Categories: MotoGP

Massimo Meregalli Memuji Quartararo Khawatirkan Vinales

RiderTua.com – Massimo Meregalli memuji penampilan Fabio Quartararo khawatirkan Maverick Vinales, bagaimana jika hingga akhir musim ini Vinales terpuruk. Apa yang akan dilakukan Yamaha setelah mengganti Crew Chief-nya?… Di musim 2021, Yamaha kembali kuat. Dari 7 balapan, mereka memenangkan 4 seri (Vinales GP Qatar-1 Fabio GP Qatar-2, Portugal dan Mugello). Direktur tim Yamaha, Massimo Meregalli berbicara secara blak-blakan tentang alasan pergantian kepala kru di garasi Maverick Vinales. Dan dia juga mengungkapkan mengenai antusiasnya dengan performa yang mampu ditunjukkan Fabio Quartararo. Apa yang Meregalli katakan tentang ‘pelengseran’ Esteban Garcia, kepala mekanik Vinales?

Massimo Meregalli Memuji Quartararo Khawatirkan Vinales

Pada musim 2021, pemimpin Kejuaraan Dunia Fabio Quartararo (unggul 17 poin di atas Johann Zarco yang duduk di peringkat 2) kembali bersinar saat menjalani tes Catalunya dengan menempati urutan ke-5 yang mencatatkan waktu terbaik. Rider asal Prancis itu melewati garis finis di tempat ketiga di Montmelo. Tetapi dia harus menerima hukuman dua kali penalti 3 detik (melanggar batas lintasan dan kehilangan pelindung dada). Oleh karena itu rider berusia 22 tahun itu harus melorot ke posisi ke-6.

Secara menyakinkan Vinales berhasil memenangkan balapan di GP Qatar-1 untuk Yamaha. Namun sejak itu, rider berusia 26 tahun itu tidak pernah melewati posisi ke-5 dan ke-6. Dia berada di peringkat ke-6 di Kejuaraan Dunia, selisih 44 poin di belakang rekan setimnya Quartararo.

Di sisi lain, Franco Morbidelli mampu naik podium setelah mengamankan tempat ke-3 di Jerez dengan Yamaha M1 bekasnya dengan komponen dari musim 2019.

Sementara rekan setimnya di Petronas Yamaha sekaligus mentornya di VR46 Academy, Valentino Rossi belum mampu menunjukkan performa kuat dalam kejuaraan saat ini. Rider berusia 42 tahun itu hanya mengumpulkan 15 poin dan 4 kali nirpoin dalam 7 balapan. Rossi dua kali finis keluar dari 15 besar dan dua kali crash.

Sekarang Tim Monster Energy Yamaha berharap, Vinales akan mendapatkan kembali momentum di musim kelimanya di M1 (sejauh ini hanya meraih 8 kemenangan di Yamaha) setelah kepala krunya berganti dari Esteban Garcia ke Silvano Galbusera.

Direktur tim Yamaha Massimo ‘Maio’ Meregalli mengungkapkan, “Perubahan posisi crew chief di tengah musim bukanlah perkara mudah. Pembalap papan atas seperti Maverick adalah investasi besar bagi kami. Dalam minggu-minggu menjelang GP Catalunya, penampilannya tidak seperti yang kami harapkan.”

“Kami kemudian melakukan diskusi internal dan bersama-sama sepakat, bahwa kami harus mengganti kepala kru. Karena kami semua tahu, Maverick memiliki potensi besar. Ini tentang pertanyaan, bagaimana kita dapat mengaksesnya dengan lebih baik. Silvano dipilih karena dia memiliki banyak pengalaman dan karena dia sudah menjadi salah satu karyawan terdekat kami. Dia sebelumnya adalah Direktur Teknis tim uji MotoGP dengan Cal Crutchlow. Kami yakin, Maverick bisa bangkit.”

Apa yang Meregalli katakan tentang Esteban Garcia? “Setiap kepala kru memiliki metode kerjanya sendiri. Kami memiliki beberapa hasil bagus dengan Esteban dan Maverick. Namun dalam 18 bulan terakhir hasilnya tidak seperti yang kita bayangkan. Jadi sudah waktunya untuk mencoba sesuatu yang berbeda,” jawab Meregalli.

Bagaimanapun, Fabio Quartararo telah melampaui semua ekspektasi di musim ketiganya di Yamaha, dan yang pertama untuk tim pabrikan. “Fabio melakukan pekerjaan dengan baik. Orang hanya bisa menekankan hal itu berulang-ulang. Seluruh timnya bekerja sangat baik, mereka tahu bagaimana mencocokkan antara motor dengan pemetaan mesin, set-up dan ban dengan tepat. Mereka selalu bekerja dengan sempurna dari balapan ke balapan. Ini adalah first-class unit,” pungkas bos Yamaha itu senang.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024