Categories: MotoGP

Valentino Rossi atau Marco Bezzecchi?

RiderTua.com – Jika Valentino kembali ke Ducati memiliki daya tarik tersendiri. Fans Rossi yang bejibun dan tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia pasti akan senang. Para hatters-nya yang setia dan orang-orang yang iri akan sibuk kembali selama satu tahun lagi dan tidak perlu susah payah mencari ‘korban’ baru. Rumornya Aramco dan VR46 belum benar-benar menandatangani kesepakatan, meskipun Pangeran Arab Saudi Abdulaziz bin Abdullah Al Saud berkali-kali menyatakan tidak ada masalah. “Saya telah berbicara dengan pangeran setidaknya delapan kali. Yang terakhir, Kamis malam, menegaskan kembali kepuasannya dengan proyek tersebut,” kata Valentino..  Jika keraguan itu terjadi, Rossi jangan pensiun dulu, lebih baik bergabung dengan saudaranya Luca Marini dulu, untuk mendapatkan ‘perhatian‘ sponsor untuk membuat proyek VR46 lebih efektif. Masuk akal untuk berpartisipasi dalam balapan. Itu karena Rossi adalah “Living Legend “.. Meskipun hampir dua kali lebih tua, dia jauh lebih berharga daripada Bezzecchi, yang saat ini aktif di Moto2, yang akan dipromosikan ke MotoGP, dari sudut pandang image bisnis Aramco…

Valentino Rossi Pensiun atau Pindah ke Ducati? Semuanya Mungkin Terjadi

Setelah menandatangani kontrak panjang di tahun 2020 dengan Yamaha Motor Racing dan Petronas-SRT-Yamaha, Valentino Rossi selalu menegaskan bahwa dia akan memutuskan di paruh pertama musim 2021, apakah dia juga akan ambil bagian di Kejuaraan Dunia MotoGP sebagai pembalap pada tahun 2022. “Jika saya bisa terus bersaing untuk kemenangan, podium dan posisi start yang baik, saya akan terus maju,” kata rider berusia 42 tahun itu yakin. Setelah melakoni paruh pertama musim, sering muncul pertanyaan, akankah pemasok headline terpercaya di Petronas-Yamaha terus berlanjut atau berhenti? Atau apakah dia akan menunggangi Ducati lagi?

Jika rencana ini masih berlaku, kita tidak perlu khawatir sedetik pun apakah kita akan melihat nomor 46 di grid tahun depan. Karena Rossi meraih kemenangan terakhir 4 tahun lalu, sedangkan podium terakhirnya 1 tahun yang lalu. Dia mencapai 10 besar di Misano pada September, dan musim ini dia finis ke-10 di Mugello.

Posisi start Rossi di musim 2021 selalu mengecewakan. Belum lagi hanya mengantongi 17 poin dalam 9 balapan. Bagi para hatters-nya, ini bukan tentang mengevaluasi karir cemerlang Rossi, yang selama 25 tahun selalu bergelimang pujian, kekaguman yang tak terhingga, rasa syukur yang tak terbatas, dan bahkan terkadang dengan sikap tunduk.

Satu-satunya pertanyaan sekarang adalah, apakah Valentino Rossi akan menambahkan 1 musim lagi di usia 43 tahun? Ada risiko bahwa dia akan membahayakan reputasinya yang luar biasa, bahwa dia akan merusak reputasinya sebagai seorang yang selalu ‘menang’ dan bahwa dia akan kehilangan rasa hormat dari lawan-lawan mudanya.

Rossi diperkirakan akan membuat keputusan pada GP Spielberg pada 8 Agustus, karena Yamaha dan Petronas membutuhkan kejelasan apakah satu atau dua pembalap baru akan dibutuhkan untuk tim satelit. Karena Morbidelli akan menggantikan Vinales di tim pabrikan Yamaha.

Tidak ada yang benar-benar bisa menempatkan diri dalam sisi emosional Rossi. Pernyataannya dalam beberapa minggu terakhir sebagian membingungkan, sebagian tidak berarti, sebagian lebih seperti awan berkabut alias samar.

Rossi tidak mau dibohongi. Karena dia tunduk pada fluktuasi emosional. Ketika ada titik terang dan hasil kualifikasi yang dapat diterima, dia mendapatkan kembali keberaniannya, setelah crash yang terkadang tidak dapat dijelaskan di lini tengah bawah, dia benar-benar kehilangan kesenangannya.

Setidaknya untuk sementara. Karena Valentino terlahir sebagai pemikir positif. Dalam setiap situasi masih ada aspek menyenangkan lain yang membedakannya dari Maverick Vinales. Baik sahabatnya Uccio maupun temannya Kevin Schwantz tidak dapat menilai apakah Rossi akan melanjutkan karirnya.

Apakah Rossi Masih Menikmati Balapan?

Rossi sepertinya tak terpengaruh terhadap usia. Latihan bersama dengan rider-rider dari VR46 Riders Academy membuatnya tetap muda. Dia menemukan kembali dirinya lagi dan lagi, memotivasi dirinya lagi dan lagi, menyesuaikan gaya balapnya dengan semua kebutuhan dan konstruksi ban.

Namun pada awal 2017, dia berulang kali dikalahkan dan dikecewakan oleh rekan sesama merek Yamaha. Itu tidak bisa disepelekan. Apakah itu sasis, mesin in-line, elektronik atau ban yang tidak cocok, tidak lagi penting. Mungkin itu akumulasi dari segalanya. Mungkin kemauan untuk mengambil risiko juga berkurang di beberapa titik, meskipun banyak dukungan yang bertentangan dengan teori ini.

Bagaimanapun, Valentino Rossi tidak akan pernah berurusan dengan masalah ‘comeback’. Karena banyak atlet dari Hailwood (dia balapan lagi pada usia 41) ke Ballington seperti Schwantz, Niki Lauda dan Michael Schumacher berhenti terlalu dini lalu kembali ke trek balap.

Jika kita melihat Valentino Rossi di tes kekuatan motorsport setelah pensiun dari MotoGP, mungkin akan ikut balapan roda empat. Tak ada yang mustahil…. tak ada yang dapat menebak masa depan Rossi.

Mungkin pada tahun 2022 dia akan benar-benar menunggangi Ducati Desmosedici GP22 dari tim MotoGP Aramco VR46 miliknya. Dia juga bisa mentransfer anak didiknya Bezzecchi ke Petronas-Yamaha.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024