Categories: MotoGP

Marc Marquez: Saya Bukan Manusia Super!

RiderTua.com – Marc Marquez berujar bahwa dia bukan manusia super atau superman… “Yang terpenting adalah saya merasa lebih baik dari minggu ke minggu dan tulang saya sembuh dengan baik,” begitu kata bintang MotoGP Repsol Honda Marc Marquez memberitahukan tentang kondisi kesehatannya. Lalu pembalap berusia 28 tahun itu menambahkan, “Saya tidak pernah berpikir, saya akan berhenti balapan (pensiun).”

Marc Marquez: Saya Bukan Manusia Super

Ketika Marc Marquez ditanya tentang kapan dia comeback, dia menjawab, “Saya tidak terlalu optimis.” Pembalap Spanyol itu dipastikan tidak akan mengikuti tes pertama musim di Qatar pada Maret mendatang.

Marc Marquez: Saya Bukan Manusia Super

Kembalinya dia ke lintasan tergantung pada regenerasi humerus dan kebugaran fisiknya. Kini dia sedang mempertimbangkan turun di balapan pertama di Qatar pada akhir Maret. Atau pada balapan yang kedua seminggu kemudian. Atau balapan ketiga di Portimao pada pertengahan April.

Saat presentasi tim Repsol Honda MotoGP 2021 pada Senin (22/2/21), Marc mengatakan,  “Para dokter yang akan memutuskan.” Juara Dunia MotoGP enam kali itu tidak ingin kembali menunggangi RC213V-nya sampai cedera tulangnya sembuh dan kebugaran fisiknya cukup baik untuk kembali balapan.

“Kami mengambil risiko tinggi dan berusaha kembali secepat mungkin setelah mengalami cedera. Pada akhirnya, itu bukan yang terpenting. Pada musim 2020, saya mempelajarinya. Kembali ke Jerez adalah sebuah kesalahan. Saya harus menerimanya. Itu adalah keputusanku, aku merasa itu mungkin. Akhirnya, saya telah belajar dari kejadian ini untuk masa depan.”

Mempengaruhi Secara Mental dan Fisik

Marc secara blak-blakan berbicara tentang perasaan dan kekhawatirannya setelah menjalani masa sulit pada 2020. Pembalap kakak kandung dari Alex Marquez itu berujar, “Secara mental dan fisik itu berat. Yang terburuk terjadi di bulan September dan Oktober. Selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan lengan saya terasa sama, tidak ada kemajuan. Itu tidak menjadi lebih buruk, tetapi juga tidak menjadi lebih baik. Rasanya seperti ada sesuatu yang bergerak di lenganku.”

“Saya melakukan banyak tes sampai kami menemukan infeksinya. Selama analisis, kami mendapat banyak hasil tes negatif, tetapi ada yang salah. Pada saat yang sama, para dokter memberi tahu saya bahwa saya harus bersabar. Jadi saya menunggu dan melakukan apa yang mereka suruh. Tapi perasaan itu tetap sama.”

“Setelah operasi ketiga, saya berada di rumah sakit selama 10 hari, yang juga berat. Sejak itu, kondisi saya membaik selangkah demi selangkah dan saya berusaha untuk tetap optimis. Saya tidak pernah berpikir bahwa saya tidak akan pernah bisa balapan lagi. Saya selalu bertanya, kapan saya akan menjalani balapan berikutnya atau tes berikutnya.”

Semua Pihak Membuat Kesalahan

Marquez mengatakan bahwa, sebuah kecelakaan tentu dengan segala konsekuensinya, tidak dapat dikaitkan dengan dirinya sendiri, tim atau para dokter. “Ini adalah keputusan bersama. Kami selalu membahas ini satu sama lain. Baik ketika kami memenangkan gelar atau ketika kami melakukan kesalahan. Tentu saja, saya punya kata terakhir. Ketika saya, tim dan Honda mendapat laporan yang menggembirakan dari para dokter, kami mencobanya,” tegas pembalap andalan Honda, yang absen hampir sepanjang musim 2020.

“Pembalap memang seperti itu. Jika kita memberi tahu mereka bahwa, mereka dapat mencoba, mereka juga akan melakukannya. Saya merasa itu mungkin, tetapi tubuh saya melihatnya secara berbeda. Kami telah mengambil risiko besar dengan cedera lain di masa lalu. Saat berhasil, orang berbicara tentang mukjizat atau manusia super.”

“Sekarang saya harus memiliki pengalaman lain yang akan membantu saya di masa depan. Tapi di masa depan saya akan terus mengambil resiko. Jika saya tidak pergi ke Jerez, saya akan pergi ke Brno. Kesalahannya akan sama karena tulang tidak akan sembuh dalam dua minggu. Siapa yang membuat kesalahan? Semuanya.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024

Augusto Fernandez : Sekarang Pedro Acosta Adalah Pembalap Terbaik di Pabrikan KTM

RiderTua.com - Ketika rekan setimnya di GasGas Tech3 Pedro Acosta merayakan podium (finis ke-2) di COTA, Augusto Fernandez hanya mampu…

19 April 2024

Enea Bastianini Menemukan Kecepatannya Kembali, GP24 Sudah Nyetel?

RiderTua.com - Enea Bastianini menemukan kecepatannya kembali setelah finis ketiga di Texas, dia merasa berada di jalur yang benar, tahun…

19 April 2024