Categories: MotoGP

Kepala Kru Joan Mir: Tujuan Sudah Ada Sebelum Dimulainya Musim

RiderTua.com – Kepala kru Joan Mir berujar.. “Tujuan sudah ada sebelum dimulainya musim…” Fakta bahwa pembalap Suzuki, Joan Mir, dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP menjadi salah satu kejutan di musim 2020. Menurut kepala krunya Frankie Carchedi, kesuksesan itu tidak sepenuhnya tidak terduga alias sudah direncanakan dan berhasil. Carchedi juga berbicara tetang Karel Abraham, salah satu ‘pembalap sultan’ yang rendah hati..

Kepala Kru Joan Mir: Tujuan Sudah Ada Sebelum Dimulainya Musim

Frankie Carchedi memiliki banyak pengalaman dari British Superbike Championship, Superbike World Championship dan MotoGP World Championship. Tentang juara dunia MotoGP baru Joan Mir, kepala kru itu mengatakan, “Dia sangat berbeda dari pembalap lain yang pernah bekerja dengan saya.”

“Dia memiliki beberapa kekuatan dan beberapa kelemahan. Tetapi dalam hal gaya membalapnya, tidak ada yang mendekati gayanya. Tidak lebih baik atau lebih buruk. Ini hanya sangat berbeda dalam cara mengendarai dan mengendalikan motor. Mungkin Lavilla paling dekat dengannya, dalam hal bagaimana dia menangani bagian depan, saat mengerem dan menyalip. Ironisnya, dia juga memiliki nomor 36.”

“Saya sangat beruntung dengan para pembalap yang pernah bekerja dengan saya. Mulai dari Kejuaraan Superbike Inggris dan Kejuaraan Dunia Superbike. Ada levelnya sendiri yang bisa Anda capai di mana saja,” tambah Carchedi, yang bekerja dengan Karel Abraham di tim Aspar sebelum beralih ke Suzuki Ecstar.

“Karel adalah salah satu pembalap paling rendah hati yang pernah bekerja dengan saya. Kami berada di barisan depan grid di Argentina dan kami tampil lebih baik di babak kualifikasi, daripada yang kami lakukan dengan Joan. Dia cukup sering berada di depan pembalap Ducati lainnya, seperti Dovi dan Lorenzo. Dan itu seperti kemenangan balapan bagi kami.”

Kepala Kru Joan Mir: Tujuan Sudah Ada Sebelum Dimulainya Musim

Joan Mir Bukan Pembalap yang Difavoritkan Meraih Gelar

Ketika Carchedi pindah di tim resmi Suzuki di samping rookie Joan Mir pada akhir 2018, tuntutan juga dinaikkan ke level yang baru. “Ketika saya datang ke Suzuki, di tim resmi untuk bekerja dengan Joan, tujuan kami sangat berbeda.”

“Pendekatan yang saya lakukan, sangat mirip dengan banyak pembalap lain yang bekerja dengan saya. Tahun pembelajaran dan tahun kedua, di mana kami hanya harus menggabungkan semuanya dan mencoba untuk mendominasi. Tentu saja, ini motor yang berbeda dan kejuaraan yang berbeda. Tapi ini adalah mentalitas yang sama yang saya miliki dengan Greg dan Leon Camier.”

Setelah 3 balapan pertama mereka tertinggal 50 poin, setelah Brno, Mir hanya menempati urutan ke-14 di Kejuaraan Dunia dengan hanya mengantongi 11 poin. “Tentu saja kami tahu apa yang telah dia lakukan di tes pramusim dan apa yang dia mampu. Dan kami tahu di Jerez bahwa dia memiliki kecepatan yang luar biasa. Tapi kesalahan di babak kedua membuat dia tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkannya,” imbuhnya.

Pada awal musim MotoGP 2020, hampir tidak ada yang berani bertaruh pada Mir untuk memenangkan gelar.

This post was last modified on 5 Desember 2020 20:26

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024