Categories: MotoGP

Kepala Kru Joan Mir Ungkap Rahasia Kekuataannya

RiderTua.com – Kepala Kru Joan Mir ungkap rahasia kekuataannya… Frankie Carchedi adalah kepala kru Juara Dunia MotoGP 2020 itu di Suzuki. “Dia memiliki seluruh paket,” jawabnya antusias ketika ditanya tentang Joan Mir. Namun ada satu ciri khusus yang membedakannya. Apa itu?

Kepala Kru Joan Mir Ungkap Rahasia Kekuataannya

Pada usia 23 tahun, Joan Mir dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP di musim keduanya di kelas utama. Meskipun dia hanya merayakan satu kemenangan GP (kurang dari juara dunia lainnya di kelas utama sebelumnya), dia naik podium 7 kali dari 14 balapan musim 2020.

Kepala krunya Frankie Carchedi mengungkapkan, apa yang membedakan pembalap muda Suzuki ini selain dari konsistensinya. “Pendekatan mental dan latihan. Saat ini Anda membutuhkan segalanya, tidak cukup hanya berbakat saja. Saya tidak bermaksud bahwa dia memiliki seluruh paket,” tegasnya.

Italo-Brit Carchedi bergabung dengan Suzuki bersama Joan Mir di akhir musim 2018. Rencananya jelas, setelah 1 tahun belajar, semuanya harus bersatu di musim kedua.

Kepala teknisi yang berpengalaman dengan cepat menyadari, bahwa ada bakat khusus pada diri juara dunia Moto3 2017 itu. Seperti yang dia jelaskan dalam retrospeksi.

“Ada beberapa aspek data telemetri, yang dapat menunjukkan banyak hal sejak pertama kali menggunakan motor. Dan itu adalah kasusnya. Sulit untuk membahas detailnya, tetapi bagaimana dia mengatur rem, bagaimana dia menghentikan motor. Semuanya tidak harus tepat untuknya, tidak peduli apakah cengkeramannya baik atau buruk, dia bisa membuat perbedaan.”

“Ban menawarkan lebih banyak cengkeraman dan menjadi sedikit lebih lembut setiap tahun. Jadi Anda dibatasi, seberapa banyak Anda benar-benar dapat menghentikan motor,” tambah Carchedi.

Berkat Peran Tes Rider Suzuki

“Tapi dia berhasil menemukan batas yang bisa diharapkan dari ban, dan kemudian dia bermain dengan pengereman ke titik di mana dengan mudah melewati batas. Ini bukan cara termudah untuk menerapkan tekanan rem, tetapi ini adalah bakat dan bekerja dengan cara yang sama di depan dan belakang.”

“Tentu saja kekuatannya luar biasa. Untuk seorang pembalap muda, dia memiliki perasaan yang hebat di motor. Dia tidak menjelaskan secara detail, tetapi Anda dapat mencoba sesuatu yang sangat kecil. Dan dia dapat memberi tahu Anda, apa yang positif dan negatif tentang hal itu.”

“Pendapat Mir seringkali sangat mirip dengan Sylvain. Bahkan sejauh ini Anda merasakan hal yang sama di tikungan 4 dari trek tertentu, atau tikungan 8. Itu cukup mengesankan dan juga berarti kami memiliki tes rider yang sempurna,” kata Carchedi yang juga memuji tes rider Suzuki, Sylvain Guintoli, yang berperan dalam membawa gelar Juara untuk pembalap 2020 dan gelar tim ke Hamamatsu dengan GSX-RR.

This post was last modified on 1 Desember 2020 09:30

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024

Augusto Fernandez : Sekarang Pedro Acosta Adalah Pembalap Terbaik di Pabrikan KTM

RiderTua.com - Ketika rekan setimnya di GasGas Tech3 Pedro Acosta merayakan podium (finis ke-2) di COTA, Augusto Fernandez hanya mampu…

19 April 2024