Categories: MotoGP

FIM MiniGP World Series: MotoGP Khusus ‘Anak SD’

RiderTua.com – Dorna Sport membuka kejuaraan dunia baru berjudul: FIM MiniGP World Series: MotoGP khusus ‘Anak SD’ karena pesertanya mulai usia 10 hingga 14 tahun.. Kalau di Indonesia umur 10 tahun setara dengan kelas 4 Sekolah Dasar… Motor yang digunakan adalah Ohvale GP-0 160. Rencana seri awal dimulai bulan Juli 2021 dan final jelang seri terakhir musim MotoGP 2021 ini di Valencia..

FIM MiniGP World Series: MotoGP Khusus ‘Anak SD’

Dorna Motor Sports mengumumkan seri balapan baru yang bertujuan untuk mempromosikan pembalap muda dan membantu mereka memulai karir balapnya. Ajang baru ini resmi disebut FIM MiniGP World Series, di mana merupakan pendekatan baru untuk menemukan pembalap muda berbakat, dari usia 10 hingga 14 tahun, di seluruh dunia.

Konsep

Konsepnya terbilang sederhana… Dorna dan FIM sudah menciptakan format balapan standar yang dapat diadopsi oleh klub-klub di tingkat nasional, regional, dan atau antar benua. Yang menciptakan ‘lapangan bermain’ yang setara bagi para pembalap muda untuk mendapatkan level dan penghargaan.

Menurut regulasi yang ditetapkan oleh FIM, setiap seri MiniGP akan menyelenggarakan minimal empat event. Dengan delapan balapan, dan mereka harus memiliki minimal 15 pembalap permanen di setiap kompetisi.

Balapan akan dilangsungkan di trek go-kart, dengan menggunakan motor balap Ohvale GP-0 160, dengan ban Pirelli. Dorna juga mewajibkan seri pertama diadakan pada bulan Juli 2021 dan seri terakhir diadakan selambat-lambatnya 17 Oktober tahun ini.

Jorge Viegas- FIM

Jorge Viegas

“FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama bagi semua anak muda di jalur mereka. Untuk mencapai impian mereka dan mencapai Kejuaraan Dunia MotoGP FIM,” kata Presiden FIM Jorge Viegas.

“Ini adalah titik awal yang hilang dalam ‘Road to MotoGP’ yang akan memungkinkan setiap pembalap berbakat untuk naik ke ‘podium’, dengan anggaran yang sangat rendah,” tambahnya..

” Ini juga, inisiatif FIM / Dorna ini menempatkan Federasi Nasional di garis depan sistem. Karena terserah mereka untuk mengatur sepenuhnya di seri nasional dan memilih yang terbaik dari masing-masing negara, yang akan hadir di Final kejuaraan Dunia MotoGP di Valencia.”

“Dorna dan FIM telah mengerjakan proyek ini selama beberapa tahun sekarang. Dan sekarang menjadi kenyataan dan saya ingin berterima kasih kepada Promotor kami dan memberikan insentif tambahan kepada semua federasi terafiliasi kami.”

Pemenangnya Dapat Apa?

Keuntungan yang akan diperolah adalah kesempatan untuk memulai karir balap sesungguhnya. Karena peserta yang terhebat dari berbagai seri akan memiliki kesempatan untuk balapan di Final kejuaraan Dunia. Yang akan berlangsung selama seminggu menjelang putaran terakhir musim MotoGP 2021 ini.

OHVALE-GP-0

Pemenang Final seri kejuaraan Dunia ini (tergantung usia dan lokasi / negara), akan mengamankan satu tempat di salah satu program Road To MotoGP pada level berikutnya. Yang sudah lama menjadi batu loncatan FIM ke balap MotoGP, mis. Asia Talent Cup, British Talent Cup, Northern Talent Cup, atau European Talent Cup.

Sumber

This post was last modified on 29 Januari 2021 13:38

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024