Categories: MotoGP

Melewatkan Hari-hari di Paddock Bagai Hidup Dalam Gelembung

RiderTua.com – Melewatkan hari-hari di paddock bagai hidup dalam gelembung… Stefan Bradl menggantikan Marc Marquez yang cedera di Repsol Honda dari MotoGP Brno. Pembalap asal Jerman itu menceritakan, apa yang telah berubah di paddock karena pembatasan terkait krisis kesehatan.

Melewatkan Hari-hari di Paddock Bagai Hidup Dalam Gelembung

Krisis kesehatan telah mengubah kehidupan di dunia tahun ini. Tidak ada yang seperti itu di balap motor sebelumnya. Hanya 1.600 orang yang diizinkan masuk ke paddock, tamu tim tidak diizinkan. Jumlah reporter TV di lokasi juga sangat dibatasi.

Jurnalis cetak dan online awalnya harus tinggal di rumah. Tapi mulai MotoGP Misano, mereka diizinkan kembali bekerja di ruangan yang terisolasi namun tanpa akses ke paddock, dan ini terjadi hingga akhir musim. Konferensi pers hanya dapat dilakukan melalui konferensi video. Dan tim tidak hanya harus menyelesaikan tes PCR beberapa kali, mereka juga harus menerima pembatasan personel.

Melewatkan Hari-hari di Paddock Bagai Hidup Dalam Gelembung

Tim Moto3 dan Moto2 hanya diizinkan membawa 12 orang ke setiap seri, untuk dua pembalap termasuk sang pembalap. Tim satelit MotoGP hanya diperbolehkan 25 orang, sementara tim pabrikan masing-masing 45 anggota tim.

Seperti dalam Gelembung

Untuk menyelamatkan tim, para kru harus tinggal di hotel. Tim MotoGP juga puas dengan layanan katering mereka yang lebih kecil, yang biasanya mereka kirim ke luar negeri. Ukuran mereka sekarang cukup mudah, karena tidak ada tamu tim yang diizinkan. Di Red Bull KTM, misalnya, hanya 30 hingga 35 persen makanan tahun lalu yang harus disiapkan di Spielberg.

Anggota tim hidup seperti dalam ‘gelembung‘, mereka ditahan sebagai tahanan, tim tidak boleh bercampur satu sama lain. Mereka hanya berpindah-pindah antara paddock dan hotel, mereka harus menghindari bar dan diskotik. Serta memakai masker hidung dan mulut setiap saat di paddock. Hanya para pembalap MotoGP yang diperbolehkan melepas masker di pit selama tidak terlibat percakapan dengan para teknisi.

Ada juga persyaratan ketat bagi reporter TV jalur pit. Mereka harus memakai masker mulut dan hidung serta pelindung wajah yang bening saat berbicara dengan pengemudi.

“Kami senang bisa balapan lagi. Tapi di paddock Anda tidak ingin pindah ke tim lain. Karena memakai masker, Anda hanya mendengar gumaman selama percakapan yang sebagian besar tidak mengerti,” kata bos balap KTM, Pit Beirer.

Bagaimana dengan Para Pembalap?

Sebuah media asal Jerman, meminta Stefan Bradl untuk mendeskripsikan apa yang terjadi di paddock selama krisis kesehatan.
“Saya harus melakukan tes pada hari Senin sebelum berangkat untuk setiap balapan. Itu terjadi pada hari Senin atau Selasa, tes itu tidak boleh lebih dari 4 hari setelah tiba di paddock. Jadi 96 jam. Saya selalu menyelesaikannya pada hari Senin dan kemudian mendapatkan hasilnya
Rabu,” kata Juara Dunia Moto2 2011.

“Ada hal-hal yang lebih menyenangkan daripada tes ini, tetapi begitu Anda mengetahuinya, tidak pernah begitu tragis. Hasil tes kemudian harus dikirim melalui email dan kemudian diunggah ke ‘Aplikasi Medis MotoGP’. Jika itu bersinar ‘hijau’, maka Anda memiliki izin untuk masuk.”

“Dalam hal ini, kode QR hampir lebih penting daripada tiket masuk permanen biasa biasanya dipindai saat Anda masuk. Suhu diukur di pintu masuk. Masker sudah wajib ada di tempat parkir, begitu juga di seluruh area balapan. Anda harus memakai pelindung wajah di dalam garasi dan di mana pun Anda jika berurusan dengan orang lain.”

Untuk GP Catalunya-Barcelona, periode tes dikurangi dari 96 menjadi 48 jam karena risiko infeksi di Spanyol meningkat tajam.

“Paddock benar-benar kosong tanpa tamu tim dan tanpa wartawan. Anda dapat bergerak bebas tanpa masalah. Tidak ada siapa-siapa di sana, tidak ada pemburu tanda tangan atau pemburu selfie. Tidak ada penggemar di paddock. Bahkan ketika berbelok ke area balapan, saya tidak melihat siapa pun di Spielberg. Tidak ada penggemar yang datang.”

Berimbas Juga Pada Katering

Peraturan baru dan tidak biasa juga diterapkan pada katering di paddock. Bradl mengungkapkan, “The Red Bull Hospitality didirikan di Spielberg, HRC juga memiliki satu, tetapi dengan cara yang lebih kecil dari sebelumnya.”

Anda diizinkan untuk melepas masker saat makan, tetapi ada panel Plexiglas yang tinggi di antara meja untuk mengurangi risiko. Selain itu, tim tidak dimanjakan dengan buffet lezat dengan 20 hidangan pembuka dan 5 hidangan utama dan manisan yang berbeda. Sebaliknya, menu dikemas dan didistribusikan dalam plastik sekali pakai, karton, dan peralatan makan kertas, seperti biasa untuk dibawa pulang.

Anggota tim diinstruksikan untuk menghindari kontak dengan tim balap lainnya. “Itulah mengapa saya sering berpindah-pindah antara garasi dan ruang ganti saya di dalam truk. Karena ada kekosongan di paddock, saya toh tidak bertemu siapa pun di sana. Bahkan anda bisa melihat diri sendiri di balik garasi.”

“Dulu ada jabat tangan dengan semua orang yang kami kenal, tapi itu kini tidak lagi diperlukan. Kebersihan itu penting. Botol dengan desinfektan dipasang di depan setiap garasi. Dan di malam hari setelah makan malam di hotel, saya langsung ke kamar saya.”

This post was last modified on 30 November 2020 09:43

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024