Skuter Listrik Yamaha E01 Sudah Dipatenkan?

0
(Yamaha Motor Co Ltd)

RiderTua.com – Ketika Honda sudah punya PCX Electric, Yamaha sebenarnya juga sudah punya rival yang setara untuknya. Dikenal sebagai E01, walau sampai sekarang masih berupa model konsep, tapi motor skuter ini bakal diproduksi massal dalam waktu dekat. Nama Yamaha E01 kini sudah dipatenkan, sehingga skuter tersebut resmi mendapatkan namanya. Tapi soal kapan bisa diproduksi masih belum ada kejelasan.

Baca juga: Adu Spek Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Yamaha E01 Kini Sudah Dipatenkan

Model konsep E01 pertama kali ditampilkan pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, artinya sudah hampir dua tahun sejak model ini dikenalkan secara publik. Biasanya skuter listrik identik dengan ukurannya yang kecil, tapi tidak dengan E01. Model ini memiliki bodi bongsor layaknya skutik unggulan Yamaha, NMAX.

Sejak saat itu, nama E01 sudah hampir tak terdengar lagi oleh publik, dan banyak yang menduga kalau Yamaha membatalkan peluncuran model produksinya. Ternyata tidak, karena merek sepeda motor asal Jepang tersebut sudah mematenkan nama E01. Artinya Yamaha sudah mengamankan nama skuter EV tersebut.

(Yamaha Motor Co Ltd)

‘Amankan Posisi’

Memang ini hanya sebatas ‘mengamankan posisi’ E01 untuk persiapan selanjutnya, tapi entah apa yang akan dilakukan Yamaha setelahnya. Karena mereka tak menyebut apapun soal E01 hingga kini, apalagi mereka belum mengonfirmasi kapan motor terbarunya ini bisa diproduksi dan dijual secara massal.

Soal E01, skuter ini disebut-sebut mampu menghasilkan performa layaknya skutik 125 cc lainnya seperti NMAX. Kedengarannya itu menjadi sesuatu yang menarik, karena pada akhirnya Yamaha siap menghadirkan produk roda dua listrik yang modern. Berharap saja motor ini juga membawa fitur canggih pula.

Ternyata tak hanya E01 yang disiapkan, Yamaha juga sempat mengajukan paten nama motor lainnya, yaitu EC-05. Berbeda dengan ‘saudaranya’, EC-05 memiliki komponen baterai yang dapat ditukar-tukar atau istilah kerennya battery swap. Meski secara konsep masih menggunakan basis dari skutik bongsor NMAX.

Leave a Reply