Categories: MotoGP

Jack Miller Tebar Ancaman di Qatar: Bisa Menang Balapan 15 Detik!

RiderTua.com – Jack Miller mulai tebar ancaman di Qatar meskipun itu secara teori, jika dia bisa mempertahankan ‘Race-Pace’ seperti selama tes, dan bisa melaju seperti saat itu dengan ban bekas, maka dia bisa meninggalkan lawan 15 detik di garis finish.  Dengan ban bekas saya bisa menang balapan 15 detik… Wuih, akhirnya rekor tes MotoGP Qatar pecah juga. Gacoan Ducati Jack Miller mencetak rekor baru di sirkuit Losail Qatar. Torehan waktunya 1:53,183 menit. “Saya tidak berpikir catatan waktu terbaik, saya banyak berbicara tentang kecepatan balapan,” kata pembalap asal Australia itu.

Jack Miller: Dengan Ban Bekas Saya Bisa Menang Balapan 15 Detik

Di awal musim 2020, karena kondisi dan situasi yang tidak kondusif GP Qatar hanya menyajikan kelas Moto3 dan Moto2 saja. Saat itu mereka beruntung sudah berada di Qatar, ketika pihak berwenang Emirat mengeluarkan larangan masuk bagi warga negara lain. Oleh karena itu rombongan MotoGP tidak dapat melakukan perjalanan kesana.

Itulah alasan kenapa semua rekor MotoGP berasal dari tahun 2019. Pada saat itu, bukan Maverick Vinales (Yamaha) yang mencetak rekor lap dengan menit 1: 53,546, tetapi Marc Marquez dengan menit 1: 53,380 di FP2!

Pada tes selama 2 hari pekan lalu, pembalap Yamaha Fabio Quartararo mencetak waktu tercepat dalam 1: 53,940 menit. Pembalap pabrikan Ducati Jack Miller tampil mengesankan pada tes ketiga hari Rabu, dengan catatan waktu 1: 53,183 menit. Dengan demikian, pembalap asal Australia itu mengungguli Quartararo yang menjadi tercepat kedua dengan selisih 0,080 detik. Dan 0,716 detik di depan Johann Zarco dari tim Pramac, yang finis di tempat ke-4.

Miller pun menanggapi catatan waktunya yang mengesankan itu, dia berkata, “Kondisinya tidak bisa lebih baik. Tidak ada angin, tidak ada pasir di trek dan kelembapan hanya 60 persen pada malam hari, yang rendah di daerah ini sepanjang tahun. Fabio mendorong untuk mendapatkan menit 1: 53,2, yang merupakan waktu yang fantastis.”

“Kecepatan di Vinales juga fantastis. Saya memiliki perasaan yang baik untuk motor saya, kami hanya menggunakan dua ban belakang baru soft pada hari Rabu. Pada akhirnya, saya hanya melakukan pekerjaan saya, kami memastikan bahwa kami bisa mendapatkan motor yang bagus di semua area. Kami hanya mencoba hal-hal tertentu untuk mengetahui cara kerjanya.”

Miller juga melakukan uji komparatif antara tahun lalu dan fairing baru, yang menghasilkan beberapa aerodinamis yang juos. “Kami semua senang, jadi pasti ada sesuatu yang lebih baik tentang itu,” kata pembalap baru Ducati itu.

Satu-satunya kelemahan pembalap berusia 26 tahun itu adalah daya cengkeram di fase akselerasi. “Yamaha memiliki kecepatan yang lebih rendah, tetapi mereka keluar dari tikungan dengan sangat baik dan langsung melejit di trek lurus. Kami mencoba banyak menemukan cengkeraman tambahan pada roda belakang, tanpa mengorbankan keunggulan kami dengan bagian depan.”

Miller dan pembalap lain masih memiliki waktu 2 hari tes. Ketika dia ditanya, apakah pada tes keempat dan kelima bisa berlangsung kurang dari 1:53 menit? Jackass menjawab, “Jika saya mencatatkan waktu seperti saya dengan Race-Pace selama tes, maka itu istimewa. Jika saya bisa mengendarai seperti saat itu dengan ban bekas, maka saya akan memenangkan balapan hanya dengan 15 detik.”

“Namun, selama balapan, banyak faktor yang berperan. Seperti keausan ban Dunlop dari kelas Moto2, yang tidak terjadi selama tes. Jadi menurut saya, waktu terbaik saya tidak banyak berbicara tentang kecepatan balapan. Selain itu sebagian besar motor bekerja dengan baik di Qatar, semua pabrikan selalu berdekatan dalam balapan. Kami hanya akan tahu seperti apa kejuaraan dunia sebenarnya ketika kami membalap untuk pertama kalinya di trek yang belum pernah diuji oleh siapa pun,” tutup Miller.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024