Categories: MotoGP

Akankah Lawan Kuat Marquez Muncul dari Kubu Honda Sendiri?

RiderTua.com – Akankah lawan kuat Marquez muncul dari kubu Honda sendiri?.. Masuk akal kerana mereka (Pol dan Marc) dibekali motor setara dengan gaya balap yang sama liarnya (tidak seperti Lorenzo).. Pol Espargaro mengatakan bahwa dia tidak akan mengubah gaya membalapnya. Pol menggambarkan Honda dan KTM sebagai motor yang liar.. Semakin kencang memacu, semakin keluar potensi motornya.. Pembalap asal Spanyol itu meningkat pesat pada tes MotoGP hari kedua di Qatar. Dia suka motor yang liar seperti Honda.. Menurutnya: Jika dia tidak tampil bagus mulai seri pertama, maka pindah tim Honda akan diartikan sebagai kesalahan, katanya. “Fakta bahwa saya belum terjatuh menunjukkan bahwa, saya masih memiliki banyak ruang untuk berkembang,” ujar pembalap berusia 29 tahun itu sambil nyengir.

Akankah Lawan Kuat Marquez Muncul dari Kubu Honda Sendiri?

Pol Espargaro mengalami peningkatan pada tes hari kedua di Qatar, dengan 1,205 detik lebih cepat ketimbang tes pada hari Sabtu. Catatan waktunya menjadi 1:54,673 menit. Tidak hanya membagi separuh jaraknya dari Stefan Bradl menjadi 0,463 detik, tetapi dia juga secara signifikan mengurangi selisih waktu dengan pembalap tercepat.

Pembalap asal Spanyol itu pada hari Sabtu kalah 1,191 detik dari pembalap tercepat Aleix Espargaro (Aprilia). Dan pada hari Minggu, hanya terpaut 0,733 dari Fabio Quartararo (Yamaha) yang membukukan waktu terbaik.

Sejauh ini Bradl adalah pembalap tercepat dari kuartet Honda diengan duduk di posisi ke-5. Pol Espargaro mampu menempatkan dirinya di urutan ke-12 tepat di depan rekan mereknya Takaaki Nakagami dan Alex Marquez. Tren kenaikan peringkat ke-5 di Kejuaraan Dunia tahun 2020 itu tidak dapat diabaikan.

Espargaro menyukai motor yang harus dia kendarai dengan liar, dan KTM sangat membantu dalam hal ini. Honda juga tidak selembut Yamaha. “Semakin kencang memacu, semakin keluar potensinya,” katanya tentang RC213V.

“Tentu saja saya harus beradaptasi dengan motor ini, tetapi saya tidak perlu mengubah gaya membalap saya untuk melakukannya,” kata Espargaro, yang telah membalap untuk tim pabrikan KTM selama 4 tahun terakhir.

Fantastic Four

Pol Mengalami Banyak Tekanan

“Perangkat elektronik adalah hal baru bagi saya, saya masih harus memahami perkembangan tenaga. Hal tersulit bagi saya bukanlah komponen mekanis seperti sasis atau lengan ayun, tetapi perangkat elektronik. Honda punya karakter khusus, akselerasinya luar biasa. Meski demikian, saya harus terbiasa untuk mendapatkan yang terbaik dari perangkat elektronik, tapi sejauh ini saya belum berhasil.”

“Kadang-kadang saya menjalankan perangkat elektronik ini, karena mereka bekerja dengan baik. Namun pada hari Minggu, saya mengambil langkah besar ke depan, terutama dengan race pace/kecepatan balapan. Sekarang semuanya lebih mudah bagi saya, termasuk catatan waktu yang bagus.”

“Tapi masih banyak hal yang harus saya pelajari. Seberapa cepat saya bisa masuk ke tikungan, kapan saya membutuhkan pemetaan elektronik yang mana, kapan saya mengubah cara injeksi, dll. Saya menyerap semua informasi dan tidur di atasnya sepanjang malam. Dan keesokan harinya, otomatis akan lebih baik. Secara mental memang melelahkan, pada Minggu malam saya cukup kecapekan. Pada hari Sabtu, saya benar-benar stres saat mengendarai motor ini untuk pertama kalinya.”

Pol menambahkan, “Saya menunggu lama untuk moment ini. Dan banyak orang berbicara baik atau buruk tentang hal itu sebelumnya. Saya tidak tahu bagaimana kelanjutannya. Tekanan dari orang-orang dan media untuk percaya, bahwa saya telah melakukan kesalahan saat bergabung dengan tim ini, berdampak pada kita semua.”

“Saya berharap bisa tampil sangat baik sejak hari pertama, jika tidak, pindah tim Honda akan diartikan sebagai kesalahan. Tekanan selama beberapa lap pertama sangat tinggi. Saya seharusnya mengendarai hingga limit, tetapi saya sibuk mencoba untuk memahami segalanya dulu.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024