Categories: MotoGP

Mike Leitner: Dani Pedrosa Berperan dalam Pengembangan Honda

RiderTua.com – Mike Leitner yang telah membangun proyek MotoGP di KTM Factory Racing sejak 2015, sebelumnya adalah kepala kru Dani Pedrosa (250 cc dan MotoGP) selama 11 tahun. Persahabatan dan saling menghormati yang dihasilkan memberikan kontribusi signifikan terhadap fakta bahwa Dani Pedrosa, seorang veteran Honda, dipekerjakan Red Bull-KTM sebagai tes rider ‘premium’ setelah pensiun dari Repsol-Honda pada akhir 2018. Banyak ahli menilai bahwa keterampilan Pedrosa sebagai rider pengembangan sangat rendah di Honda. Leitner tidak setuju dengan pendapat itu. “Dani selalu terlibat dalam pengembangan MotoGP Honda,” kata bos pabrikan asal Austria itu yang bersama-sama bertanggung jawab atas 28 dari 31 kemenangan MotoGP pembalap asal Spanyol itu. Dan KTM baru saja mengkonfirmasi wildcard untuk Dani di GP Spielberg pada 8 Agustus.

Mike Leitner: Dani Pedrosa Berperan dalam Pengembangan Honda

Sekarang KTM telah mengkonfirmasi comeback-nya juara dunia tiga kali (125 cc pada 2003 dan 250 cc pada 2004 dan 2005) sebagai pembalap dengan fasilitas wildcard, yang telah terbukti sangat berperan bagi kebangkitan KTM mulai 2019.

“Dani tidak lagi menolak balapan. Tapi itu hanya akan terjadi ketika kami punya materi 2022 siap yang ingin kami uji di balapan dalam kondisi kompetitif,” ungkap Mike Leitner pada Maret 2021.

Sementara itu, keikutsertaan rider berusia 35 tahun itu di GP Styrian pada 8 Agustus telah dikonfirmasi. Sebagai rider berbobot ringan dengan berat 58 hingga 60 kg, Pedrosa tentu punya ‘kartu bagus’ di Red Bull Ring dengan banyak fase akselerasi dan pengereman.

Tapi jika lawannya berpikir bahwa Dani Pedrosa adalah satu-satunya pembalap yang diuntungkan karena rajin melakukan tes di Spielberg pada 2021, maka itu adalah kesalahan. “Karena trek uji kami adalah Aragon, Jerez, dan Misano,” kata Manajer Balap KTM Mike Leitner.

Artinya, KTM tidak diperbolehkan melakukan tes di Red Bull Ring sebelum dua balapan. Regulasi ini mencegah tim pabrikan kaya mengirim tes rider mereka ke setiap trek, setidaknya di Eropa sebelum balapan, untuk menyiapkan motor sehingga jelas punya keuntungan.

Keuntungan Dani Balapan Lagi apa?

Apa untungnya bagi KTM jika Dani Pedrosa ambil bagian di GP Styria, setelah istirahat dari balapan selama 955 hari? Apakah hasilnya dihitung? Atau dia berkonsentrasi pada pengembangan mesin pabrik 2022?.. Mike berkata, “Dani telah mencapai banyak hal dalam pengembangan KTM lebih lanjut. Itu jelas. Pada 2019, sejak kali pertama dia dengan jelas mengidentifikasi dan menyebutkan titik-titik lemah kami. Dia memberi tahu kami dengan tepat di mana dia menginginkan perubahan, yang banyak membantu kami dengan proyek kami pada tahap awal ini.”

“Tentu saja, kami kemudian harus menemukan solusi teknis yang tepat. Tapi itu sangat membantu ketika tes rider membuat komentar yang tepat seperti itu.”

“Kami akan mengambil hasil balapan Dani sebagaimana adanya. Tentu akan sedikit mengecewakan jika kami punya harapan yang tinggi untuk hasil yang ditorehkannya, setelah istirahat panjang dari balapan. Tapi Dani adalah pembalap spesial. Apalagi di balapan, dia selalu bisa menyulap sesuatu. Kita lihat saja ke mana akhirnya.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024