marc dan Acosta?

Acosta Mirip Marquez dari Sisi Apanya?

Tim Red Bull KTM-Ajo sudah merayakan kemenangan dengan ke-4 pembalap di musim 2021. Jaume Masia (1 kali), Pedro Acosta (5 kali), Raul Fernandez (4 kali) dan Remy Gardner (4 kali) memenangkan dua Kejuaraan Dunia kelas kecil sudah mengamankan 14 dari 24 kemungkinan kemenangan… Selain itu, Acosta memimpin di Kejuaraan Dunia Moto3 dengan 46 poin di depan Garcia. Sementara Gardner yang tampil meyakinkan, 44 poin di depan rekan setimnya Fernandez di Moto2.

Ajo Motorsport kemungkinan besar akan memenangkan gelar juara dunia kedua pembalap pada 2021, seperti pada 2016 bersama Brad Binder dan Johann Zarco.

Ajo juga telah berhasil mencetak bakat pembalap kuat dengan Miguel Oliveira dan Brad Binder untuk KTM MotoGP. Sekarang dia mengantarkan Gardner dan Fernandez ke tim KTM Tech3 untuk 2022.

Bukan rahasia lagi bahwa rookies Acosta (dia memenangkan Rookies Cup pada tahun 2020 pada usia 16 tahun) dan Fernandez melebihi semua ekspektasi. Seperti halnya Gardner (kemenangan GP pertama di balapan final 2020 di Portimao bersama Kalex tim SAG ) telah meningkat pesat.

“Kami baru memutuskan di GP Aragon Oktober lalu untuk mempromosikan Raul ke Kejuaraan Dunia Moto2 pada usia 19 tahun. Tidak ada yang menyangka dia akan memulai dengan baik di Moto2. Tapi saya selalu sangat menghargainya, itulah sebabnya 2 tahun lalu saya menunggu begitu lama untuk melihat, apakah dia bisa datang kepada kami dari tim Aspar di Kejuaraan Dunia Moto3 atau tidak,” ujar Aki Ajo.

“Saya juga harus mengungkapkan, bahwa tidak mudah baginya mengawali musim di Moto3 pada tahun 2020. Dia cepat tetapi butuh beberapa waktu untuk menunjukkan balapan yang solid. Tapi di akhir musim dia memenangkan 2 balapan. Dan Raul membawa momentum ini bersamanya ke Kejuaraan Dunia Moto2.”

Pedro Acosta Selalu Dibandingkan dengan Marc Marquez Muda

Tetapi Raul Fernandez juga punya masa depan yang cerah di depannya, seperti yang diamini oleh banyak bos tim. Bukan tanpa alasan Petronas-Yamaha ingin membelinya dari kontrak KTM untuk 2022, dengan harga lebih dari 500.000 euro (Rp 8,5 miliar).

“Setiap pembalap berbeda dari yang lain. Tapi mungkin saya melihat lebih banyak kesamaan antara Pedro dan Marc,” pendapat Aki Ajo, yang memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc bersama Marquez pada 2010.

“Tapi saya tidak suka membandingkan pembalap. Kejuaraan Dunia 125cc adalah era yang sama sekali berbeda. Tapi bagi saya, Pedro sudah berpikir sangat dewasa pada usia 17 tahun. Dia mirip dengan Marc saat itu. Itu terlihat sedikit berbeda dengan Raul. Dulu, perjalanannya menuju puncak sedikit bergelombang, meskipun dia memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 Junior pada tahun 2018. Tapi tidak diragukan lagi, dia adalah bakat yang hebat. Cara dia beraksi di lintasan pada usia 20 tahun dan cara dia bekerja dengan tim sangat profesional.”

Tapi saat di Mugello, Raul Fernandez telah mengatakan kepada KTM bahwa dia ingin mengikuti musim Moto2 lagi pada 2022. Karena Remy Gardner jelas memimpin di Kejuaraan Dunia, pembalap asal Spanyol itu ingin merebut gelar tahun depan.

“Selalu sulit bagi seorang pembalap untuk memutuskan di awal musim, apakah akan pindah ke kelas yang lebih tinggi atau tidak. Raul telah mengambil langkah besar di tahun 2020. Sekarang dia kembali meningkat pesat di Moto2. Jadi wajar jika setiap orang yang terlibat sulit membuat keputusan tentang masa depan. Raul tidak menjelaskan dengan jelas di Mugello bahwa dia ingin bertahan di Moto2. Tapi ada spekulasi ini. Dan karena pasar pembalap bergerak lebih awal di musim ini, keputusan juga harus dibuat lebih awal. Dan di musim panas Raul memutuskan untuk pindah ke MotoGP. Dan itu terjadi sekarang.”

Ajo juga memuji pemimpin Kejuaraan Dunia Moto2 Remy Gardner. “Dia menjadi sangat dewasa dan mentalnya lebih kuat,” pungkas bos tim yang sukses ini.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024