Categories: MotoGP

Paolo Ciabatti (Ducati): KTM dan Dani Pedrosa Lakukan Pekerjaan yang Sempurna

RiderTua.com – Paolo Ciabatti (Ducati): KTM dan Dani Pedrosa lakukan pekerjaan yang sempurna… “Kami telah memetik pelajaran,” kata Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti tentang kegagalan timnya meraih hasil positif di musim MotoGP 2020. Dia menaruh rasa hormat kepada Yamaha, Suzuki dan KTM. Dia akhirnya juga mengetahui alasan, kenapa Desmosedici berkinerja buruk musim ini.

Paolo Ciabatti (Ducati): KTM dan Dani Pedrosa Lakukan Pekerjaan yang Sempurna

Ducati dan Andrea Dovizioso berhasil meraih runner-up di Kejuaraan Dunia MotoGP tiga kali berturut-turut. Yakni pada 2017, 2018 dan 2019, di belakang Marc Marquez. Tetapi pembalap Italia berusia 35 tahun itu tidak dapat memenuhi ekspektasi di musim 2020.

Dia hanya menempati peringkat ke-4 di Kejuaraan Dunia pembalap. Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti tidak mencari-cari alasan, tetapi dia menjelaskan alasan performa buruk yang dialami timnya. Dia memuji kenerja bagus dari rivalnya Yamaha, Suzuki dan KTM.

Saat tes musim dingin, Ducati terlambat mengetahui bahwa ban belakang generasi baru dari Michelin tidak cocok dengan Desmosedici GP20. Saat tes Februari di Sepang, masalah itu masih tidak begitu jelas diungkap oleh para pembalap Ducati. Hal ini juga diperparah karena tes pada 15 Juli di Jerez juga gagal digelar karena wabah.

“Kami kemudian menyadari bahwa kami sedang berjuang, terutama di trek dengan tingkat cengkeraman yang sangat rendah,” kata Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti.

“Misalnya di Doha dan Jerez. Itu bisa jadi karena kualitas topping atau suhu. Selain itu, pada tahun 2020 kami berkendara di beberapa sirkuit pada waktu yang sangat berbeda dalam setahun, dibandingkan tahun sebelumnya. Di Jerez, misalnya, balapan digelar pada pertengahan Juli jadi sangat panas.”

“Saya tidak berpikir kami pernah berkendara dalam cuaca panas seperti itu, bahkan di Thailand sekalipun. Selain itu, terkadang kami mendapatkan trek yang jauh lebih keren daripada sebelumnya, misalnya di Aragon. Di sana ekstrem. Tapi saya tidak ingin mencari alasan. Pasalnya, semua pembalap dan pabrikan dihadapkan pada kondisi yang sama.”

Ducati Tak Bisa Beradaptasi dengan Ban Baru?

Lagipula, Ducati memenangkan kejuaraan konstruktor untuk pertama kalinya. Meski hanya meraih 2 kemenangan, untuk pertama kalinya sejak 2007. Yakni ketika Casey Stoner juga menjadi juara dunia pembalap MotoGP untuk Ducati di era baru 800 cc.

Tapi Yamaha kehilangan Kejuaraan Dunia Merek pada 2020, setelah meraih 7 kemenangan (Quartararo 3 kali, Morbidelli 3 kali, Vinales 1 kali). Perolehan poin mereka harus dikurangi 50 angka dari GP Spanyol, karena katup ilegal.

“Karena cara pembuatan motor, kami mungkin mengalami lebih banyak masalah karena ban belakang baru daripada rival kami. Terutama dibandingkan pabrikan dengan mesin in-line seperti Yamaha dan Suzuki. Tapi saya tidak ingin menyepelekan kinerja mereka. Mereka telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik,” imbuh Ciabatti.

Honda, Ducati, Aprilia, dan KTM sama-sama menggunakan mesin V4. Tetapi pabrikan asal Austria itu berhasil meraih 3 kemenangan GP dan 5 kali finis di tempat ke-3 melalui Pol Espargaro. KTM mendapat sedikit keuntungan dari fakta bahwa, mereka memasuki musim Kejuaraan Dunia sebagai ‘tim konsesi’. Oleh karena itu, mereka dapat menguji motor dengan pembalap reguler sesering yang mereka inginkan. Dani Pedrosa juga menguji hampir setiap trek balapan sebelum race.

Ducati tak mendapat cukup waktu untuk melakukan pengujian, sehingga mereka tak memperoleh informasi berharga. Dovi pertama kali mencoba motor pada dua balapan di Jerez, untuk menyesuaikan Desmosedici dengan ban belakang baru dan mengubah set-up rem mesin.

“Saat kami mengikuti balapan pertama di Jerez, pembalap reguler kami tidak menggunakan mesin balap sejak tes Qatar, jadi selama 5 bulan. Selain itu, teknisi kami sebelumnya telah ‘dibuang’ ke kantor pusat selama berminggu-minggu dalam masa karantina yang ketat.”

“Tapi kami mendapat pelajaran dan sekarang kami tahu kenapa kami memetik hasil buruk. Kami sekarang tahu bagaimana meningkatkan keseimbangan motor. Kami akan memiliki motor MotoGP yang sama di trek pada 2021, seperti yang kami lakukan musim lalu. Ban juga tidak akan berubah,” lanjut Ciabatti.

KTM Lebih Diuntungkan? Kinerja Pedrosa Luar Biasa

Apakah KTM mendapat banyak keuntungan dari hak konsesi? Ciabatti menjawab, “Anda bisa menguji kapan saja. Itu keuntungan, tentu saja. Tapi itu keuntungan hukum. KTM memiliki izin untukmelakukan tes, dan mendapatkan keuntungan dari situasi ini.”

“Anda diuji secara intensif di Spielberg dan Brno. Itu tentunya membantu mereka mengatur motor dengan sangat baik untuk awal musim. KTM melakukan pekerjaan yang sempurna dan menggunakan peraturan dengan cerdik. Mereka memenangkan 3 balapan, 1 lebih banyak lebih dari kita. Mereka telah menunjukkan bahwa, mereka sekarang bekerja pada level yang sangat tinggi dan kompetitif.”

“Kami juga percaya bahwa pembalap penguji Dani Pedrosa memberikan banyak momentum pada proyek KTM, dan mengarahkan pengembangan ke arah yang benar. Komitmennya telah terbayar. Akibatnya, KTM telah menghindari sejumlah kesalahan teknis selama pengembangan.”

“Dani melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Itu adalah pilihan yang bagus. Jika saya memiliki test rider dengan begitu banyak pengalaman, saya akan menemukan solusi lebih cepat yang juga bekerja secara efisien untuk pembalap pabrikan.”

Para insinyur tampaknya dapat fokus pada bagian yang tepat dan berhasil meningkatkan kualitas motor demi kepentingan pembalap. Setelah musim 2018, Dani mengakhiri karier balapnya karena alasan tertentu. Tapi dia masih super cepat dan sangat fit,” kata Paolo Ciabatti.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024