Mobil Niaga Jadi Penyelamat Suzuki di Tahun 2020

Pangsa pasar mobil Suzuki

RiderTua.com – Memang tak bisa dipungkiri kalau mobil niaga jadi penyelamat produsen otomotif di Indonesia. Dengan hasil penjualan mobil penumpang yang menurun, segmen niaga masih tetap solid hingga akhir tahun 2020. Mobil niaga jadi penyelamat bagi Suzuki ketika hasil penjualannya sempat menurun. Seperti Carry yang masih mencatatkan hasil cukup bagus selama tahun lalu.

Mobil Niaga Jadi Penyelamat Suzuki Ketika Penjualannya Menurun

Tahun 2020 menjadi tahun yang begitu berat bagi produsen otomotif di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bagaimana tidak, hasil penjualan mobil penumpang alias passenger car mengalami penurunan drastis sejak bulan April 2020 lalu. Walau hasilnya sempat meningkat di bulan Juni hingga akhir tahun, nyatanya masih belum bisa memulihan hasil tersebut.

Suzuki menjadi satu diantara produsen mobil yang terkena dampaknya, dengan penjualan mobil penumpang mengalami penurunan drastis. Mungkin banyak orang menduga kalau mereka takkan bisa bertahan sepanjang tahun kemarin. Tapi sebenarnya mereka mampu bertahan karena terselamatkan oleh penjualan mobil niaganya, Carry.

Mobil niaga jadi penyelamat

Bisa Meningkat Lagi

Mobil pikap ini tercatat menjadi mobil terlaris Suzuki pada tahun 2020 lalu, bahkan menyumbang hingga 58 persen dari total penjualannya. Secara keseluruhan, Carry menempati posisi kedua dalam penjualan mobil se-Indonesia tahun lalu, walau diungguli oleh Honda Brio. Tapi setidaknya Carry sanggup mengungguli raja LMPV Tanah Air, Toyota Avanza.

Penjualan model sejenisnya juga mengalami peningkatan, dengan Mitsubishi L300 serta Daihatsu Gran Max yang melihat adanya kenaikan. Walaupun hasilnya tak setinggi Carry, sepertinya ada faktor kenapa model ini yang lebih difavoritkan oleh konsumen. Modelnya yang baru, fresh, serta sudah lama dikenal sebagai rajanya pikap Indonesia membuat pamornya semakin terkenal.

Selain itu, dalam kondisi sekarang membuat banyak orang membutuhkan kendaraan niaga untuk mendistribusikan logistik di daerah tertentu dengan jalan sempit. Jadi sepertinya Suzuki Indomobil Sales (SIS) sangat memperhatikan tren tersebut sebaik-baiknya. Tak heran kalau Carry menjadi unggulannya sepanjang tahun 2020 lalu, meski masih ada unggulan Suzuki lainnya seperti Ertiga hingga XL7.

Be the first to comment

Leave a Reply