Categories: MotoGP

Livio Suppo: Banyak Kesalahan Dilakukan Honda

RiderTua.com – Livio Suppo: Banyak kesalahan dilakukan Honda… Mantan bos tim Ducati dan Repsol Honda itu kembali menganalisa jalannya persaingan tahun ini. Dia sangat memperhatikan apa yang tengah menimpa mantan timnya, Honda. Marc Marquez memang telah kembali ke puncak podium di Sachsenring. Tapi menurutnya, masalah di Honda belum terpecahkan dan bagi Livio Suppo, masalah yang mereka hadapi sangat kompleks. “Melepaskan Dani Pedrosa sebuah kesalahan. Perkembangan motor hanya Marc yang bisa menjadi kuat. Sama di Ducati dengan Casey Stoner, situasi yang sangat mirip, dan saya tahu betul bahwa pada titik tertentu perkembangan motor tidak lagi tepat. Jika itu terjadi, bahkan seorang juara pun akan punya masalah,” katanya. Dan menurut Suppo ada beberapa kesalahan lainnya..

Livio Suppo: Banyak Kesalahan Dilakukan Honda

Sebelumnya Suppo pernah berkata, “Sejak dulu mereka telah membuat banyak kesalahan. Mereka seharusnya tidak mempercayai dokter ketika mereka mengizinkan Marc untuk balapan lagi setelah operasi pertama. Tentu saja sangat mudah untuk mengatakan dalam retrospeksi, tapi saya selalu berpikir itu gila.”

Bagaimanapun, kritikan itu tidak ditujukan kepada pribadi Marquez, melainkan ditujukan kepada mereka yang bertanggung jawab. “Melepaskan Dani Pedrosa juga adalah sebuah kesalahan. Dia menunjukkan bahwa perkembangan motor menuju ke arah di mana hanya Marc yang bisa menjadi kuat. Saya juga melihatnya saat Ducati dan Casey Stoner. Itu adalah situasi yang sangat mirip, dan saya tahu betul bahwa pada titik tertentu perkembangan motor tidak lagi tepat. Jika itu terjadi, bahkan seorang juara pun akan punya masalah,” imbuhnya.

Setelah kepergian Pedrosa, Jorge Lorenzo menjajal kemampuannya di Repsol Honda. Rider dengan nomor start 99 itu ‘jatuh’. Suppo pun melanjutkan, “Dengan kebijakan pembalap di Honda, mereka mengalami kesulitan. Perekrutan Jorge adalah bencana. Kemudian datang Alex Marquez, yang kita tahu bahkan sebelum awal musim 2020 bahwa dia tidak akan lagi berada di tim pabrikan pada 2021. Mereka juga melepaskan Zarco. Dia sekarang menunjukkan apa yang bisa dia lakukan.”

“Dan sekarang mereka telah membawa Pol Espargaro. Dengan segala hormat, Pol belum pernah memenangkan satu balapan pun dalam karir MotoGP-nya. Dia mampu membalap dengan baik dengan mesin yang kompetitif. Tapi, KTM memenangkan tiga balapan tahun lalu dan Pol tidak memenangkan satupun. Tentu dia pembalap yang cepat. Tetapi saya akan mulai berbicara dengan Joan Mir ketika saya tahu Dani akan pergi. Saya tidak tahu.”

Untuk Livio Suppo yang telah memenangkan total 6 gelar bersama Casey Stoner dan Marc Marquez dan kemudian digantikan oleh Alberto Puig, Honda tidak memiliki pandangan ke depan. “Sama sekali tidak ada persiapan untuk waktu setelah Marc. Di zaman saya, ada pembalap seperti Franco Morbidelli atau Jack Miller di pasar. Kemudian kami membawa Jack dari kelas Moto3 langsung ke MotoGP. Lompatannya terlalu besar, tapi saat mendekat, Honda tak mau memperpanjangnya,” ungkapnya.

Livio Suppo

Untuk Suppo, masalahnya dimulai dari atas. “Sayangnya, Wakil Presiden Shuhei Nakamoto pensiun pada tahun 2017. Akan lebih baik jika dia melanjutkan selama 2 tahun lagi. Saya minta maaf karena terlalu keras, tetapi saya tidak mengatakan apa pun yang tidak nyata dan itu menyedihkan bagi saya. Ketika kita bekerja untuk sebuah perusahaan, kita merasa seperti kita adalah bagian darinya. Sayang sekali Marc khususnya harus berjuang keras. Saya pikir jika dia kembali dan duduk di mesin yang lebih baik, comeback-nya akan jauh lebih mudah. Sekarang dia harus mengalami banyak kesulitan dengan kondisi fisiknya. ”

Tapi Marquez menguasai pertarungan dengan kembalinya dia ke P1. Namun, kesimpulan yang disampaikan Suppo tidak membuat Honda Racing Corporation senang. “Jika kita melewatkan hasil bagus dan terbiasa mendominasi, mudah panik dan mengubah banyak hal. Sama halnya dengan Ducati setelah Valentino Rossi pergi. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi kuat kembali. Itu tidak mudah dan sekarang ada pembalap di Honda yang mengatakan dia berharap mereka dapat meningkatkan tahun depan dan mendapatkan konsesi, itu sesuatu yang luar biasa. Saya pikir Soichiro Honda akan memecatnya jika dia mendengar ini. Tapi itu mengatakan banyak tentang situasinya,” ujar Suppo.

Saat ini Honda sendiri sangat menyadari bahwa situasinya belum membaik secara dramatis, meski Marquez telah mendapatkan kembali kekuatannya. Puig mendesak agar Honda tetap berhati-hati. “Hasil di Sachsenring sangat penting, tetapi itu tidak berarti bahwa kami telah memecahkan masalah. Untuk percaya itu akan menjadi kesalahan, sekarang kami harus meningkat sedikit demi sedikit,” pungkas pria asal Italia itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024

Marc Marquez Bahagia: Di Qatar Duel Melawan Martin, di Portimao Bertarung dengan Pecco!

RiderTua.com - Marc Marquez kehilangan peluang meraih kemenangan di GP Amerika karena masalah pengereman, sehingga rider Gresini Ducati itu gagal…

18 April 2024

Siap Dibawa Trabasan! Modifikasi Honda CB350 RS Jadi Motor Scrambler

RiderTua.com - Dirt Freak Jepang yang menyediakan banyak sparepart modifikasi, kini mereka mengenalkan Honda CB350 RS yang telah dimodifikasi menjadi…

18 April 2024

Toyota Alphard Masih Memiliki Banyak Pesanan di Indonesia

RiderTua.com - Toyota memang cukup sukses dalam menjual mobil di Indonesia, terbukti dengan angka penjualannya yang tinggi selama ini. Bahkan…

18 April 2024

Daihatsu Sigra yang Memimpin Penjualan Mobil LCGC Bulan Lalu

RiderTua.com - Tidak bisa dipungkiri kalau Daihatsu mampu menjadi salah satu merek mobil terlaris di Indonesia. Walau mereka lebih unggul…

18 April 2024