Franky: Memuji Data Lorenzo, Fabio: Jorge tak Banyak Membantu!

Franky Memuji Data Lorenzo, Fabio: Jorge tak Banyak Membantu!
Franky Memuji Data Lorenzo, Fabio: Jorge tak Banyak Membantu!

RiderTua.com – Franky Morbidelli memuji data uji coba Lorenzo sebelumnya, sementara bagi Fabio hasil tes Jorge tak banyak membantu… Fabio Quartararo kesulitan tampil ‘semakin di depan‘ di latihan bebas Portugal. Dia berujar data Jorge Lorenzo pun tidak banyak membantu. di Portimao, Jorge melakukan tes pertama dan terakhir di Yamaha beberapa hari yang lalu, tetapi Fabio tidak menggunakan data Jorge saat itu. “Saya menggunakannya sebagai referensi untuk set dasar gear ratio. Saat saya melaju, gigi rendah sama sekali tidak cocok dengan kecepatan saya.”

Franky: Memuji Data Lorenzo, Fabio: Jorge tak Banyak Membantu!

Setelah hari pertama beraksi di Portimao, Franco Morbidelli tampaknya menjadi salah satu favorit dalam hal kecepatan balapan (race pace). Menetapkan waktu tercepat kesepuluh di penghujung sesi dan setengah detik dari pembalap tercepat, pembalap Petronas itu puas dengan pekerjaan yang dilakukan di penghujung hari Jumat itu.

“Hari pertama ini sangat bagus, treknya luar biasa, meski saya sedikit kesulitan di awal. Memang sulit menemukan kecepatan yang tepat, lalu di sore hari sensasinya membaik dan keseimbangannya positif. Apa yang bisa saya katakan ini adalah balapan terakhir tahun ini, semua pembalap selaras dengan motor mereka dan akibatnya celahnya sangat kecil”.

Musim MotoGP 2020 akan berakhir di Portimao dan pada Minggu malam, Franco akan mengucapkan selamat tinggal kepada Quartararo, yang dipromosikan ke tim pabrikan. Valentino akan tiba di samping garasinya. “Fabio adalah rekan setim yang baik, karena saya memiliki hubungan yang baik dengan dia dan seluruh timnya. Namun, Quartararo dan saya tidak menjalin ikatan yang kuat, karena kami adalah rival di garasi. Tapi sekarang Valentino akan tiba dan itu akan menyenangkan,” katanya..

“Karena Rossi adalah seorang legenda dan kita semua mengenalnya dengan baik. Bagi saya itu akan menjadi motivasi lebih lanjut untuk menghadapi dan mengalahkannya, ” kata Morbido.

Puji Pekerjaan Lorenzo

Morbidelli kemudian ditanya seberapa bermanfaat tes yang dilakukan oleh Lorenzo. “Data Jorge berguna dan kami mengevaluasinya dengan hati-hati, karena mereka (Lorenzo) memungkinkan kami untuk tidak tiba di trek ini yang tanpa persiapan (dengan motor MotoGP M1), menghindari manuver membabi buta di trek. Penting bagi Lorenzo untuk melakukan uji coba di Portugal”.

Fabio Quartararo?

Sementara itu ketika rekan setim Franky ditanya.. Apakah informasi yang dikumpulkan Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji Yamaha di atas M1 2019, pada bulan Oktober lalu cukup membantu?.. Fabio Quartararo berujar data Jorge Lorenzo pun tidak banyak membantu di Portugal. “Kami melakukannya dengan sangat berbeda. Saya menggunakannya sebagai referensi untuk set dasar rasio roda gigi. Saat saya melaju di trek, gigi rendah sama sekali tidak cocok dengan kecepatan saya, tetapi data Jorge berguna (sebagai pembanding).”

Pertama memang data itu sesuai dengan motor Morbideli (2019) sehingga wajar jika Franky lebih menyukai data Lorenzo.. Karena sasis dan mesin jelas berbeda dari tahun lalu..

Be the first to comment

Leave a Reply