Categories: MotoGP

Nasib Tim Valentino Rossi dan Mendiang Fausto Gresini pada 2022

RiderTua.com – Rencana Ducati akan tetap diperkuat 6 pembalap pada 2022… Pada musim 2021, selain tim pabrikan, Ducati akan kembali mengoperasikan dua tim satelit yakni Pramac dan Esponsorama. Direktur Olahraga Paolo Ciabatti mengungkapkan alasan mengapa harus tetap seperti itu. Dimana tim milik Valentino Rossi atau Gresini bisa membentuk tim ketiga.

Nasib Tim Valentino Rossi dan Mendiang Fausto Gresini pada 2022

Sejak awal tahun, para petinggi Dorna dan pejabat IRTA telah mengetahui bahwa Valentino Rossi dengan tim Sky VR46-nya akan mengambil alih tim Esponsorama Avintia Ducati setelah 2021. Sebuah usaha patungan telah disepakati untuk musim mendatang, bahkan runner-up Moto2 tahun lalu Luca Marini ditempatkan di samping juara dunia Moto2 Enea Bastianini di tim ini.

Selain itu, Valentino Rossi juga menitipkan anak didik VR46 Academy Niccolo Antonelli di sana. Bersama Carlos Tatay sebagai pembalap Moto3 kedua, dengan materi KTM.

Namun jawaban atas pertanyaan dua rider dan siapa yang membuat Rossi akan bersaing dengan skuad baru MotoGP pada 2022 masih terbuka. Suzuki, Yamaha dan Ducati siap berdiskusi.

Paolo Ciabatti selaku Direktur Olahraga Ducati Corse, memiliki alasan mengapa dia ingin tetap memiliki 6 pembalap Ducati di lintasan pada tahun 2022. Saat ini Ducati memiliki 6 pembalap di bawah kontrak yakni Jack Miller dan Pecco Bagnaia (Tim Pabrikan), Johann Zarco dan Jorge Martin (Pramac) dan Enea Bastianini dan Luca Marini (Esponsorama). Kebanyakan dari mereka memiliki kontrak satu tahun dengan opsi dari Ducati untuk 2022.

Setelah Rossi di Ducati, Gresini Racing menjadi kandidat tim satelit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa juara dunia 2 kali kelas 125 cc tahun lalu itu, telah bernegosiasi secara intensif dengan Ducati mulai dari GP Austria dan seterusnya, dan dalam keadaan apa pun Gresini tidak ingin melanjutkan kerjasama dengan Aprilia setelah 2021. Pada saat yang sama mereka juga berhubungan dengan Suzuki.

Pasalnya, partner dari Noale itu belum cukup memasukkannya ke dalam kepengurusan tim MotoGP sejak 2015. Dan memberi sedikit nilai pada kepiawaian pemilik tim ternama, yang memenangi tiga gelar dunia bersama Toni Elias, Daijiro Kato, dan Jorge Martin.

Di Ducati, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menginginkan ada 6 tim kerja dengan masing-masing satu tim satelit untuk rencana jangka panjang.

Namun sejauh ini baik Aprilia maupun Suzuki belum membentuk tim satelit. Setelah kepergian manajer tim Davide Brivio, pihak Jepang belum memutuskan apakah akan melengkapi tim kedua dengan motor GSX-RR setelah 2021. Waktu sangat penting karena tim membutuhkan keamanan perencanaan.

Paolo Ciabatti mengatakan, “Dulu kami telah menunjukkan bahwa kami dapat menjalankan dua tim satelit selain tim pabrikan dengan cukup baik. Kami memiliki pengalaman di bidang ini, kami dapat menangani ini secara logistik dengan sempurna. Dua tim satelit juga akan membantu kami menempatkan rider pemula kami di tim Ducati untuk tahun 2022.”

“Ya, sepertinya Esponsorama harus berhenti setelah musim ini. Dan semua orang mengatakan Valentino dan VR46 akan mengambil alih dua tempat dan memasuki Kejuaraan Dunia MotoGP. Sangat awal untuk mengatakan merek mana yang akan dia gunakan. Benar juga, Gresini tidak lagi terikat dengan Aprilia tahun depan. Ada kontak dengan kedua tim.”

“Tetapi setelah kematian Fausto, kita harus sedikit bersabar dan menunggu beberapa balapan. Kemudian juga akan menunjukkan apakah Suzuki siap memasok tim satelit. Itu belum jelas. Namun jika ada peluang, Ducati ingin melanjutkan dengan dua tim satelit. Kemudian kami dapat melanjutkan program dengan pembalap muda dan menawarkan motor kepada mereka.”

Idealnya Hanya 3 Tim (1 Tim Pabrikan dan 2 Tim Satelit)

Ducati harus menebus opsi dengan pembalap paling lambat musim panas. Itu sebabnya harus jelas berapa banyak motor Desmosedici yang bisa ditempati pada 2022.

Pada akhir 2018, Ducati memiliki 8 motor di lintasan saat ‘Aspar’ Martinez memimpin tim MotoGP (No. 1 adalah Bautista). Dia menyerahkan dua tempat untuk 2019 kepada Petronas-SRT-Yamaha.

Ciabatti menambahkan, “Saat itu, itu adalah tantangan, mungkin sedikit terlalu banyak dan terlalu rumit. Sejujurnya, sistem kami saat ini dengan total tiga tim adalah solusi ideal dalam hal logistik dan tenaga kerja. Karena kami masing-masing memiliki 5 teknisi Ducati di Pramac dan 5 di Esponsorama. Kami telah menugaskan 2 kepala kru, dua insinyur elektronik, dan seorang manajer teknis untuk setiap tim. Kami ingin melanjutkan penyiapan ini. Setidaknya untuk tahun 2022.”

Masih harus dilihat, apakah manajemen baru Gresini Racing akan kembali ke meja perundingan dengan Aprilia setelah kematian Fausto. Fausto secara pribadi sangat kecewa  dengan cara manajemen Aprilia yang selalu mengesampingkannya dan tidak melibatkannya saat mengambil semua keputusan. Dia merasa hanya seperti penyedia layanan logistik. Bahkan saat memilih pembalap, penanggung jawab dari Aprila pun tak mau menerima masukan dari pengalaman dan pengetahuan sang pencetak juara dunia itu.

Tapi Carlo Merlin selaku Direktur Komersial Gresini Racing, dan putranya Lorenzo Gresini akan memeriksa semua kemungkinan dalam beberapa pekan ke depan. Ini juga akan tergantung pada seberapa kompetitif RS-GP21 di awal musim, dan apakah Aprilia membuat tawaran sewa yang murah.

Sementara Aprilia Racing di Gresini memiliki anggaran dari 2015 hingga akhir 2021, tim Gresini, sebagai tim swasta independen, harus mengumpulkan sekitar 10 juta euro (Rp 171,5 miliar) untuk menjalankan tim MotoGP di masa depan. Bukan pekerjaan yang mudah, terutama dalam kondisi seperti saat ini.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Ducati Harus Memberi Pecco Motor Terbaik untuk Meng-KO Jorge Martin

RiderTua.com - Ducati harus memberi Pecco motor terbaik untuk meng-KO Jorge Martin... Kejuaraan dunia MotoGP 2024 dimulai dengan penuh kejutan…

19 April 2024

Rumor Jack Miller Ditukar Pedro Acosta Musim Ini, Ini Jawaban Bos KTM

RiderTua.com - Secara kontrak KTM dapat menukar pembalap antar timnya di tengah musim, tetapi pabrikan asal Austria itu tidak berencana…

19 April 2024

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024

Marc Marquez Bahagia: Di Qatar Duel Melawan Martin, di Portimao Bertarung dengan Pecco!

RiderTua.com - Marc Marquez kehilangan peluang meraih kemenangan di GP Amerika karena masalah pengereman, sehingga rider Gresini Ducati itu gagal…

18 April 2024

Siap Dibawa Trabasan! Modifikasi Honda CB350 RS Jadi Motor Scrambler

RiderTua.com - Dirt Freak Jepang yang menyediakan banyak sparepart modifikasi, kini mereka mengenalkan Honda CB350 RS yang telah dimodifikasi menjadi…

18 April 2024