Categories: MotoGP

Joan Mir: Perangkat Elektronik Melumpuhkan Motorku

RiderTua.com – Joan Mir: Perangkat elektronik melumpuhkan motorku… Juara dunia MotoGP 2020 itu akan start di urutan ke-20 di grid untuk balapan hari Minggu di kualifikasi di Portimao. Pembalap Suzuki itu mengalami masalah dengan perangkat elektronik pada GSX-RR-nya yang merusak harinya. Mampukah Triple Crown diraih Suzuki..?

Joan Mir: Perangkat Elektronik Melumpuhkan Motorku

Joan Mir mampu menyempurnakan sensasinya di Valencia dan merebut gelar juara pertama di kelas MotoGP bersama Suzuki. Pembalap Spanyol itu berharap bisa bertarung di posisi teratas di final kelas premier di Algarve.

Namun masalah dengan perangkat elektronik di motornya menyebabkan dia mengalami masalah dalam perjalanan panjang pada latihan bebas hari Sabtu. Sehingga dia harus memulai dari baris ketujuh di grid pada balapan perdana Portimao pada hari Minggu.

Meski demikian, saat melakukan video call pada jumpa pers, dia tidak kecewa. Pembalap Spanyol itu pun lantas menjelaskan bagaimana dia melewati latihan bebas hari Sabtu di trek sepanjang 4,592 km.

“Itu adalah hari yang sulit karena perangkat elektronik melumpuhkan motor. Kami menyadari masalahnya, tapi sayangnya saat ini sudah terlambat dan hari kami berakhir di akhir yang salah,” kata bintang Suzuki itu. Dia kemudian menekankan, “Kami akan memperbaiki masalah untuk race hari Minggu, sayangnya saya tidak bisa mengatakan lebih banyak tentang itu.”

“Karena kami punya masalah ini, kami tidak bisa menyelesaikannya di FP4. Kita harus mencari tahu apa yang mempengaruhi kami, jadi kami tidak bisa fokus memilih ban untuk balapan. Itu adalah hari yang hilang,” keluh pemain berusia 23 tahun itu.

“Tetap saja, menurut saya ban belakang yang keras (hard) bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena saat kami memakainya, motornya berperilaku jauh lebih baik. Di kualifikasi, saya tidak percaya diri dan di sela-selanya saya takut jika masalah itu akan memengaruhi kami lagi. Jadi saya tidak bisa mengikuti ritme.”

Motor Zarco Rusak

“Saya masuk ke sektor terakhir dan tidak tahu apa yang sedang terjadi,” kata pembalap Spanyol itu ketika ditanya tentang kerusakan mesin Johann Zarco, yang terjadi tepat di depan pembalap Suzuki itu.

“Saya cukup terkejut, melihat banyak asap dan mengira ada yang jatuh, maka saya melepas gas. Kemudian saya melihat mesin Zarco rusak. Untungnya, tidak ada lagi yang terjadi dan sesi tidak perlu dihentikan.”

Di hari balapan terakhir MotoGP musim ini, Joan Mir akan bertarung habis-habisan. “Penting bahwa kecepatan kami tidak buruk untuk balapan, bahkan jika kami tidak dapat menunjukkan kemampuan kami karena masalah hari ini. Saya yakin kita bisa mengejutkan semua orang pada hari Minggu, jadi kita benar-benar harus menggunakan pemanasan di pagi hari. Kami merencanakan comeback besar untuk balapan terakhir.”

This post was last modified on 22 November 2020 15:36

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024