Categories: MotoGP

Berubah! T-10 Sirkuit Barcelona-Catalunya Ganti Baru [Tapi Lama]

RiderTua.com – Berubah di 2021.. tikungan La Caixa (T-10) Sirkuit Barcelona-Catalunya ganti model baru, tapi merupakan modifikasi dari desain lama. Sirkuit ini akan menggunakan lay out yang sudah diubah kembali ke awal, namun sudah mempertimbangan tujuan keamanan (safety).. Trek ini adalah tempat diselenggarakannya balapan Formula 1 dan MotoGP. Sirkuit Catalunya akan ‘memulihkan’ model tikungan-10 ke bentuk lama yang dimodifikasi sehubungan dengan peningkatan keselamatan yang dilakukan oleh FIA dan FIM.

Berubah! T-10 Sirkuit Barcelona-Catalunya Ganti Baru [Tapi Lama]

Short straight, T-10 Versi F1

Tikungan 10 yang asli atau dulunya di sirkuit Barcelona adalah tikungan ke kiri panjang yang disambut dengan tikungan ke kanan panjang di puncak bukit di Tikungan 11. Dimana di tikungan 10 atau ‘La Caixa’ ini pembalap selalu menghabiskan beberapa detik untuk memiringkan motornya sebelum disambut tikungan berikutnya. Pada tahun 2004, FIA meminta Sirkuit ini untuk memodifikasi tikungan untuk alasan keamanan, di mana tikungan ‘Versi F1’ lahir dengan tikungan bagian dalam yang jauh lebih tajam yang membuat akses ke ‘short straight’.

Tikungan baru 2021

MotoGP terus menggunakan tata letak asli sirkuit hingga GP Catalunya 2016.. Menyusul kematian pembalap Moto2 Luis Salom saat dia jatuh di tikungan kedua dari belakang.

Karena kedekatan penghalang ke sirkuit di Tikungan 10, MotoGP beralih ke tikungan versi F1 (‘short straight’). Dengan adanya perubahan pada area run-off di tikungan kedua dari belakang pada tahun 2018… Berarti MotoGP dapat kembali ke tata letak tikungan itu, meskipun terus menggunakan tikungan versi F1 di T-10.

Kembali ke Bentuk lama dengan Modifikasi

Sirkuit itu kedepan akan kembali ke bentuk tikungan 10 yang asli.. Namun menjadi versi yang sedikit lebih sempit dari model lamanya.. Pekerjaan yang direncanakan akan diselesaikan dan bisa digunakan untuk musim 2021.

@NikiKovacs

“Selama Januari, Circuit de Barcelona-Catalunya akan membentuk kembali tata letak Turn 10 saat ini,” bunyi pernyataan pihak penyelenggara sirkuit.. Proyek ini dianalisis selama musim lalu bersama dengan FIA dan FIM. Tujuannya tetap akan meningkatkan kondisi keselamatan pada balapan mobil dan motor.

Hingga saat ini, Formula 1 menggunakan varian dalam dari Turn 10 dan 11, sedangkan MotoGP menggunakan tata letak lama. Namun, beberapa tahun lalu, FIM memutuskan untuk menggunakan tata letak yang sama dengan mobil balap F1.

“Untuk musim 2021, dan sesuai dengan FIA dan FIM, Circuit de Barcelona-Catalunya telah merancang varian baru dan unik untuk Turn 10, yang akan ditempatkan di antara dua tata letak saat ini.

“Perubahan ini akan memungkinkan perpanjangan area run-off di tikungan.. Sehingga meningkatkan jarak aman, dan itu juga akan mengarah pada kembali ke model tikungan asalnya.”

Perubahan pada sirkuit Catalunya adalah satu lagi dari serangkaian inisiatif yang telah disepakati oleh F1 dan badan pengatur MotoGP .. Karena FIA dan FIM saat ini bekerja sama lebih erat dalam masalah keselamatan lintasan.

Berita lainnya tentang sirkuit ini adalah.. Pengumuman bulan lalu bahwa sirkuit yang menjadi penyelenggara F1 dan MotoGP mulai tahun 2022 harus memasang panel lampu LED di pos marshal.

This post was last modified on 13 Januari 2021 18:33

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024