Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan!

Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan!
Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan!

RiderTua.com – Sirkuit MotoGP Indonesia siap pertengahan tahun depan.. Perusahaan Swiss Geobrugg saat ini memindahkan peralatan (31 cetakan concrete barriers) ke Lombok sehingga penghalang beton dapat dibuat di lokasi. Hal ini akan meningkatkan peluang untuk memenuhi target pertengahan 2021 untuk penyelesaian proyek sirkuit Mandalika. Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika yang sedang dibangun akan menjadi salah satu trek tercepat di MotoGP saat masuk kalender. 31 cetakan tadi dibutuhkan untuk membuat balok beton yang dibutuhkan untuk setiap tikungan, ditambah 1.550 panel pagar pengaman, yang akan tiba di Lombok pada bulan Januari.

Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan

Inilah Kalender Sementara MotoGP 2021
Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan

Dinamai sesuai kawasan resor yang terletak di pulau Lombok, dekat Bali. Mandalika saat ini merupakan salah satu dari tiga sirkuit cadangan pada kalender 2021 yang dirilis dalam jadwal sementara awal bulan ini.

Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) yang bertanggung jawab atas tempat (venue) tersebut dan kawasan sekitarnya, yakin bahwa.. Sirkuit dengan panjang 4,32 km, dengan 17 lap akan menjadi salah satu yang tercepat dalam kejuaraan dunia balap motor. “Ini lintasan yang sangat cepat. Kami berbicara dengan sejumlah pembalap saat kami menjalani iterasi desain yang berbeda. Dan semua orang mengidentifikasinya sebagai salah satu trek tercepat di kalender,” ujar COO sementara ITDC, Mark Hughes.

Meskipun secara teknis merupakan sirkuit jalan raya, yang juga menjadi akses untuk melayani properti pariwisata di pulau tersebut di luar adanya event balapan. Sirkuit baru ini dibangun dengan mempertimbangkan kelayakan sebagai arena adu kencang balap sepeda motor.

contoh: Geobrugg concrete barriers

Standar FIM Kelas A

Sirkuit Mandalika ini dirancang dengan memenuhi standar FIM Kelas A. Dimana akan memiliki area run-off yang luas yang permanen, bukan trek balap sementara. “Itu adalah tantangan terbesar kami karena ada banyak ruang di kedua sisi jalan (sebagai area penyelamatan pembalap yang crash).. Jelas, tidak ada yang ingin pembalapnya menabrak apapun. Tujuannya adalah agar mereka bisa melewati kerikil (gravel) dan secara alami berhenti sebelum mereka mencapai pagar penghalang ,” jelas Hughes.

Ilustrasi Geobrugg concrete barriers: Sirkuit MotoGP Indonesia Siap Pertengahan Tahun Depan

Dilaporkan perusahaan asal Swiss Geobrugg saat ini memindahkan peralatan (cetakan) ke Lombok sehingga penghalang beton dapat dibuat di lokasi. Yang akan meningkatkan peluang untuk mempercepat dan memenuhi target penyelesaian proyek pada pertengahan 2021…

Menurut Hughes, ajang balap mobil Formula 1 juga menjadi tujuan diselenggarakan di Mandalika. Sehingga dibangun sedemikian rupa agar bisa memenuhi standar FIA Grade 1.

“MotoGP adalah prioritas kami saat ini tetapi kami mengincar jangka panjang.. Kami akan mengadakan balapan mobil di beberapa titik dan masuk akal untuk menggunakan produk yang didukung FIA. Seperti pagar Geobrugg sehingga kami siap untuk puncak balap mobil jika diperlukan,” katanya.

Kapasitas penonton diperkirakan menampung 150.000 orang untuk sirkuit yang merupakan cadangan ketiga pada kalender 2021, setelah Portimao Portugal dan Igora Drive Rusia.

Be the first to comment

Leave a Reply