Gran Max Kembali Dominasi Penjualan Mobil Daihatsu

RiderTua.com – Lagi-lagi mobil niaga Gran Max kembali dominasi penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) bulan Oktober lalu. Bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat penjualan selama beberapa bulan terakhir didominasi oleh kendaraan niaga. Gran Max kembali dominasi penjualan Daihatsu bulan kemarin, mengungguli sejumlah produk mobil penumpang lainnya. Dari LCGC Ayla-Sigra, sampai low MPV Xenia.

Gran Max Kembali Dominasi Penjualan Daihatsu

Selama Oktober lalu, ADM mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus, dengan penjualan retail meningkat 6 persen dari tahun lalu, serta wholesales hanya satu persen. Memang kenaikannya cukup tipis, meski setidaknya masih lebih baik dari bulan September lalu. Daihatsu masih beruntung jika dibandingkan dengan sejumlah merek lainnya.

Jika dihitung dari bulan Januari hingga Oktober, Daihatsu mampu menjual hingga 81.623 unit mobil, hanya berada di belakangnya Toyota. Meskipun demikian, year-to-date Daihatsu menurun hingga 43 persen, dan itu sudah tentu bukan angka yang sedikit bagi mereka. ADM dipastikan akan kesulitan untuk memulihkan angka penjualannya.

Gran Max kembali dominasi
(Foto: daihatsu padang)

Gran Max dan Sigra

ADM masih mampu bertahan berkat penjualan mobilnya, yang sebagian besar masih didominasi oleh mobil penumpang dan niaga. Gran Max menjadi andalan Daihatsu ditengah kondisi seperti sekarang, dengan raihan penjualan mencapai 2.827 unit. Hasil ini memang masih lebih sedikit dari pemimpin penjualan bulan Oktober lalu, Honda Brio, tapi di sisi lain, Gran Max masih mendominasi segmennya.

Sementara itu ada duo LCGC Daihatsu, Sigra dan Ayla, yang masing-masing terjual sebanyak 1.782 unit dan 1.013 unit. Selisihnya memang cukup jauh dari Gran Max, bahkan keduanya sudah tersingkir dari peringkat 10 besar penjualan di Indonesia pada bulan lalu. Keduanya juga tak dapat mengungguli Brio yang memuncaki hasil penjualan.

Setidaknya Daihatsu masih punya andalan di segmen mobil niaga, yang mana hasil penjualannya sudah mengungguli rival utamanya, Suzuki Carry. Namun ADM belum memastikan apakah kondisi penjualannya bisa memulih pada dua bulan terakhir di tahun ini.

Be the first to comment

Leave a Reply