Categories: MotoGP

Honda Menguji Bodi Aero Baru, Tidak Tunggu Marquez?

RiderTua.com – Honda menguji bodi aero baru RC213V 2021, apakah nantinya tidak tunggu Marquez sebelum di homologasikan untuk musim depan?.. Tes ini dilakukan di Jerez dimana, aero body memainkan peran penting. Yang sangat menentukan aerodinamika, tekanan kontak roda depan, dan seberapa gesit sebuah motor. Perangkat aerodinamika akan di homologasikan pada hari Kamis sebelum balapan pertama Qatar.. Selain 11 pembalap dari Kejuaraan Dunia Superbike, tim penguji MotoGP Honda akan melakukan uji coba selama 2 hari di Jerez. Meski dirahasiakan, ada beberapa hal yang sedikit terkuak.

Honda Menguji Bodi Aero Baru

Stefan Bradl mengalami minggu-minggu yang menegangkan. Dua balapan di seri MotoGP Valencia berlangsung dalam dua akhir pekan berturut-turut. Tidak ada jeda sebelum balapan akhir musim di Portimao, pada hari Minggu nanti.

Dan di waktu istirahat antara GP Valencia kedua dan Portimao, pembalap tes dan cadangan Honda itu menjalani tes dua hari. Kawasaki menyewa Circuito de Jerez pada hari Selasa dan Rabu, Bradl bersama 11 pembalap dari Kejuaraan Dunia Superbike.

Seperti biasa, baik Stefan maupun anggota tim penguji Honda Racing Corporation (HRC) diizinkan untuk mengungkapkan apa pun tentang rencana pengujian. Di sisi lain, orang Jepang pada umumnya menjaga tingkat kerahasiaan yang tinggi.

Honda Menguji Bodi Aero Baru

Aero Body Berperan Penting Dalam Balapan

Namun hal-hal tertentu tidak bisa disembunyikan, seperti tes aerodinamika. Bradl turun ke lintasan dengan panel depan yang relatif tidak rumit yang hanya memiliki satu sayap, yang dipasang di kiri dan kanan dua tingkat di kedua sisi. Versi double-decker yang dimodifikasi juga digunakan.

Aero Body memainkan peran penting dalam Kejuaraan Dunia MotoGP modern. Mereka sangat menentukan aerodinamika, tekanan kontak roda depan, dan seberapa gesit sebuah motor.

Semakin banyak tekanan kontak yang dihasilkan sayap, semakin banyak cengkeraman yang ada pada roda depan dan kecenderungan wheelie berkurang. Namun, pada saat yang sama, motor melambat karena memiliki hambatan udara lebih dan menjadi lamban.

Pada akhirnya, ini tentang menemukan keseimbangan yang tepat antara tekanan dan kecepatan. Gaya mengendarai dan preferensi pembalap juga berperan di sini.

Biasanya, dua body aero dapat dihomologasi per musim MotoGP. Versi pertama pada hari Kamis sebelum balapan pertama, yang kedua selama musim tersebut.

This post was last modified on 19 November 2020 08:06

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024